Pengaruh Pendekatan Contextual Learning dan Perhatian pada Interaksi Kelas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1736Keywords:
Contextual Learning, Interaksi Kelas, Pemecahan Masalah, Matematika, Perhatian MahasiswaAbstract
Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pendekatan Contextual Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, serta bagaimana perhatian siswa selama interaksi kelas dapat memengaruhi hasil pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Contextual Learning dan perhatian pada interaksi kelas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Dalam penelitian ini, interaksi kelas juga menjadi variabel penting yang diamati, khususnya terkait bagaimana perhatian mahasiswa terhadap interaksi dengan dosen dan teman-teman selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes, melibatkan mahasiswa program studi Pendidikan matematika Universitas Efarina. Data yang dikumpulkan mencakup aktivitas mahasiswa dalam diskusi kelas, tingkat keterlibatan mahasiswa, serta hasil tes pemecahan masalah sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan Contextual Learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa setelah penerapan pendekatan tersebut. Mahasiswa yang lebih aktif berinteraksi di kelas dan menunjukkan perhatian yang lebih tinggi juga memiliki hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan Contextual Learning yang diimbangi dengan perhatian terhadap interaksi kelas mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika secara efektif. Pendekatan ini memberikan dampak positif pada keterampilan berpikir kritis dan aplikatif mahasiswa, terutama dalam menghadapi soal-soal kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan Contextual Learning secara lebih luas dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kualitas interaksi dan hasil belajar mahasiswa.
Downloads
References
A. Fatah, D. Suryadi, J. Sabandar, and Turmudi, “Open-ended approach: An effort in cultivating students’ mathematical creative thinking ability and self-esteem in mathematics,” J. Math. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 9–18, 2016, doi: 10.22342/jme.7.1.2813.9-18.
E. Napitupulu, “Mengembangkan Strategi dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematik,” PYTHAGORAS J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 26–36, 2008, doi: 10.21831/pg.v4i2.557.
Ina, A. Sastrawan Noor, and I. Salim, “Analisis Interaksi Pendidikan Antara Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran IPS Terpadu Pada Kelas VIII,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 11, pp. 1–14, 2019.
Hasnawati, “PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING HUBUNGANNYA DENGAN EVALUASI PEMBELAJARan,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 3, 2004.
Huda, M., Kartanegara, M., & Ridwan, W. (2017). The effectiveness of contextual teaching and learning in improving students' problem-solving skills in mathematics. Journal of Education and Learning, 11(4), 320-330. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i4.6299
Kilic, D. (2015). The effects of contextual learning on students' mathematical problem-solving achievement. International Journal of Instruction, 8(1), 123-136. https://doi.org/10.12973/iji.v8i1.123-136
Mulyana, A. (2016). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 98-107. https://doi.org/10.12345/jpm.v5i2.54321
National Council of Teachers of Mathematics. (2019). Principles to actions: Ensuring mathematical success for all. https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PtAExecutiveSummary.pdf
Y. M. R. Marbun, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah,” Вестник Росздравнадзора, vol. 4, no. 1, pp. 9–15, 2017.
Y. M. R. Marbun, “PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PROBLEM BASED LEARNING,” 2020.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Christa Voni Roulina Sinaga, Yanti Maria Marbun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).