Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) terhadap Keaktifan Santri dalam Proses Belajar di TPA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1741Keywords:
BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi, Keaktifan, TPAAbstract
Keterbatasan pemahaman tentang strategi pengajaran dan manajemen kelas yang belum efektif telah mendorong kami untuk melaksanakan program Pengabdian Masyarakat. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan yang sering terjadi, terutama dalam pengelolaan kelas. Fokus kami adalah pada pengajar, baik guru di sekolah, ustadz, maupun ustadzah di pondok pesantren dan TPA. Mereka masih kurang menguasai teknik pengajaran yang tepat, yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi monoton. Pengabdian ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi tersebut dengan pendekatan yang lebih kreatif. Berdasarkan hasil observasi lapangan, kami menemukan bahwa para pendidik, termasuk guru di lembaga pendidikan formal serta ustadz dan ustadzah di pesantren dan TPA, belum sepenuhnya menguasai strategi pembelajaran dan pengelolaan kelas yang efektif. Selain itu, wawasan mereka mengenai metode pembelajaran yang inovatif masih terbatas. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran di kelas menjadi kurang optimal dan cenderung monoton. Masalah ini terus berlanjut karena kurangnya kreativitas Guru bergantung pada metode yang telah digunakan oleh guru sebelumnya. Akibatnya, proses pembelajaran di TPA menjadi monoton. Penerapan teknik atau metode pengajaran yang efektif serta pemahaman yang mendalam tentangnya sangat penting, karena dapat mempengaruhi pengelolaan kelas, terutama dalam hal meningkatkan pemahaman siswa atau peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Dalam proses pembelajaran di TPA, Guru mampu menyampaikan materi dengan menggunakan teknik dan metode pengajaran Al-Qur'an yang inovatif dan kreatif. Pengajar perlu menyesuaikan penyampaian materi serta strategi pengajaran agar lebih menarik dan efektif. Hal ini penting untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman santri, dengan memaksimalkan kreativitas dalam mengelola kelas dan menyampaikan materi sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman masing-masing peserta didik. Untuk mendorong kreativitas pengajar dalam menyampaikan metode dan strategi pembelajaran Al-Qur'an di TPA, penulis melaksanakan program Pengabdian Masyarakat. Program ini bertujuan untuk mengembangkan metode dan strategi baru melalui penerapan pendekatan BCM (Bermain, Cerita, dan Menyanyi) dalam proses pengajaran, guna menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif.. Metode ini diterapkan tidak hanya untuk materi Al-Qur’an, tetapi juga dalam penyampaian materi-materi keislaman lainnya, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik bagi santri
Downloads
References
Bastria Anas Saputra, (2024). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Miftahul Huda Pondok Pesantren Darul Huda. Jurnal of Islamic Education & Management Exelencia, 3,(1), 5. https://shorturl.at/n0PVz
Bistari Basuni Yusuf, (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran da Keilmuan, 1,(2): 13.
Dewantoro, H. M. H. (2018). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran AlQur’an Di Taman Pendidikan AlQur’an (TPQ) Baiturrahman Dusun Klidon Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta. Skripsi Hal 23.
Fadlillah, I., & Marwan, I. (2021). Pemberdayaan Tpq Melalui Kegiatan Bcm (Bermain, Cerita, Menyanyi) Untuk Meningkat- kan Motivasi Siswa Dalam Belajar Di Tpq Miftahu Huda Desa Banjarsari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JpmIkp), 4(2), 74–84.
Fathma Raghida, Muhammad Hanief, Ika Anggraheni, (2019), Penerapan Metode Bermain, Cerita Dan Menyanyi (Bcm) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Ghaffar Perumahan Bumi Asri Sengkaling Malang, Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4,(4): 4. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3118/2870
https://e-jurnal.staihas.ac.id/index.php/khazanah/article/view/14/67
https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/518
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/viewFile/25082/75676576424
Isty Nur Altsar, Ade Irvi Nurul Husna. (2023). Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ Nurussa’diyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDINE, 3,(1): 10. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.518
Mahliatussikah, H. (2018). Bermain, Cerita, Dan Menyanyi (BCM) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV.
Nurussa’diyah, (2023). Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3,(1),:32 - 38.
Safuri Musa, Sri Nurhayati, Reny Jabar, Deddy Sulaimawan, Muhammad Fauziddin. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6,(5):4239. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2624
Siti Ropiah. (2021). Moderasi Beragama Suatu Keniscayaan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Khazanah, 2,(1):2.
Tresna Ghufron faza, Wahyu Dwi Novianty, Moh. Mizan Habibi. (2020). Implementasi Metode Bcm (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di Tpa Binaan Uii. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab,1,(2):166. https://www.researchgate.net/publication/365901038_Implementasi_Metode_Bcm_Bermain_Cerita_Dan_Menyanyi_Terhadap_Keaktifan_Santri_Dalam_Proses_Belajar_Mengajar_Di_Tpa_Binaan_Uii
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Tresna Ghufron Faza, Muhammad Hisyam Ichsan, Muhammad Kautsar Azhari Noor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).