Strategi Implementasi Karakter Toleransi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1690Keywords:
Strategi, Implementasi, Karakter Toleransi, Anak Usia SekolahAbstract
Kehidupan anak ditengah-tengah masyarakat akan berbeda dengan kehidupan mereka disekolah. Pengaruh lingkungan sangat besar dalam pembentukan karakter anak, jika yang dilihatnya dilingkungan sesuatu yang buruk maka hal itu akan berdampak pada prilaku buruk anak, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pola pendidikan orangtua terhadap anak usia sekolah ditengah-tengah masyarakat agar didapat model pendidikan yang bisa dijadikan pilot projek atau memberikan solusi jika yang ditemukan adalah kasus yang berdampak pada prilaku buruk anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menjadikan sumber bacaan dari majalah, buku, artikel atau sumber bacaan lainnya yang dianalisis untuk kemudian dijadikan sumber rujukan dalam mengambil kebijakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua orangtua menerapkan model pendidikan yang baik, pada orangtua yang berpendidikan atau yang bekerja sebagai pendidik, maka dalam kehidupan sehari hari masih tetap melakukan pendidikan berbasis masyarakat, tetapi pada orangtua yang sibuk dengan usaha atau pedagang, kebanyakan mereka lebih sibuk dengan pekerjaannya dan membiarkan anak-anaknya bermain sesukanya sehingga terbentuklah akhlak yang kurang baik.
Downloads
References
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Albina, M., & Aziz, M. (2021). Hakikat Manusia dalam Al-Quran dan Filsafat Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 731–746. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2414
Amalia Safitri, Y., Baedowi, S., & Sari Setianingsih, E. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514.
Amanda, Alhamida, Elvita Sarah, Layli sartika, Nurul aini, W. (2018). HADIS-HADIS TENTANG PENDIDIKAN (Suatu Telaah tentang Pentingnya Pendidikan Anak). Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.15575/diroyah.v1i1.2053
Angel, A., Mutiara, A., Arya, A., Polem, A., & Nugraha, Beni Satria, W. (2024). Nilai-nilai Puasa dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter. 723–731.
Arya, A., Polem, A., Yunus, M., Nugraha, B. S., Angel, A., & Mutiara, Anisa, W. (2024). Analisis Pembinaan Karakter Siswa melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di SDN 159 Payung Sekaki. 742–748.
Asror, F. M., Janah, F., & Nafi’ah, Eriza Choirotin, W. (2021). Kewajiban dan Karakteristik Belajar Mengajar Ala Rasulullah (Perspektif Hadis). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 187. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i2.4982
Badruzaman, I. S. A. M., & Slamet, S. R. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Perspektif Dakwah Nabi). Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(2), 157–176. https://doi.org/10.47281/fas.v1i2.27
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954
Bias Tirta Bayu, Sri Mei Ulfani, Ratih Kumala Sari, Ibnu Majah, W. (2024). Pengembangan Kemampuan Manusia Dalam Sudut Pandang Pendidikan Islam. 2(2), 56–68.
Bila, S., Nada, K., Novita, N., Hafizah, N., Wismanto, W., & Azzahra, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Ibtidayah. 2, 266–275.
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Dewi, S. N., Pinasti, J., Rahmadani, D., & Rahman, Muhammad Aldi, W. (2024). Syirik dan Dampaknya Bagi Kehidupan Manusia. 2(1).
Dewianti, A. F., Gimri, F. D., & Nandiani, Elsa Marfina, W. (2024). Analisis Urgensi Pendidikan Akhlak Berkarakter Dalam Membangun Keluarga Bahagia. 3, 154–167.
Elnayla, W., Reza, A., Husni, Z. T., N, E. F. A., Bayu, B. T., & Wismanto, W. (2024). Ayat -Ayat Pendidikan Tentang Potensi Manusia Dalam Pengetahuan ( Knowladge ), Ilmu Pengetahuan ( Sains ), Filsafat , Dan Agama. 2(3).
Fiddini Izaturahmi, Indah Ramadhany, Winda Sugiarti, Muhammad Alif Al Aziz, W. (2021). Model Pendidikan Bagi Anak Abk: Home Schooling. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 63. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10426
Fitriyana, A. (2020). Strategi Guru Bk Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 75–85. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1219
Halim Sani, M. A., Ilham, I., & Sahman, S. (2023). Pendidikan Akhlak; Studi Atas Hadis-Hadis tentang Tamu. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(1), 27. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16436
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Handrihadi, A., Ahmad, A., & Palangkey, R. D. (2023). Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Hadits. Elsya Frilia Ananda N, Dinda Putri Hasanah, Lidya Zanti, Naila Hafizah, Wismanto, 3(1), 1–13. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/9957
Ilham Hudi. (2021). Pengaruh Pengetahuan Moral (Moral Knowing) terhadap Prilaku/Perbuatan Moral (Moral Action) pada Siswa SMP Kota Pekanbaru Berdasarkan Pekerjaan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6671–6674. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2029%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2029/1788
Ilhami, A. F., & Assya’bani, R. (2021). Membentuk Moralitas Integratif Sains Dan Nilai_Nilai Qurani: Studi Terhadap Strategi Pengajaran Di Mi Integral Al-Ukhuwwah Kabupaten Hulusungai Utara. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3(1), 105–112. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/717
Kamil, N., & Sutrisno. (2023). Pendekatan Sosiologis : Peran Orangtua Sebagai Madrasah Pertama Bagi Anak Dalam Pengenalan Nilai Akhlak Perspektif Al Qur’an. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.37567/prymerly.v6i1.1809
Kasus, S., Ibnu, M. I., Pekanbaru, A., Almahda, S., Wismanto, W., & Fithri, R. (2024). Penerapan Konsep Guru Profesional Dalam Penanaman Akhlak Siswa Pada Surat Ali Imran Ayat 159 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah , Universitas Muhammadiyah Riau , Indonesia. 2(5).
