Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Penguatan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 44 Bandung

Authors

  • Muhammad Hizba Aulia Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Fauzan Rian Rabbani Ilmu Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Muhamad Mauris Faruqi Ali Ilmu Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia
  • Bildan Muhammad Sya’ban Ilmu Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Agus Fakhruddin lmu Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1689

Abstract

Menumbuhkan peserta didik yang berkarakter merupakan tujuan utama pendidikan di Indonesia saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 44 Bandung. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian direduksi, disajikan, dan dianalisis secara sistematis untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter religius di sekolah ini dilakukan secara rutin melalui kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Kegiatan-kegiatan ini berperan signifikan dalam membentuk karakter religius,  berkontribusi pada perubahan perilaku positif peserta didik, baik di lingkungan sekolah maupun di luar, serta tercermin dalam berbagai prestasi yang diraih.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hakim, I. (2020). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 149–153. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i2.485

Annur, P. A., Susanti, E., & Gera, I. G. (2023). Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar. Jurnal Edukasi, 1(3), 271–287.https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.182

Efendi, M. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. Conciencia, 17(1), 27–39.

https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i1.1581

Fahrudin, F., Firdaus, E., & Shafiyullah, A. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMPN 44 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 126–139. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26312

Farhani, D. (2019). Manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan kokurikuler keagamaan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619

Fitria, F., & Suharyat, Y. (2022). Internalisasi Nilai dan Karakter Melalui Budaya Sekolah Dengan Kegiatan Jumat Bersih di SMAN 8 Bekasi. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(4), 9–19.https://doi.org/10.30640/cakrawala.v1i4.335

Hadi, S. (2021). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 1 Pacet Mojokerto. Nuansa, 14(1), 178-197.

http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v14i1.3515

Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Irsyad, I., Sukardi, I., & Nurlaila, N. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Budaya Beragama Siswa. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i1.11738

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Isroani, F. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Quality, 7(1), 50–65. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i1.5180

Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art7

Maghfiroh, H., Halim, A., & Beddu, M. J. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam melalui Penguatan Nilai-Nilai Multikultural di SMP Negeri 20 Batam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1162–1175. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.713

Mannuhung, S., Tenrigau, A. M., & Didiharyono, D. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid dan Remaja Masjid di Kota Palopo. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35914/tomaega.v1i1.69

Marzuki, M., & Haq, P. I. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 84–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677

Masloman, F. R., Supriati, A., & Pangalila, T. (2024). Penguatan Nilai Karakter Religius melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan pada Siswa di SMP Negeri 1 Tumpaan. Jambura Journal Civic Education, 4(1), 451–463. https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.24912

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Nadjih, D., Bowo, A. N. A., Salamudin, S., Audy, C., Harahap, R., Utami, S., Indrayani, R., Saleh, F., Yako, S., & Suhaimi, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Religius Murid Di MTs Nurul Ummah. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 59–70. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v10i1.338

Nasrudin, E., Sandi, M. K., Alfian, M. I. R., & Fakhruddin, A. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11–19. 10.21831/jpka.v14i1.55288

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105-117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 895–902. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219

Pridayani, M., & Rivauzi, A. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa. An-Nuha, 2(2), 329–341. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.896

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kearifan Lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140

Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274

Saaduddin, S. (2018). Kontribusi Pendidikan Karakter Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Spritual Question Mahasiswa. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 88–102. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i1.2493

Sadiah, D. (2019). Penerapan Manajemen Pelatihan Dakwah dalam Meningkatkan Mutu SDM Pondok Santri Pesantren. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 4(3), 247–266. https://doi.org/10.15575/tadbir.v4i3

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249–258.

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Sari, N. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4452

Sasmito, S. (2021). Optimalisasi Ekstrakurikuler: Sebuah Praktik Baik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(3), 524–533. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. 10.36088/palapa.v8i1.705

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Susanti, S., Lian, B., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1644–1657.

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.629

Syahputri, N. A., & Adi, N. (2020). Pengawasan Pelaksanaan Tugas Pegawai oleh Pimpinan di Kantor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3052–3063. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.807

Tangahu, I., & Muda, L. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sekolah Dasar Negeri 01 Lemito. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(1), 47–76. https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1302

Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan Karakter dalam perspektif Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 78–90. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.93

Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83–93. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Aulia, M. H., Rabbani, F. R., Ali, M. M. F., Sya’ban, B. M., & Fakhruddin, A. (2024). Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Penguatan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 44 Bandung. Journal of Education Research, 5(4), 5376–5385. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1689

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)