Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Roda Baca di KB Permata Sunnah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1675Keywords:
Roda Baca, Kemampuan Membaca Awal, Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas, Media PembelajaranAbstract
Evaluasi portofolio merupakan metode evaluasi yang dirancang untuk memantau perkembangan Kemampuan literasi awal, khususnya membaca, merupakan fondasi penting bagi perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media "Roda Baca" dalam meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak usia 5-6 tahun di KB Permata Sunnah. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas, penelitian ini melibatkan 12 anak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa lembar observasi dan rubrik penilaian. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase ketercapaian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca awal yang signifikan pada anak setelah diterapkannya media "Roda Baca." Rata-rata ketercapaian meningkat dari 65% pada pra-siklus menjadi 92% pada siklus kedua. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media "Roda Baca" efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca awal dan meningkatkan motivasi belajar anak. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif untuk meningkatkan literasi anak usia dini.
Downloads
References
Abdullah, T. T., Jusuf, H., & Pratiwi, W. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Memirsa Melalui Media Display Pada Materi Mengenal Huruf Abjad. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 244–256. https://doi.org/10.52166/mida.v7i2.7002
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.
Diana Maulida Zakiah, Fithria Rizka Sirait, E. S. (2022). Jurnal Teknologi , Kesehatan Dan IlmuPengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 060838 Medan Petisah T.A 2023/2024. Jurnal Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 328–338.
Junaedah, T. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Roda Putar Kata. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(3). https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index
Nafisya, Yani, T., Roshayanti, F., Agustini, F., & Indriastuti, P. (2023). Pengaruh Metode Global Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I SDN Karangrejo 01 Kota Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12119–12130. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1837
Nur Azizah, I. S., Aini, N., & Adawiyah, R. (2022). Peningkatan Membaca Untuk Persiapan Sekolah Dasar Melalui Media Reading Wheel Pada Kelompok B Di Tk Aba 2 Pendil. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.46773/alathfal.v3i2.490
Pohan, Y. Y., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah ELSE ( Elementary School Education. Elementary School Education Journal, 8(2), 289–296.
Pratama, Y. A., Wagiran, W., & Haryadi, H. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 348–360. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4291
Putri, A. H., Nafi’ah, U., Hilyana, F. S., Mawarda, L. A., Muna, N., & Astari, N. D. (2023). Pengembangan Media Panca Hati (Papan Baca Khas Pati) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3035–3042. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5990
Putri, N. L., & Lumi, J. C. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 060838 Medan Petisah T.A 2023/2024. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 1049–1055.
Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Suciati, A., & Rufaidah, R. (2022). Pengembangan Media Roda Putar Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung (Membaca, Menulis dan Berhitung) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SDN Margahayu XIX. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–11. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Rochmah, S. H. N., & Alfiansyah, I. (2023). Pengembangan Media Number Spinning Wheel pada Materi Calistung di Kelas 1 UPT SD Negeri 63 Gresik. Journal on Education, 5(3), 9714–9721. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1853
Safitri, H., Fitriyanah, N., Nurhayati, Nurillah, S. M., Sonia, & Kristiyanto, A. (2024). Revitalisasi Semangat Literasi Taman Baca Melalui Pemanfaatan Infografis Dengan Metode Humanitas Untuk Masa Depan Cerdas Anak-anak Di Desa Mengger. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4375
Salsabilah, A. S., Muzamil, I. N., Juardi, F. I., Afifah, N. P. N., Herdiansyah, R. F. P., & Prihantini. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(02), 11943–11950.
Santi Nurbayani, Asep Dudi Suhardini, & Dinar Nur Inten. (2023). Pengaruh Media Roda Baca Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 4-5 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 97–102. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3078
Septiana, B., Hetilaniar, H., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Global Berbantuan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 79 Palembang. Innovative: Journal Of Social …, 3, 9108–9119. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1481%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/1481/1080
Shidah, M. A. M., Rachmah, L. L., Shohwan, A. M., & Farantika, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Pintar Kelompok A di RA Perwanida Kandangan. Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education, Development and Parenting, 1(3), 148–165. https://doi.org/10.28926/bocil.v1i3.1371
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Wahyudi, S. (2024). JurPenerapan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasarnal basicedu. Jurnal Basicedu, 8(3), 2062–2073.
Yufrizal Yufrizal, Patri Janson Silaban, & Lasma Silaban. (2024). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II SD Negeri Malaka. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 57–70. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2677
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Indri Mardiyani, Chairun Nisak Aulina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).