Analisis Minat Mahasiswa Calon Guru terhadap Penguasaan Matematika dan Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1731Keywords:
Calon Guru Matematika, Bahasa Inggris Matematika, LiterasiAbstract
Mahasiswa calon guru matematika diharapkan dapat memahami matematika sejalan dengan kemampuan Bahasa inggris. Dengan menguasai matematika dan bahasa inggris, mahasiswa calon guru matematika mendapatkan kesempatan yang lebih luas dalam berkarir. Mahasiswa pendidikan matematika memiliki peluang yang besar untuk menjadi guru yang profesional dengan berbagai peluang karir yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat mahasiswa calon guru terhadap penguasaan matematika dan bahasa inggris dalam meningkatkan kemampuan literasi di Era digitalisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena tertentu secara numerik berdasarkan data yang dikumpulkan. Hubungan minat mahasiswa calon guru terhadap penguasaan matematika dan bahasa Inggris serta kemampuan literasi diukur secara kuantitatif menggunakan instrumen seperti kuesioner atau angket. Uji korelasi Pearson menunjukkan Korelasi Gabungan sebesar 0.74 (Minat Matematika dan Bahasa Inggris) terhadap Kemampuan Literasi. Selain itu Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Calon Guru Terhadap Penguasaan Matematika Dan Bahasa Inggris adalah faktor internal dan faktor eksternal
Downloads
References
Dewi, K. P., & Purwanti, S. (2019). Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 465–472. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2262
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 2, No. 2, pp. 1–17. https://www.academia.edu/download/55066726/SitiZubaidahSTKIPSintang-10Des2016.pd
Utami, I. K., & Abdulah, M. H. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 581–590.
Aliftika, O., Purwanto, & Utari, S. (2019). Profil keterampilan abad 21 siswa sma pada pembelajaran project based learning (PJBL) materi gerak lurus. WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141–147.
Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational beliefs, values, and goals. Annual Review of Psychology, 53(1), 109-132. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135153
Akoglu, H. (2018). User's guide to correlation coefficients. Turkish Journal of Emergency Medicine, 18(3), 91-93. https://doi.org/10.1016/j.tjem.2018.08.001
Schober, P., Boer, C., & Schwarte, L. A. (2018). Correlation coefficients: appropriate use and interpretation. Anesthesia & Analgesia, 126(5), 1763-1768. https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000002864
Bailey, D. H., Watts, T. W., Littlefield, A. K., & Geary, D. C. (2014). State and trait influences on the development of mathematics achievement and anxiety. Psychological Science, 25(5), 1806-1815. https://doi.org/10.1177/0956797614540454
Kusuma, A. P. (2018). Pengaruh minat belajar dan motivasi terhadap prestasi akademik mahasiswa calon guru. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(2), 122-131. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.24367
Rif'ati Dina Handayani (2017). Analisis Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Repository Universitas Jember. Diakses dari repository.unej.ac.id.
Howard, J. L., Gagné, M., Morin, A. J. S., & Forest, J. (2020). Using bifactor exploratory structural equation modeling to test for a continuum structure of motivation. Journal of Personality, 88(4), 716-730. https://doi.org/10.1111/jopy.12523
O’Keefe, P., Ben-Eliyahu, A., & Linnenbrink-Garcia, L. (2019). Shaping motivation in education: The role of culture and contextual factors. Educational Psychologist, 54(2), 129-147. https://doi.org/10.1080/00461520.2019.1606752
Schunk, D. H., & Pajares, F. (2005). Competence perceptions and academic functioning. In A. J. Elliot & C. S. Dweck (Eds.), Handbook of competence and motivation (pp. 85-104). Guilford Press.
Christie, H., Cree, V., Hounsell, J., McCune, V., & Tett, L. (2020). A real rollercoaster of confidence and emotions: Learning to be a university student. Studies in Higher Education, 45(4), 620-633. https://doi.org/10.1080/03075079.2020.1712691
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2021). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(23), e2017106118. https://doi.org/10.1073/pnas.2017106118
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Agnes Teresa Panjaitan, Mayor M.H Manurung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).