Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas lV Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridha Medan Marelan

Authors

  • Husnul Khotimah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Safran Safran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1714

Keywords:

Kreativitas,, Minat Belajar, Peningkatan

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridha Medan Marelan merupakan lembaga pendidikan Islam yang menyediakan pendidikan pada tingkat dasar untuk siswa kelas IV. Di lingkungan ini, pendidikan agama Islam dikombinasikan dengan kurikulum nasional untuk mempersiapkan siswa secara holistik. Permasalahan minat belajar, ada kecenderungan di kalangan siswa kelas IV untuk mengalami penurunan minat belajar. Riset ini bermaksud buat mengenali kenaikan atensi berlatih anak didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridha Medan Marelan (riset analisa daya cipta guru kelas). Teknik riset dalam postingan ini ialah riset kualitatif dengan jenis riset yaitu field research. Serta Metode pengumpulan informasi ialah pemantauan, tanya jawab, serta pemilihan dengan Metode analisa reduksi informasi, penyajian data dan pemungutan determinasi ataupun validasi. Hasil riset membuktikan kalau tingkatkan atensi berlatih anak didik lewat daya cipta guru ditaksir belum maksimum, guru memanglah sudah menggunakan alat berlatih dengan bagus pada mata pelajaran khusus, meski terdapat sebagian mata pelajaran lain yang belum memakai alat yang mensupport penataran. Tetapi guru berupaya menghasilkan atmosfer berlatih yang mensupport anak didik supaya antusias dalam berlatih. Hambatan yang dialami guru dalam tingkatkan atensi berlatih anak didik ialah guru belum maksimum dalam menata serta mengendalikan anak didik kala lagi berlatih. Tidak hanya itu, terbatasnya alat serta pangkal berlatih kepunyaan sekolah yang bisa digunakan oleh guru dan singkatnya durasi yang bisa dipakai dalam cara penataran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini. (2015). Profesi Keguruan. Medan: Perdana Publishing.

Arsyad, & Salahuddin. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur ’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 79–90.

Asmani, J. M. (2015). Tips menjadi guru inspiratif, kreatif, dan inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Hidayati, Tuti, & Husna, F. (2020). Learning English from Home during the Covid19: Investigating Learners’ Experience for Online and Autonomous Learning. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 6(2), 202.

Iqbal, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyusun Kerangka Karangan Berdasarkan Gambar Melalui Strategi Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading And Composition) Pada Siswa Kelas IV Mis Azrina Kecamatan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

J. Moleong, L. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi, Ce). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305

Karjiyati, V. (2016). Studi Komparasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Inkuiri Dan Interaktif Untuk Pengembangan Sikap Peduli Lingkungan Dan Pelestarian Biodiversity Bagi Siswa Kelas IV 11 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 236–242.

Mubarak, F., Suyatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2019). Fungsi Media Sosial Grup WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Guru Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah. Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 175–179.

Naim, N. (2016). Menjadi Guru Kreatif. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution. (2016). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272.

Puspita, A. M., Utomo, E., & Purwanto, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 55–65.

Rahmaniati, R., Septiana, M. C., Setyawan, D., Palangkaraya, M., & Tengah, K. (2022). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Matematika Kelas IV. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1–10.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sukri, S. (2019). Peningkatan Motivasi dan hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 9(2), 152. https://doi.org/10.24036/011068660

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

Khotimah, H., & Safran, S. (2024). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas lV Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridha Medan Marelan . Journal of Education Research, 5(4), 5084–5090. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1714

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check