Peningkatan Keterampilan Mengungkapkan Monolog Descriptive Lisan Sederhana yang Berterima pada Siswa Kelas VII Menggunakan Sistem ICARE
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.168Abstract
Penelitian Tindakan Kelas atau PTK ini merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog Descriptive sederhana yang berterima literary bagi siswa kelas VIIB di MTs Negeri Tembelang Kabupaten Jombang. Pelaksanaan ini menggunakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan angket. Penelitian ini bertujuan menerapkan sistem ICARE melalui lima tahapan yaitu, Introduce, Connect, Apply , Reflect dan Extend kriteria penilaian meliputi permahaman kosa kata, pengucapan, kelancaran dan ketepatan menggunakan struktur kalimat. Hasil analisis data yang diperoleh pengamatan dan angket siswa secara kualitatif dan secara kuantitaif diperoleh dari dokumen penilaian proses pembelajaran dan secara individu. Penggunaan sistem I CARE, dapat meningkatkan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive lisan sederhana yang berterima denganpeningkatan sebagai berikut: peningkatan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive sederhana, peningkatan kemampuan siswa di dalam menggunakan bahasa Inggris lisan yang beterima dengan pengucapan yang relatif tepat, pada umumnya lancar dan menggunakan struktur kalimat yang tepat, peningkatan keberanian siswa dalam mengungkapkan monolog descriptive sederhana.
Downloads
References
Azies,FS & Alwasilah CA. 1996. Penagajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktik. Bandung, Remaja Rosdakarya
Decentralized Based Education (DBE),2006. Integrasi Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran. USAID Indonesia.
Dirjendikdasmen. 2005. Landasan Filosofi Teoritis Pendidikan Bahasa Inggris. Jakarta.
Mills, GE,2000. Action Research A Guide For The Teacher Researcher. Ohio, Shoutern Oregon University.
Permen 22. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta.
Puskur. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP. Jakarta.
Sudjana,S. 2001. Metoda dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung. Falah Production.
Suranto, Basowi, Sukidin,2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia.
Surya, M. 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang, Aneka Ilmu.
Suryadi, A, 1983. Membuat Siswa Aktif Belajar.Bandung, Binacipta.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nurul Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).