Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK Materi Bolavoli Kelas X SMK
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1709Abstract
Motivasi berperan penting dalam pembelajaran, namun dalam kenyataannya, motivasi siswa dalam pembelajaran sangat kurang, hal ini disebabkan kurangnya variasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peningkatan motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh peningkatan motivasi belajar dalam pembelajran PJOK pada siswa kelas X SMK PGRI 13 Kota Surabaya, melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Team Game Tournamnen. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen murni (True Experimental Design) dan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas X BD 1 sebagai kelompok kontrol dan kelompok kelas X BD 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa untuk masing-masing kelas .Hasil yang didapatkan menunjukkan terdapat penignkatan yang signifikan dari hasil pretest ke posttest kelompok eksperimen menghasilkan peningkatan sebesar 14,253%. Maka dapat disimpulkan, model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 13 Kota Surabaya.
Downloads
References
W. Khasanah, “Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam,” J. Ris. Agama, vol. 1, no. 2, pp. 296–307, 2021, doi: 10.15575/jra.v1i2.14568.
M. Fajar, M. Janwar, and A. Ismail, “Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi materi passing sepak bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division,” Bima Loka J. Phys. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 44–54, 2023, doi: 10.26740/bimaloka.v3i2.21910.
A. D. Febriyanti, M. F. P. Putra, and B. B. Prakoso, “Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani,” Bima Loka J. Phys. Educ., vol. 16, no. 3, pp. 730–741, 2024, doi: 10.26740/bimaloka.v4i2.30762.
Y. B. O. Tapo, “Pengembangan Model Latihan Sirkuit Pasing Bwah T-Desain (SPBT-DESAIN) Bola Voli Sebagai Bentuk Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Untuk Tingkat Sekolah Menengah,” EJURNAL IMEDTECH, vol. 3, no. 2, pp. 18–34, 2019, doi: 10.38048/imedtech.v3i2.209.
D. I. M. Saputra and Gusniar, “Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui Bermain Melempar Bola,” Gelangg. Olahraga J. Pendidik. Jasm. dan Olahraga, vol. 3, no. 1, pp. 64–73, 2019, doi: 10.31539/jpjo.v3i1.862.
F. E. Ardiansah and S. Hartoto, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Renang Gaya Bebas (Studi Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Wonoayu – Sidoarjo),” J. Pendidik. Olahraga dan Kesehat., vol. 06, no. 01, pp. 55–59, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/22282/20385
D. S. S. Santosa, “Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran,” J. Ecodunamika, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1939
M. Muhammad, “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 4, no. 2, pp. 88–97, 2016, doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.
W. Prihartanta, “Teori-Teori Motivasi,” J. Adab., vol. 1, no. 83, pp. 1–11, 2015, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/40847896/teori_motivasi.pdf
A. L. Azis, “Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X Di SMKN 4 Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2017. [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4440%0A
N. Simbolon, “Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Minat Belajar Peserta Didik,” Elem. Sch. J., pp. 14–19, 2014, doi: 10.24114/esjpgsd.v1i2.1323.
E. Siregar and R. Widyaningrum, Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia, 2015. [Online]. Available: https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MKDK400403-M1.pdf
A. A. Rohman and S. Karimah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI,” At-Taqaddum, vol. 10, no. 1, pp. 95–108, 2018, doi: 10.21580/at.v10i1.2651.
A. A. Rizqi, Yusmansyah, and S. Mayasari, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar,” ALIBKIN J. Bimbing. Konseling, no. 1, pp. 1–14, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/15149
A. Maksum, Metodologi Penelitian dalam olahraga. Surabaya: unesa university press, 2018.
W. A. Diana, “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli,” 2020. [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69476
D. R. Nugroho and A. R. S. Tuasikal, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ( Team Games Tournament ) TGT terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bola Voli Di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek,” J. Pendidik. Olahraga dan Kesehat., pp. 161–165, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2820
R. Slavin, Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Kesembilan. Jakarta Barat: PT Indeks, 2011.
H. Nurhayati, B. Robandi, and E. Mulyasari, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. III No. I, no. I, pp. 1–12, 2018, doi: 10.17509/jpgsd.v3i1.14014.
R. R. Ciremay and D. C. Kartiko, “Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada anak berkebutuhan khusus (ABK),” Bima Loka J. Phys. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2020, doi: 10.26740/bimaloka.v1i1.10544.
S. Suprihatin, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 73–82, 2015, doi: 10.24127/ja.v3i1.144.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Zainul Arifin, Advendi Kristiyandaru, Nanik Indahwati, Bayu Budi Prakoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).