Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Penguatan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 44 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1689Abstract
Menumbuhkan peserta didik yang berkarakter merupakan tujuan utama pendidikan di Indonesia saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 44 Bandung. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian direduksi, disajikan, dan dianalisis secara sistematis untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter religius di sekolah ini dilakukan secara rutin melalui kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Kegiatan-kegiatan ini berperan signifikan dalam membentuk karakter religius, berkontribusi pada perubahan perilaku positif peserta didik, baik di lingkungan sekolah maupun di luar, serta tercermin dalam berbagai prestasi yang diraih.
Downloads
References
Al Hakim, I. (2020). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 149–153. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i2.485
Annur, P. A., Susanti, E., & Gera, I. G. (2023). Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar. Jurnal Edukasi, 1(3), 271–287.https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.182
Efendi, M. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. Conciencia, 17(1), 27–39.
https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i1.1581
Fahrudin, F., Firdaus, E., & Shafiyullah, A. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMPN 44 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 126–139. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26312
Farhani, D. (2019). Manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan kokurikuler keagamaan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619
Fitria, F., & Suharyat, Y. (2022). Internalisasi Nilai dan Karakter Melalui Budaya Sekolah Dengan Kegiatan Jumat Bersih di SMAN 8 Bekasi. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(4), 9–19.https://doi.org/10.30640/cakrawala.v1i4.335
Hadi, S. (2021). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 1 Pacet Mojokerto. Nuansa, 14(1), 178-197.
http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v14i1.3515
Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128
Irsyad, I., Sukardi, I., & Nurlaila, N. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Budaya Beragama Siswa. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i1.11738
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Isroani, F. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Quality, 7(1), 50–65. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i1.5180
Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art7
Maghfiroh, H., Halim, A., & Beddu, M. J. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam melalui Penguatan Nilai-Nilai Multikultural di SMP Negeri 20 Batam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1162–1175. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.713
Mannuhung, S., Tenrigau, A. M., & Didiharyono, D. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid dan Remaja Masjid di Kota Palopo. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35914/tomaega.v1i1.69
Marzuki, M., & Haq, P. I. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 84–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677
Masloman, F. R., Supriati, A., & Pangalila, T. (2024). Penguatan Nilai Karakter Religius melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan pada Siswa di SMP Negeri 1 Tumpaan. Jambura Journal Civic Education, 4(1), 451–463. https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.24912
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Nadjih, D., Bowo, A. N. A., Salamudin, S., Audy, C., Harahap, R., Utami, S., Indrayani, R., Saleh, F., Yako, S., & Suhaimi, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Religius Murid Di MTs Nurul Ummah. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 59–70. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v10i1.338
Nasrudin, E., Sandi, M. K., Alfian, M. I. R., & Fakhruddin, A. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11–19. 10.21831/jpka.v14i1.55288
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105-117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 895–902. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219
Pridayani, M., & Rivauzi, A. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa. An-Nuha, 2(2), 329–341. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.896
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kearifan Lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274
Saaduddin, S. (2018). Kontribusi Pendidikan Karakter Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Spritual Question Mahasiswa. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 88–102. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i1.2493
Sadiah, D. (2019). Penerapan Manajemen Pelatihan Dakwah dalam Meningkatkan Mutu SDM Pondok Santri Pesantren. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 4(3), 247–266. https://doi.org/10.15575/tadbir.v4i3
Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249–258.
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Sari, N. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4452
Sasmito, S. (2021). Optimalisasi Ekstrakurikuler: Sebuah Praktik Baik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(3), 524–533. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. 10.36088/palapa.v8i1.705
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Susanti, S., Lian, B., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1644–1657.
https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.629
Syahputri, N. A., & Adi, N. (2020). Pengawasan Pelaksanaan Tugas Pegawai oleh Pimpinan di Kantor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3052–3063. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.807
Tangahu, I., & Muda, L. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sekolah Dasar Negeri 01 Lemito. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(1), 47–76. https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1302
Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan Karakter dalam perspektif Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 78–90. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.93
Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83–93. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Hizba Aulia, Fauzan Rian Rabbani, Muhamad Mauris Faruqi Ali, Bildan Muhammad Sya’ban, Agus Fakhruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).