Analisis Minat Mahasiswa Calon Guru terhadap Penguasaan Matematika dan Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi

Authors

  • Agnes Teresa Panjaitan Pendidikan Matematika, Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Mayor M.H Manurung Pendidikan Matematika, Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1731

Keywords:

Calon Guru Matematika, Bahasa Inggris Matematika, Literasi

Abstract

Mahasiswa calon guru matematika diharapkan dapat memahami matematika sejalan dengan kemampuan Bahasa inggris. Dengan menguasai matematika dan bahasa inggris, mahasiswa calon guru matematika mendapatkan kesempatan yang lebih luas dalam berkarir. Mahasiswa pendidikan matematika memiliki peluang yang besar untuk menjadi guru yang profesional dengan berbagai peluang karir yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat mahasiswa calon guru terhadap penguasaan matematika dan bahasa inggris dalam meningkatkan kemampuan literasi di Era digitalisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena tertentu secara numerik berdasarkan data yang dikumpulkan. Hubungan minat mahasiswa calon guru terhadap penguasaan matematika dan bahasa Inggris serta kemampuan literasi diukur secara kuantitatif menggunakan instrumen seperti kuesioner atau angket. Uji korelasi Pearson menunjukkan Korelasi Gabungan sebesar 0.74 (Minat Matematika dan Bahasa Inggris) terhadap Kemampuan Literasi. Selain itu Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Calon Guru Terhadap Penguasaan Matematika Dan Bahasa Inggris adalah faktor internal dan faktor eksternal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, K. P., & Purwanti, S. (2019). Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 465–472. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2262

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 2, No. 2, pp. 1–17. https://www.academia.edu/download/55066726/SitiZubaidahSTKIPSintang-10Des2016.pd

Utami, I. K., & Abdulah, M. H. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 581–590.

Aliftika, O., Purwanto, & Utari, S. (2019). Profil keterampilan abad 21 siswa sma pada pembelajaran project based learning (PJBL) materi gerak lurus. WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141–147.

Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational beliefs, values, and goals. Annual Review of Psychology, 53(1), 109-132. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135153

Akoglu, H. (2018). User's guide to correlation coefficients. Turkish Journal of Emergency Medicine, 18(3), 91-93. https://doi.org/10.1016/j.tjem.2018.08.001

Schober, P., Boer, C., & Schwarte, L. A. (2018). Correlation coefficients: appropriate use and interpretation. Anesthesia & Analgesia, 126(5), 1763-1768. https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000002864

Bailey, D. H., Watts, T. W., Littlefield, A. K., & Geary, D. C. (2014). State and trait influences on the development of mathematics achievement and anxiety. Psychological Science, 25(5), 1806-1815. https://doi.org/10.1177/0956797614540454

Kusuma, A. P. (2018). Pengaruh minat belajar dan motivasi terhadap prestasi akademik mahasiswa calon guru. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(2), 122-131. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.24367

Rif'ati Dina Handayani (2017). Analisis Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Repository Universitas Jember. Diakses dari repository.unej.ac.id.

Howard, J. L., Gagné, M., Morin, A. J. S., & Forest, J. (2020). Using bifactor exploratory structural equation modeling to test for a continuum structure of motivation. Journal of Personality, 88(4), 716-730. https://doi.org/10.1111/jopy.12523

O’Keefe, P., Ben-Eliyahu, A., & Linnenbrink-Garcia, L. (2019). Shaping motivation in education: The role of culture and contextual factors. Educational Psychologist, 54(2), 129-147. https://doi.org/10.1080/00461520.2019.1606752

Schunk, D. H., & Pajares, F. (2005). Competence perceptions and academic functioning. In A. J. Elliot & C. S. Dweck (Eds.), Handbook of competence and motivation (pp. 85-104). Guilford Press.

Christie, H., Cree, V., Hounsell, J., McCune, V., & Tett, L. (2020). A real rollercoaster of confidence and emotions: Learning to be a university student. Studies in Higher Education, 45(4), 620-633. https://doi.org/10.1080/03075079.2020.1712691

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2021). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(23), e2017106118. https://doi.org/10.1073/pnas.2017106118

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Panjaitan, A. T., & Manurung, M. M. (2024). Analisis Minat Mahasiswa Calon Guru terhadap Penguasaan Matematika dan Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Journal of Education Research, 5(4). https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1731

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check