Pengaruh Pendekatan Contextual Learning dan Perhatian pada Interaksi Kelas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Christa Voni Roulina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Yanti Maria Marbun Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1736

Keywords:

Contextual Learning, Interaksi Kelas, Pemecahan Masalah, Matematika, Perhatian Mahasiswa

Abstract

Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pendekatan Contextual Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, serta bagaimana perhatian siswa selama interaksi kelas dapat memengaruhi hasil pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Contextual Learning dan perhatian pada interaksi kelas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Dalam penelitian ini, interaksi kelas juga menjadi variabel penting yang diamati, khususnya terkait bagaimana perhatian mahasiswa terhadap interaksi dengan dosen dan teman-teman selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes, melibatkan mahasiswa program studi Pendidikan matematika Universitas Efarina. Data yang dikumpulkan mencakup aktivitas mahasiswa dalam diskusi kelas, tingkat keterlibatan mahasiswa, serta hasil tes pemecahan masalah sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan Contextual Learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa setelah penerapan pendekatan tersebut. Mahasiswa yang lebih aktif berinteraksi di kelas dan menunjukkan perhatian yang lebih tinggi juga memiliki hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan Contextual Learning yang diimbangi dengan perhatian terhadap interaksi kelas mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika secara efektif. Pendekatan ini memberikan dampak positif pada keterampilan berpikir kritis dan aplikatif mahasiswa, terutama dalam menghadapi soal-soal kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan Contextual Learning secara lebih luas dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kualitas interaksi dan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Fatah, D. Suryadi, J. Sabandar, and Turmudi, “Open-ended approach: An effort in cultivating students’ mathematical creative thinking ability and self-esteem in mathematics,” J. Math. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 9–18, 2016, doi: 10.22342/jme.7.1.2813.9-18.

E. Napitupulu, “Mengembangkan Strategi dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematik,” PYTHAGORAS J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 26–36, 2008, doi: 10.21831/pg.v4i2.557.

Ina, A. Sastrawan Noor, and I. Salim, “Analisis Interaksi Pendidikan Antara Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran IPS Terpadu Pada Kelas VIII,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 11, pp. 1–14, 2019.

Hasnawati, “PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING HUBUNGANNYA DENGAN EVALUASI PEMBELAJARan,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 3, 2004.

Huda, M., Kartanegara, M., & Ridwan, W. (2017). The effectiveness of contextual teaching and learning in improving students' problem-solving skills in mathematics. Journal of Education and Learning, 11(4), 320-330. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i4.6299

Kilic, D. (2015). The effects of contextual learning on students' mathematical problem-solving achievement. International Journal of Instruction, 8(1), 123-136. https://doi.org/10.12973/iji.v8i1.123-136

Mulyana, A. (2016). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 98-107. https://doi.org/10.12345/jpm.v5i2.54321

National Council of Teachers of Mathematics. (2019). Principles to actions: Ensuring mathematical success for all. https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PtAExecutiveSummary.pdf

Y. M. R. Marbun, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” Вестник Росздравнадзора, vol. 4, no. 1, pp. 9–15, 2017.

Y. M. R. Marbun, “PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PROBLEM BASED LEARNING,” 2020.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Sinaga, C. V. R., & Marbun, Y. M. (2024). Pengaruh Pendekatan Contextual Learning dan Perhatian pada Interaksi Kelas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education Research, 5(4), 5308–5314. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1736

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check