Penggunaan Media Papan Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 pada anak Usia 3-4 Tahun

Authors

  • Niswatul Khofifah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Luluk Iffatur Rocmah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1684

Keywords:

Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Media Papan Angka, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini melalui media papan angka dan mengetahui penggunaan media papan angka meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di KB Kartini Ganting. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap pertemuan dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok bermain di KB Kartini Ganting dengan jumlah 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media papan angka. Dilihat dari hasil ketuntasan belajar anak pada pra siklus 37,5%, siklus I dengan nilai presentase 56,66%, dan siklus II dengan nilai presentase 84,99%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah Syukur, T., Al Haddar, G., Ismail Fahmi, A., Risan, R., Siswantara, Y., Noviawati Setya, D., Zaenurrosyid, A., & Muzayyin Maq, M. (N.D.). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Www.Globaleksekutifteknologi.Co.Id

Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. 3(1), 69–82. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal

Anisatul Azizah, F. R. F. (N.D.). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.

Familiani, N., & Suyadi, S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 10 Melalui Ape Papan Angka Pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(1), 114–126. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.114-126

Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pembelajaran Multimedia Pada Anak 4-5 Tahun (Vol. 9, Issue 2). Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara

Hasiana, I. (N.D.). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 Pengaruh Media Kardus Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Jun, J. N. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Rap (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 46. https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal Of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Patiung Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, D., Alauddin Makassar, U., Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, I., Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, H., & Ramadani Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, S. (2019). Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1).

Rahmayanti, A., & Fitri, R. (N.D.). Seling Jurnal Program Studi Pgra Pengaruh Media Loose Part Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun.

Retnaningrum, W., Umam, N., Pendidikan Islam Anak Usia Dini, D., & Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap, U. (N.D.). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. In Nasrul Umam Jurnal Tawadhu  (Vol. 5, Issue 1).

Rohmalina, R., Aprianti, E., & Lestari, R. H. (2020). Pendekatan Open-Ended Dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1409–1418. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.805

Roostin, E. (2021). Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Media Montessori Number Rods. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 801–808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093

Wahyuni, R. (N.D.). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Papan Flanel Angka Di Tk Mentari Bulogading Kabupaten Gowa.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Zakiatul Maula, F., Qalbi, Z., & Febryan Putera, R. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif (Fiya Zakiatul Dkk.) | 567 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.12176538

Downloads

Published

2024-10-16

How to Cite

Khofifah, N., & Rocmah, L. I. (2024). Penggunaan Media Papan Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 pada anak Usia 3-4 Tahun. Journal of Education Research, 5(4), 4916–4925. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1684

Issue

Section

Articles

Categories