Penggunaan Media Papan Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 pada anak Usia 3-4 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1684Keywords:
Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Media Papan Angka, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini melalui media papan angka dan mengetahui penggunaan media papan angka meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di KB Kartini Ganting. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap pertemuan dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok bermain di KB Kartini Ganting dengan jumlah 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media papan angka. Dilihat dari hasil ketuntasan belajar anak pada pra siklus 37,5%, siklus I dengan nilai presentase 56,66%, dan siklus II dengan nilai presentase 84,99%.
Downloads
References
Abdillah Syukur, T., Al Haddar, G., Ismail Fahmi, A., Risan, R., Siswantara, Y., Noviawati Setya, D., Zaenurrosyid, A., & Muzayyin Maq, M. (N.D.). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Www.Globaleksekutifteknologi.Co.Id
Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. 3(1), 69–82. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Anisatul Azizah, F. R. F. (N.D.). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.
Familiani, N., & Suyadi, S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 10 Melalui Ape Papan Angka Pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(1), 114–126. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.114-126
Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pembelajaran Multimedia Pada Anak 4-5 Tahun (Vol. 9, Issue 2). Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara
Hasiana, I. (N.D.). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 Pengaruh Media Kardus Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A.
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Jun, J. N. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Rap (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 46. https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal Of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Patiung Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, D., Alauddin Makassar, U., Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, I., Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, H., & Ramadani Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, S. (2019). Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1).
Rahmayanti, A., & Fitri, R. (N.D.). Seling Jurnal Program Studi Pgra Pengaruh Media Loose Part Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun.
Retnaningrum, W., Umam, N., Pendidikan Islam Anak Usia Dini, D., & Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap, U. (N.D.). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. In Nasrul Umam Jurnal Tawadhu (Vol. 5, Issue 1).
Rohmalina, R., Aprianti, E., & Lestari, R. H. (2020). Pendekatan Open-Ended Dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1409–1418. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.805
Roostin, E. (2021). Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Media Montessori Number Rods. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 801–808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093
Wahyuni, R. (N.D.). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Papan Flanel Angka Di Tk Mentari Bulogading Kabupaten Gowa.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Zakiatul Maula, F., Qalbi, Z., & Febryan Putera, R. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif (Fiya Zakiatul Dkk.) | 567 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.12176538
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Niswatul Khofifah, Luluk Iffatur Rocmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).