Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK Materi Bolavoli Kelas X SMK

Authors

  • Ahmad Zainul Arifin Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Advendi Kristiyandaru Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nanik Indahwati Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Bayu Budi Prakoso Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1709

Abstract

Motivasi berperan penting dalam pembelajaran, namun dalam kenyataannya, motivasi siswa dalam pembelajaran sangat kurang, hal ini disebabkan kurangnya variasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peningkatan motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh peningkatan motivasi belajar dalam pembelajran PJOK pada siswa kelas X SMK PGRI 13 Kota Surabaya, melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Team Game Tournamnen. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen murni (True Experimental Design) dan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas X BD 1 sebagai kelompok kontrol dan kelompok kelas X BD 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa untuk masing-masing kelas .Hasil yang didapatkan menunjukkan terdapat penignkatan yang signifikan dari hasil pretest ke posttest kelompok eksperimen menghasilkan peningkatan sebesar 14,253%. Maka dapat disimpulkan, model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 13 Kota Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. Khasanah, “Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam,” J. Ris. Agama, vol. 1, no. 2, pp. 296–307, 2021, doi: 10.15575/jra.v1i2.14568.

M. Fajar, M. Janwar, and A. Ismail, “Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi materi passing sepak bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division,” Bima Loka J. Phys. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 44–54, 2023, doi: 10.26740/bimaloka.v3i2.21910.

A. D. Febriyanti, M. F. P. Putra, and B. B. Prakoso, “Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani,” Bima Loka J. Phys. Educ., vol. 16, no. 3, pp. 730–741, 2024, doi: 10.26740/bimaloka.v4i2.30762.

Y. B. O. Tapo, “Pengembangan Model Latihan Sirkuit Pasing Bwah T-Desain (SPBT-DESAIN) Bola Voli Sebagai Bentuk Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Untuk Tingkat Sekolah Menengah,” EJURNAL IMEDTECH, vol. 3, no. 2, pp. 18–34, 2019, doi: 10.38048/imedtech.v3i2.209.

D. I. M. Saputra and Gusniar, “Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui Bermain Melempar Bola,” Gelangg. Olahraga J. Pendidik. Jasm. dan Olahraga, vol. 3, no. 1, pp. 64–73, 2019, doi: 10.31539/jpjo.v3i1.862.

F. E. Ardiansah and S. Hartoto, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Renang Gaya Bebas (Studi Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Wonoayu – Sidoarjo),” J. Pendidik. Olahraga dan Kesehat., vol. 06, no. 01, pp. 55–59, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/22282/20385

D. S. S. Santosa, “Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran,” J. Ecodunamika, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1939

M. Muhammad, “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 4, no. 2, pp. 88–97, 2016, doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.

W. Prihartanta, “Teori-Teori Motivasi,” J. Adab., vol. 1, no. 83, pp. 1–11, 2015, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/40847896/teori_motivasi.pdf

A. L. Azis, “Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X Di SMKN 4 Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2017. [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4440%0A

N. Simbolon, “Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Minat Belajar Peserta Didik,” Elem. Sch. J., pp. 14–19, 2014, doi: 10.24114/esjpgsd.v1i2.1323.

E. Siregar and R. Widyaningrum, Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia, 2015. [Online]. Available: https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MKDK400403-M1.pdf

A. A. Rohman and S. Karimah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI,” At-Taqaddum, vol. 10, no. 1, pp. 95–108, 2018, doi: 10.21580/at.v10i1.2651.

A. A. Rizqi, Yusmansyah, and S. Mayasari, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar,” ALIBKIN J. Bimbing. Konseling, no. 1, pp. 1–14, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/15149

A. Maksum, Metodologi Penelitian dalam olahraga. Surabaya: unesa university press, 2018.

W. A. Diana, “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli,” 2020. [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69476

D. R. Nugroho and A. R. S. Tuasikal, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ( Team Games Tournament ) TGT terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bola Voli Di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek,” J. Pendidik. Olahraga dan Kesehat., pp. 161–165, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2820

R. Slavin, Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Kesembilan. Jakarta Barat: PT Indeks, 2011.

H. Nurhayati, B. Robandi, and E. Mulyasari, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. III No. I, no. I, pp. 1–12, 2018, doi: 10.17509/jpgsd.v3i1.14014.

R. R. Ciremay and D. C. Kartiko, “Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada anak berkebutuhan khusus (ABK),” Bima Loka J. Phys. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2020, doi: 10.26740/bimaloka.v1i1.10544.

S. Suprihatin, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 73–82, 2015, doi: 10.24127/ja.v3i1.144.

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

Arifin, A. Z., Kristiyandaru, A., Indahwati, N., & Prakoso, B. B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK Materi Bolavoli Kelas X SMK . Journal of Education Research, 5(4), 5062–5070. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1709

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)