Peningkatan Keterampilan Mengungkapkan Monolog Descriptive Lisan Sederhana yang Berterima pada Siswa Kelas VII Menggunakan Sistem ICARE

Authors

  • Nurul Hidayati MTsN 16 Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.168

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas atau PTK ini merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog Descriptive sederhana yang berterima literary bagi siswa kelas VIIB di MTs Negeri Tembelang Kabupaten Jombang. Pelaksanaan ini menggunakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan angket. Penelitian ini bertujuan menerapkan sistem ICARE melalui lima tahapan yaitu, Introduce, Connect, Apply , Reflect  dan Extend kriteria penilaian meliputi permahaman kosa kata, pengucapan, kelancaran dan ketepatan menggunakan struktur kalimat. Hasil analisis data yang diperoleh pengamatan dan angket siswa secara kualitatif dan secara kuantitaif diperoleh dari dokumen penilaian proses pembelajaran dan secara individu. Penggunaan sistem I CARE, dapat meningkatkan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive lisan sederhana yang berterima denganpeningkatan sebagai berikut: peningkatan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive sederhana, peningkatan kemampuan siswa di dalam menggunakan bahasa Inggris lisan yang beterima dengan pengucapan yang relatif tepat, pada umumnya lancar dan menggunakan struktur kalimat yang tepat, peningkatan keberanian siswa dalam mengungkapkan monolog descriptive sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azies,FS & Alwasilah CA. 1996. Penagajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktik. Bandung, Remaja Rosdakarya

Decentralized Based Education (DBE),2006. Integrasi Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran. USAID Indonesia.

Dirjendikdasmen. 2005. Landasan Filosofi Teoritis Pendidikan Bahasa Inggris. Jakarta.

Mills, GE,2000. Action Research A Guide For The Teacher Researcher. Ohio, Shoutern Oregon University.

Permen 22. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta.

Puskur. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP. Jakarta.

Sudjana,S. 2001. Metoda dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung. Falah Production.

Suranto, Basowi, Sukidin,2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia.

Surya, M. 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang, Aneka Ilmu.

Suryadi, A, 1983. Membuat Siswa Aktif Belajar.Bandung, Binacipta.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Hidayati, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Mengungkapkan Monolog Descriptive Lisan Sederhana yang Berterima pada Siswa Kelas VII Menggunakan Sistem ICARE. Journal of Education Research, 4(1), 372–389. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.168

Issue

Section

Articles

Citation Check