Strategi Implementasi Karakter Toleransi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Masyarakat

Authors

  • Afdal Afdal Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Husni Thamrin Sekolah Tinggi Aagama Islam Al Azhar Pekanbaru, Indonesia
  • Imam Sibaweh Sekolah Tinggi Aagama Islam Al Azhar Pekanbaru, Indonesia
  • Bambang Wahyu Susanto Sekolah Tinggi Aagama Islam Al Azhar Pekanbaru, Indonesia
  • Mashuri Mashuri Sekolah Tinggi Aagama Islam Al Azhar Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1690

Keywords:

Strategi, Implementasi, Karakter Toleransi, Anak Usia Sekolah

Abstract

Kehidupan anak ditengah-tengah masyarakat akan berbeda dengan kehidupan mereka disekolah. Pengaruh lingkungan sangat besar dalam pembentukan karakter anak, jika yang dilihatnya dilingkungan sesuatu yang buruk maka hal itu akan berdampak pada prilaku buruk anak, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pola pendidikan orangtua terhadap anak usia sekolah ditengah-tengah masyarakat agar didapat model pendidikan yang bisa dijadikan pilot projek atau memberikan solusi jika yang ditemukan adalah kasus yang berdampak pada prilaku buruk anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menjadikan sumber bacaan dari majalah, buku, artikel atau sumber bacaan lainnya yang dianalisis untuk kemudian dijadikan sumber rujukan dalam mengambil kebijakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua orangtua menerapkan model pendidikan yang baik, pada orangtua yang berpendidikan atau yang bekerja sebagai pendidik, maka dalam kehidupan sehari hari masih tetap melakukan pendidikan berbasis masyarakat, tetapi pada orangtua yang sibuk dengan usaha atau pedagang, kebanyakan mereka lebih sibuk dengan pekerjaannya dan membiarkan anak-anaknya bermain sesukanya sehingga terbentuklah akhlak yang kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Albina, M., & Aziz, M. (2021). Hakikat Manusia dalam Al-Quran dan Filsafat Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 731–746. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2414

Amalia Safitri, Y., Baedowi, S., & Sari Setianingsih, E. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514.

Amanda, Alhamida, Elvita Sarah, Layli sartika, Nurul aini, W. (2018). HADIS-HADIS TENTANG PENDIDIKAN (Suatu Telaah tentang Pentingnya Pendidikan Anak). Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.15575/diroyah.v1i1.2053

Angel, A., Mutiara, A., Arya, A., Polem, A., & Nugraha, Beni Satria, W. (2024). Nilai-nilai Puasa dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter. 723–731.

Arya, A., Polem, A., Yunus, M., Nugraha, B. S., Angel, A., & Mutiara, Anisa, W. (2024). Analisis Pembinaan Karakter Siswa melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di SDN 159 Payung Sekaki. 742–748.

Asror, F. M., Janah, F., & Nafi’ah, Eriza Choirotin, W. (2021). Kewajiban dan Karakteristik Belajar Mengajar Ala Rasulullah (Perspektif Hadis). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 187. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i2.4982

Badruzaman, I. S. A. M., & Slamet, S. R. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Perspektif Dakwah Nabi). Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(2), 157–176. https://doi.org/10.47281/fas.v1i2.27

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Bias Tirta Bayu, Sri Mei Ulfani, Ratih Kumala Sari, Ibnu Majah, W. (2024). Pengembangan Kemampuan Manusia Dalam Sudut Pandang Pendidikan Islam. 2(2), 56–68.

Bila, S., Nada, K., Novita, N., Hafizah, N., Wismanto, W., & Azzahra, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Ibtidayah. 2, 266–275.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.

Dewi, S. N., Pinasti, J., Rahmadani, D., & Rahman, Muhammad Aldi, W. (2024). Syirik dan Dampaknya Bagi Kehidupan Manusia. 2(1).

Dewianti, A. F., Gimri, F. D., & Nandiani, Elsa Marfina, W. (2024). Analisis Urgensi Pendidikan Akhlak Berkarakter Dalam Membangun Keluarga Bahagia. 3, 154–167.

Elnayla, W., Reza, A., Husni, Z. T., N, E. F. A., Bayu, B. T., & Wismanto, W. (2024). Ayat -Ayat Pendidikan Tentang Potensi Manusia Dalam Pengetahuan ( Knowladge ), Ilmu Pengetahuan ( Sains ), Filsafat , Dan Agama. 2(3).

Fiddini Izaturahmi, Indah Ramadhany, Winda Sugiarti, Muhammad Alif Al Aziz, W. (2021). Model Pendidikan Bagi Anak Abk: Home Schooling. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 63. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10426

Fitriyana, A. (2020). Strategi Guru Bk Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 75–85. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1219

Halim Sani, M. A., Ilham, I., & Sahman, S. (2023). Pendidikan Akhlak; Studi Atas Hadis-Hadis tentang Tamu. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(1), 27. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16436

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.

