Pengaruh Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Keterampilan Guru dalam Mengimplemtasikan Pembelajaran Berbasis Digital

Authors

  • Silvester Silvester Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Insitut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Margaretha Lidya Sumarni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Insitut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Totok Victor Didik Saputro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Insitut Shanti Bhuana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1697

Keywords:

Kompetensi TPACK, Keterampilan Guru, Pembelajaran Berbasis Digital

Abstract

TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) adalah sebuah kerangka kerja yang menjelaskan bagaimana guru dapat mengintegrasikan teknologi dengan pengetahuan pedagogis dan pengetahuan konten dalam proses pembelajaran. Konsep ini membantu guru mengembangkan kemampuan untuk menggabungkan teknologi secara efektif dalam pengajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan, interaktif, dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap keterampilan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital. Kompetensi TPACK, yang mencakup integrasi teknologi, pedagogi, dan konten, dianggap penting dalam mendukung pembelajaran di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 44 guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bengkayang. Analisis regresi dan uji ANOVA menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kompetensi TPACK dengan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital (F hitung = 322,682; p < 0,05). Hasil penelitian ini sejalan dengan temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi TPACK meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Oleh karena itu, penguatan kompetensi TPACK melalui pelatihan dan dukungan teknologi yang berkelanjutan sangat diperlukan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan pendidikan, terutama terkait pelatihan dan dukungan teknologi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 619–638.

Dias, N., Dewi, L., Darmayanti, V., Badrus, M., & Arif, S. (2023). Kemampuan Calon Guru Sekolah Dasar Untuk Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Menggunakan TPACK. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14, 133–143. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/11726

Effendi, M. I. (2024). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Kompetensi Profesional Guru: Pentingnya dalam Pembelajaran Vokasional Otomotif. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 803–820.

Gunawan, G., Faningsi, S., Asha, L., & Yumiarty, Y. (2024). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Sugih Waras. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 21–42.

Hari Santhi Dewi, K., Putu Gede Abdi Sudiatmika, I., Lana Rahardian, R., Made Pradipta, I., STIKOM Bali, I., Raya Puputan No, J., & Puri Klod, D. (2024). Pengaruh Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Terhadap Keterampilan Guru SMK Dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Berbasis Digital. Journal on Education, 06(02), 13943–13953.

Lestari, A., & Rahayu, D. S. (2023). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Survey Persepsi pada Mahasiswa Calon Guru IPA. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 33–42. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.33-42

Marpaung, R. W. (2024). Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558.

Nedi, R. M. P., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2024). PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF UNTUK GENERASI Z: DINAMIKA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Eksplorasi Teologi Vol, 8(1).

Ni’mah, N. A. L., Rosyada, N. M., & ... (2023). Korelasi Kompetensi Tpack Calon Guru Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Keterampilan Mengajar …. Prosiding SEMAI …, 202–213. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/1387

Ningsih, F. D., Nisa, A. F., & Bariyah, I. Q. (2024). TPACK Terintegrasi Tri N Berbantuan Media Poster Digital dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 589–597.

Nurrochman, T., Darsinah, D., & Wafroaturrohmah, W. (2023). Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Melalui Transformasi Digital Pasca Pandemi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 299–310.

Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.

Patajangan, R., Hanasah, E., & Hidayati, D. (2024). Kompetensi Pedagogis Digital dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Academy of Education Journal, 15(2), 1526–1534.

Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2022). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 99–115. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.46021

Pradipta, R. F., Dewantoro, D. A., Huda, A., Ariani, A. H. F., & Maheswara, A. D. (2023). Pengelolaan Administrasi Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Arsip Data Bagi Guru Sekolah Luar Biasa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 185–198.

Purwaningsih, D., Hasanah, D., & Zulfiati, H. M. (2024). PENERAPAN MODEL PBL BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPAS SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 291–310.

Silvester, S., Sadewo, Y. D., & Sumarni, M. L. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 947–955.

Silvester, S., Saputro, T. V. D., & Vuspitasari, B. K. (2023). PENDAMPINGAN PENINGKATAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GURU DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9387–9391.

Sri Anjarwati, S. E., Ak, M., Andriya Risdwiyanto, S. E., Asep Deni, M. M., Lies Hendrawan, K., SE, M. M., Melati, S. E., Lusono, K. R. T. A., Flora, H. S., & Ferdinandus Christian, S. E. (2024). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. CV Rey Media Grafika.

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., At Thaariq, Z. Z., Setiawan, A. B., & Qolbi, M. S. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14

Downloads

Published

2024-10-19

How to Cite

Silvester, S., Sumarni, M. L., & Saputro, T. V. D. (2024). Pengaruh Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Keterampilan Guru dalam Mengimplemtasikan Pembelajaran Berbasis Digital. Journal of Education Research, 5(4), 4958–4965. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1697

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)