Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial pada Siswa Kelas XII dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Alya Fera Rosa Haz Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Tarpan Suparman Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Fitri Silvia Sofyan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1744

Keywords:

Metode Sosiodrama, Kepekaan Sosial, Siswa, PPKn

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap sosial siswa yang cenderung acuh tak acuh pada lingkungan sekitarnya, dengan adannya penerapan metode sosiodrama pada pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kepekaan sosial pada siswa. Maka dari itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap kepekaan sosial pada siswa Kelas XII SMAN 1 Ciampel dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode korelasi yang pengumpulan datanya berupa skala Likert (angket), studi literatur dan dokumentasi. Populasi merupakan siswa kelas XII yang berjumlah 251 sampel diambil melalui teknik random sampling dan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% yaitu sebanyak 154. Hasil sekaligus kesimpulan dari penelitian ini (1) membuktikan bahwasanya penerapan metode sosiodrama terdapat hubungan terhadap kepekaan sosial Siswa Kelas XII SMAN 1 Ciampel dalam Pembelajaran PPKn yang dimana penerapan metode sosiodrama terhadap kepekaan sosial menunjukkan angka 0,897 bernilai signifikansi 0.000 hal tersebut memperlihatkan bahwasanya adanya Pengaruh antara penerapan metode sosiodrama pada Kepekaan Sosial dikarenakan nilai signifikansinya 0,000<0,05. Dan diketahui bahwa  dari 154 responden yang bertaraf signifikansi 5% atau 0,05 yaitu dengan besaran 0,158 bila >  maka Ha diterima, (2) adapun besaran pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap kepekaan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwasanya nilai R = 0,907, yang menandakan bahwa penerapan metode sosiodrama Terhadap Kepekaan Sosial termasuk dalam kategori "Sangat kuat". Nilai R² = 0,822 atau besar pengaruh berada di persentase 82,2% yang dimana jika metode sosiodrama ini di terapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kepekaan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulah. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Sosiodrama Untuk Menanamkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas Iv Sd Swasta Seberang Jaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(2).

Alma, B. Dkk. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Alfabeta.

Aprinta, G., & Dwi, E. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Kepekaan Sosial Di Usia Remaja Correlation Of Social Media Uses And Social Consciousness Level In Teenagers. Dalam The Messenger (Vol. 9, Nomor 1).

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (20018). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Elly, & Setiadi, M. (2012). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Kencana.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, I. H., Setia Priatna, O., Asmahasanah, S., & Khaldun, U. I. (2022). As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga Pengaruh Metode Sosiodrama Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas Vii Mtsn 1 Kota Bogor. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(3), 176–184. Https://Doi.Org/10.47476/Assyari.V4i2.1345

Hidayat, A. (2012). Uji Normalitas Dan Metode Perhitungan (Penjelasan Lengkap). Statistika Kian.

Jusmansyah, M., Budi, U., & Jakarta, L. (2020). Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Dan Return On Equity Terhadap Harga Saham. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(2), 179–198.

Nurul, H. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. . Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.

Purwanto, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dan Teknik Sosiodrama Dalam Materi Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 6(4).

Ragnarsdottir, A. H., & Thorkelsdóttir, R. B. (2012). Creative Learning Through Drama . Drama Research: International Journal Of Drama In Education, 3(1), 1–18.

Shodiq, S. F. (2021). Pengaruh Kepekaan Sosial Terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat. Jurnal Basicedu, 5(6), 5648–5659. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1698

Siregar, D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Kelas V Di Sd Negeri 060898 Medan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 103–109.

Zuchdi, D. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Haz, A. F. R., Suparman, T., & Sofyan, F. S. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial pada Siswa Kelas XII dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Journal of Education Research, 5(4), 5326–5335. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1744

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check