Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) terhadap Keaktifan Santri dalam Proses Belajar di TPA

Authors

  • Tresna Ghufron Faza Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Hisyam Ichsan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Kautsar Azhari Noor Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1741

Keywords:

BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi, Keaktifan, TPA

Abstract

Keterbatasan pemahaman tentang strategi pengajaran dan manajemen kelas yang belum efektif telah mendorong kami untuk melaksanakan program Pengabdian Masyarakat. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan yang sering terjadi, terutama dalam pengelolaan kelas. Fokus kami adalah pada pengajar, baik guru di sekolah, ustadz, maupun ustadzah di pondok pesantren dan TPA. Mereka masih kurang menguasai teknik pengajaran yang tepat, yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi monoton. Pengabdian ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi tersebut dengan pendekatan yang lebih kreatif. Berdasarkan hasil observasi lapangan, kami menemukan bahwa para pendidik, termasuk guru di lembaga pendidikan formal serta ustadz dan ustadzah di pesantren dan TPA, belum sepenuhnya menguasai strategi pembelajaran dan pengelolaan kelas yang efektif. Selain itu, wawasan mereka mengenai metode pembelajaran yang inovatif masih terbatas. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran di kelas menjadi kurang optimal dan cenderung monoton. Masalah ini terus berlanjut karena kurangnya kreativitas Guru bergantung pada metode yang telah digunakan oleh guru sebelumnya. Akibatnya, proses pembelajaran di TPA menjadi monoton. Penerapan teknik atau metode pengajaran yang efektif serta pemahaman yang mendalam tentangnya sangat penting, karena dapat mempengaruhi pengelolaan kelas, terutama dalam hal meningkatkan pemahaman siswa atau peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Dalam proses pembelajaran di TPA, Guru mampu menyampaikan materi dengan menggunakan teknik dan metode pengajaran Al-Qur'an yang inovatif dan kreatif. Pengajar perlu menyesuaikan penyampaian materi serta strategi pengajaran agar lebih menarik dan efektif. Hal ini penting untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman santri, dengan memaksimalkan kreativitas dalam mengelola kelas dan menyampaikan materi sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman masing-masing peserta didik. Untuk mendorong kreativitas pengajar dalam menyampaikan metode dan strategi pembelajaran Al-Qur'an di TPA, penulis melaksanakan program Pengabdian Masyarakat. Program ini bertujuan untuk mengembangkan metode dan strategi baru melalui penerapan pendekatan BCM (Bermain, Cerita, dan Menyanyi) dalam proses pengajaran, guna menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif.. Metode ini diterapkan tidak hanya untuk materi Al-Qur’an, tetapi juga dalam penyampaian materi-materi keislaman lainnya, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik bagi santri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bastria Anas Saputra, (2024). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Miftahul Huda Pondok Pesantren Darul Huda. Jurnal of Islamic Education & Management Exelencia, 3,(1), 5. https://shorturl.at/n0PVz

Bistari Basuni Yusuf, (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran da Keilmuan, 1,(2): 13.

Dewantoro, H. M. H. (2018). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al­Qur’an Di Taman Pendidikan Al­Qur’an (TPQ) Baiturrahman Dusun Klidon Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta. Skripsi Hal 23.

Fadlillah, I., & Marwan, I. (2021). Pemberdayaan Tpq Melalui Kegiatan Bcm (Bermain, Cerita, Menyanyi) Untuk Meningkat- kan Motivasi Siswa Dalam Belajar Di Tpq Miftahu Huda Desa Banjarsari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (Jpm­Ikp), 4(2), 74–84.

Fathma Raghida, Muhammad Hanief, Ika Anggraheni, (2019), Penerapan Metode Bermain, Cerita Dan Menyanyi (Bcm) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Ghaffar Perumahan Bumi Asri Sengkaling Malang, Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4,(4): 4. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3118/2870

https://e-jurnal.staihas.ac.id/index.php/khazanah/article/view/14/67

https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/518

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/viewFile/25082/75676576424

Isty Nur Altsar, Ade Irvi Nurul Husna. (2023). Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ Nurussa’diyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDINE, 3,(1): 10. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.518

Mahliatussikah, H. (2018). Bermain, Cerita, Dan Menyanyi (BCM) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV.

Nurussa’diyah, (2023). Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3,(1),:32 - 38.

Safuri Musa, Sri Nurhayati, Reny Jabar, Deddy Sulaimawan, Muhammad Fauziddin. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6,(5):4239. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2624

Siti Ropiah. (2021). Moderasi Beragama Suatu Keniscayaan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Khazanah, 2,(1):2.

Tresna Ghufron faza, Wahyu Dwi Novianty, Moh. Mizan Habibi. (2020). Implementasi Metode Bcm (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di Tpa Binaan Uii. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab,1,(2):166. https://www.researchgate.net/publication/365901038_Implementasi_Metode_Bcm_Bermain_Cerita_Dan_Menyanyi_Terhadap_Keaktifan_Santri_Dalam_Proses_Belajar_Mengajar_Di_Tpa_Binaan_Uii

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Faza, T. G., Ichsan, M. H., & Noor, M. K. A. (2024). Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) terhadap Keaktifan Santri dalam Proses Belajar di TPA . Journal of Education Research, 5(4), 5315–5325. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1741

Issue

Section

Articles

Categories