Mandayu, Y. Y. B. (2020). Pembentukan Karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1598
Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114
Mei, N., Oktaviani, A. T., Amelia, F., Khasanah, I. S., Haekal, M. I., & Wismanto, W. (2024). Motivation Among Student In Islamic Elementary School Pada Pengembangan Media Audio Visual untuk berpartisipasi dan mencapai tujuan pembelajaran . Tugas guru adalah menanamkan. 2(3).
Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06
Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221
Naila Hafizah, Wardah Yuni Artika, Sri Mei Ulfani, Ratih Kumala Sari, W. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Repository.Uinsaizu.Ac.Id, 5(2), 29–42. http://repository.uinsaizu.ac.id/3872/2/COVER_BAB I_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Najiha azzahra, Riha Datul Aisya, Nina Novita, Fajri Masaid, Wismanto, S. F. (2024). Anak Didik Dalam Perspektif Al Qur ’ an : Kajian Analisis Qs . At-Tahrim. 2(3).
NURSEHA, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Surat Ali-Imran Ayat 159. ISEDU : Islamic Education Journal, 1(1), 91–104. https://doi.org/10.59966/isedu.v1i1.635
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Purbasari, Y. A., Hendriani, W., & Yoenanto, N. H. (2021). PERKEMBANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Yulia Anjarwati Purbasari Wiwin Hendriani Nono Hery Yoenanto. 7(1), 50–58.
Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikanpancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(Vol. 7 No. 1 (2022)), 59–72.
Rizaq, M. (2022). Family As Children’S First Education; the Role of Parents in the Development of Islamic Religious Education for Elementary School Age Children. Al-Risalah, 13(1), 184–208. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v13i1.1785
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.
Sari, R. K., Ulfani, S. M., Lestari, A., Hasanah, D. P., & Wismanto. (2024). Kesempurnaan Akhlak Dan Pribadi Nabi Muhammad Rasulullah Sallallahu ’ alaihi Wasallam Muhammad penelitian ini dilakukan . Dengan menggali berbagai dimensi sosial keagamaan. 2, 253–265.
Septiani, C., Syakira, S., & Dalvinova, Zahra, W. (2024). Analisis Peran Pendidikan Orangtua Dalam Membesarkan Anaknya Berbasis Al-Qur ’ an dan Sunnah. 3.
Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Widodo, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Pada Penerapan Pelaksanaan Pembelajaran Yang Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan ,Menantang, Memotivasi Melalui in House Training Di Sma Negeri 1 Ulujami. Journal Sport Science, Health and Tourism of Mandalika (Jontak), 2(2), 41–50. https://doi.org/10.36312/jontak.v2i2.1620
Windi Alya Ramadhani , Nurul Aini, Zahara Tulhusni, Wismanto, S. fakhlef. (2024). Dampak Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Akhlak Anak. 2, 276–289.
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.
Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).
Wismanto. (2024). Ayat -Ayat Pendidikan Tentang Potensi Manusia Dalam Pengetahuan ( Knowladge ), Ilmu Pengetahuan ( Sains ), Filsafat , Dan Agama. 2(3).
Yahiji, K., IAIN Sultan Amai Gorontalo, P., Pendidikan Bahasa Arab, P., & Sultan Amai Gorontalo, I. (2018). Revitalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Quotient di Era 4.0. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–15. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1020
Yenuri, A. A., Islamy, A., Aziz, M., & Muhandy, R. S. (2021). Paradigma Toleransi Islam Dalam Merespons Kemajemukan Hidup Di Indonesia. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 2(2), 141–156. https://doi.org/10.53491/porosonim.v2i2.216
Zaimah, Z., Nazaruddin, N., & Husaini, N. (2022). Urgensi Metode Cerita Islam bagi Guru PAI dalam Membentuk Akhlak Siswa di SD Sekota Tanjungpinang. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 87–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.437
Zainuddin Abbas, Benny Prasetya, A. S. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo, 4(1), 447–458. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3756
Zaky raihan, Dinda putri hasanah, Wardah yuni kartika, Lidyazanti, W. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Akhlak Di Era Globalisasi. 2, 301–315.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Afdal Afdal, Husni Thamrin, Imam Sibaweh, Bambang Wahyu Susanto, Mashuri Mashuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).