Handrihadi, A., Ahmad, A., & Palangkey, R. D. (2023). Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Hadits. Elsya Frilia Ananda N, Dinda Putri Hasanah, Lidya Zanti, Naila Hafizah, Wismanto, 3(1), 1–13. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/9957

Ilham Hudi. (2021). Pengaruh Pengetahuan Moral (Moral Knowing) terhadap Prilaku/Perbuatan Moral (Moral Action) pada Siswa SMP Kota Pekanbaru Berdasarkan Pekerjaan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6671–6674. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2029%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2029/1788

Ilhami, A. F., & Assya’bani, R. (2021). Membentuk Moralitas Integratif Sains Dan Nilai_Nilai Qurani: Studi Terhadap Strategi Pengajaran Di Mi Integral Al-Ukhuwwah Kabupaten Hulusungai Utara. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3(1), 105–112. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/717

Kamil, N., & Sutrisno. (2023). Pendekatan Sosiologis : Peran Orangtua Sebagai Madrasah Pertama Bagi Anak Dalam Pengenalan Nilai Akhlak Perspektif Al Qur’an. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.37567/prymerly.v6i1.1809

Kasus, S., Ibnu, M. I., Pekanbaru, A., Almahda, S., Wismanto, W., & Fithri, R. (2024). Penerapan Konsep Guru Profesional Dalam Penanaman Akhlak Siswa Pada Surat Ali Imran Ayat 159 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah , Universitas Muhammadiyah Riau , Indonesia. 2(5).

Mandayu, Y. Y. B. (2020). Pembentukan Karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1598

Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114

Mei, N., Oktaviani, A. T., Amelia, F., Khasanah, I. S., Haekal, M. I., & Wismanto, W. (2024). Motivation Among Student In Islamic Elementary School Pada Pengembangan Media Audio Visual untuk berpartisipasi dan mencapai tujuan pembelajaran . Tugas guru adalah menanamkan. 2(3).

Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221

Naila Hafizah, Wardah Yuni Artika, Sri Mei Ulfani, Ratih Kumala Sari, W. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Repository.Uinsaizu.Ac.Id, 5(2), 29–42. http://repository.uinsaizu.ac.id/3872/2/COVER_BAB I_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Najiha azzahra, Riha Datul Aisya, Nina Novita, Fajri Masaid, Wismanto, S. F. (2024). Anak Didik Dalam Perspektif Al Qur ’ an : Kajian Analisis Qs . At-Tahrim. 2(3).

NURSEHA, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Surat Ali-Imran Ayat 159. ISEDU : Islamic Education Journal, 1(1), 91–104. https://doi.org/10.59966/isedu.v1i1.635

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Purbasari, Y. A., Hendriani, W., & Yoenanto, N. H. (2021). PERKEMBANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI Yulia Anjarwati Purbasari Wiwin Hendriani Nono Hery Yoenanto. 7(1), 50–58.

Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikanpancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(Vol. 7 No. 1 (2022)), 59–72.

Rizaq, M. (2022). Family As Children’S First Education; the Role of Parents in the Development of Islamic Religious Education for Elementary School Age Children. Al-Risalah, 13(1), 184–208. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v13i1.1785

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.

Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.

Sari, R. K., Ulfani, S. M., Lestari, A., Hasanah, D. P., & Wismanto. (2024). Kesempurnaan Akhlak Dan Pribadi Nabi Muhammad Rasulullah Sallallahu ’ alaihi Wasallam Muhammad penelitian ini dilakukan . Dengan menggali berbagai dimensi sosial keagamaan. 2, 253–265.

Septiani, C., Syakira, S., & Dalvinova, Zahra, W. (2024). Analisis Peran Pendidikan Orangtua Dalam Membesarkan Anaknya Berbasis Al-Qur ’ an dan Sunnah. 3.

Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Widodo, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Pada Penerapan Pelaksanaan Pembelajaran Yang Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan ,Menantang, Memotivasi Melalui in House Training Di Sma Negeri 1 Ulujami. Journal Sport Science, Health and Tourism of Mandalika (Jontak), 2(2), 41–50. https://doi.org/10.36312/jontak.v2i2.1620

Windi Alya Ramadhani , Nurul Aini, Zahara Tulhusni, Wismanto, S. fakhlef. (2024). Dampak Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Akhlak Anak. 2, 276–289.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.

Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).

Wismanto. (2024). Ayat -Ayat Pendidikan Tentang Potensi Manusia Dalam Pengetahuan ( Knowladge ), Ilmu Pengetahuan ( Sains ), Filsafat , Dan Agama. 2(3).

Yahiji, K., IAIN Sultan Amai Gorontalo, P., Pendidikan Bahasa Arab, P., & Sultan Amai Gorontalo, I. (2018). Revitalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Quotient di Era 4.0. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–15. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1020

Yenuri, A. A., Islamy, A., Aziz, M., & Muhandy, R. S. (2021). Paradigma Toleransi Islam Dalam Merespons Kemajemukan Hidup Di Indonesia. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 2(2), 141–156. https://doi.org/10.53491/porosonim.v2i2.216

Zaimah, Z., Nazaruddin, N., & Husaini, N. (2022). Urgensi Metode Cerita Islam bagi Guru PAI dalam Membentuk Akhlak Siswa di SD Sekota Tanjungpinang. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 87–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.437

Zainuddin Abbas, Benny Prasetya, A. S. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo, 4(1), 447–458. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3756

Zaky raihan, Dinda putri hasanah, Wardah yuni kartika, Lidyazanti, W. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Akhlak Di Era Globalisasi. 2, 301–315.

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Afdal, A., Thamrin, H., Sibaweh, I., Susanto, B. W., & Mashuri, M. (2024). Strategi Implementasi Karakter Toleransi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Masyarakat. Journal of Education Research, 5(4), 4772–4783. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1690

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check