Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Roda Baca di KB Permata Sunnah

Authors

  • Indri Mardiyani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Chairun Nisak Aulina Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1675

Keywords:

Roda Baca, Kemampuan Membaca Awal, Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas, Media Pembelajaran

Abstract

Evaluasi portofolio merupakan metode evaluasi yang dirancang untuk memantau perkembangan Kemampuan literasi awal, khususnya membaca, merupakan fondasi penting bagi perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media "Roda Baca" dalam meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak usia 5-6 tahun di KB Permata Sunnah. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas, penelitian ini melibatkan 12 anak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa lembar observasi dan rubrik penilaian. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase ketercapaian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca awal yang signifikan pada anak setelah diterapkannya media "Roda Baca." Rata-rata ketercapaian meningkat dari 65% pada pra-siklus menjadi 92% pada siklus kedua. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media "Roda Baca" efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca awal dan meningkatkan motivasi belajar anak. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif untuk meningkatkan literasi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, T. T., Jusuf, H., & Pratiwi, W. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Memirsa Melalui Media Display Pada Materi Mengenal Huruf Abjad. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 244–256. https://doi.org/10.52166/mida.v7i2.7002

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Diana Maulida Zakiah, Fithria Rizka Sirait, E. S. (2022). Jurnal Teknologi , Kesehatan Dan IlmuPengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 060838 Medan Petisah T.A 2023/2024. Jurnal Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 328–338.

Junaedah, T. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Roda Putar Kata. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(3). https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index

Nafisya, Yani, T., Roshayanti, F., Agustini, F., & Indriastuti, P. (2023). Pengaruh Metode Global Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I SDN Karangrejo 01 Kota Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12119–12130. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1837

Nur Azizah, I. S., Aini, N., & Adawiyah, R. (2022). Peningkatan Membaca Untuk Persiapan Sekolah Dasar Melalui Media Reading Wheel Pada Kelompok B Di Tk Aba 2 Pendil. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.46773/alathfal.v3i2.490

Pohan, Y. Y., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah ELSE ( Elementary School Education. Elementary School Education Journal, 8(2), 289–296.

Pratama, Y. A., Wagiran, W., & Haryadi, H. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 348–360. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4291

Putri, A. H., Nafi’ah, U., Hilyana, F. S., Mawarda, L. A., Muna, N., & Astari, N. D. (2023). Pengembangan Media Panca Hati (Papan Baca Khas Pati) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3035–3042. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5990

Putri, N. L., & Lumi, J. C. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 060838 Medan Petisah T.A 2023/2024. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 1049–1055.

Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Suciati, A., & Rufaidah, R. (2022). Pengembangan Media Roda Putar Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung (Membaca, Menulis dan Berhitung) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SDN Margahayu XIX. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–11. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Rochmah, S. H. N., & Alfiansyah, I. (2023). Pengembangan Media Number Spinning Wheel pada Materi Calistung di Kelas 1 UPT SD Negeri 63 Gresik. Journal on Education, 5(3), 9714–9721. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1853

Safitri, H., Fitriyanah, N., Nurhayati, Nurillah, S. M., Sonia, & Kristiyanto, A. (2024). Revitalisasi Semangat Literasi Taman Baca Melalui Pemanfaatan Infografis Dengan Metode Humanitas Untuk Masa Depan Cerdas Anak-anak Di Desa Mengger. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4375

Salsabilah, A. S., Muzamil, I. N., Juardi, F. I., Afifah, N. P. N., Herdiansyah, R. F. P., & Prihantini. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(02), 11943–11950.

Santi Nurbayani, Asep Dudi Suhardini, & Dinar Nur Inten. (2023). Pengaruh Media Roda Baca Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 4-5 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 97–102. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3078

Septiana, B., Hetilaniar, H., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Global Berbantuan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 79 Palembang. Innovative: Journal Of Social …, 3, 9108–9119. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1481%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/1481/1080

Shidah, M. A. M., Rachmah, L. L., Shohwan, A. M., & Farantika, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Pintar Kelompok A di RA Perwanida Kandangan. Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education, Development and Parenting, 1(3), 148–165. https://doi.org/10.28926/bocil.v1i3.1371

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Wahyudi, S. (2024). JurPenerapan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasarnal basicedu. Jurnal Basicedu, 8(3), 2062–2073.

Yufrizal Yufrizal, Patri Janson Silaban, & Lasma Silaban. (2024). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II SD Negeri Malaka. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 57–70. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2677

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Mardiyani, I., & Aulina, C. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Roda Baca di KB Permata Sunnah. Journal of Education Research, 5(4), 5576–5588. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1675

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check