Implementasi Metode Audio Lingual dalam Peningkatkan Kemampuan Pronunciaton Siswa Kelas VIII

Authors

  • Anisatul Fuadah MTsN 4 Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.167

Abstract

Kendala aspek pelafalan kata atau pronunciation menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: mendeskripsikan  proses perencanaan pembelajaran pronunciation dengan  menggunakan metode Audio-Lingual, mendeskripsikan  pelaksanaan pembelajaran  pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual, dan mendeskripsikan evaluasi pembelajaran  pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual pada semester I siswa kelas VIII-C MTs Negeri empat Jombang tahun pelajaran dua ribu sembilan belas sampai dua ribu dua puluh. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Hasil penelitian ini adalah: peneliti menggunakan metode Audio-Lingual untuk peningkatan  pronunciation siswa VIII-C MTs Negeri empat Jombang, Pelaksanaan penggunaan metode Audio-llingual dalam  pembelajaran bahasa Inggris untuk peningkatan   pronunciation siswa kelas VIII-C MTs Negeri empat Jombang, secara umum berjalan lancar dan sesuai rencana, dan terdapat peningkatan dalam setiap pertemuan, dari siklus I sampai siklus II. Adapun peningkatannya; dari segi vowel terdapat peningkatan sebesar empat puluh persen,  consonant  tiga puluh empat persen, rhythm and word stress dua puluh delapan  koma nol tiga persen, intonation  tiga puluh tujuh persen,  dan  fluency  sebesar tiga puluh dua persen koma nol dua persen. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan metode Audio-Lingual dapat meningkatkan  pronunciation siswa kelas VIII-C MTs Negeri empat Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur'an Digital

Al-Hasyimi, Syekh Ahmad. Muhtarul Ahadits. Surabaya: Al-Haromain

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian suatu Tindakan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V. Jakarta: Rhineka Cipta

B. Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Billie, MCunningham. 2008. Using Action Research and The Classroom Learning Environment. Issues in Accounting Education Journal. Sarasota: Feb 2008.

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur'an dan Terjemahannya, Bandung: J-ART

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Seklah Dasar dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: CV. Timur Putra Mandiri

Karmina, Sari dkk. 2008. Untuk Anak Usia Dini (Bahan Ajar). Semarang: PGPAUD Universitas Negeri Semarang

Karsidi. 2013. Model Kurikulum Tingkat 2013. Solo: PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Kountur, Ronny, 2005. D. M. S, Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: PPM

Kurniawan, Rita dkk. 2006. Speed Up English. Jakarta: Yudhistira

Larsen, Diane and Freeman. 1986. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford: Oford University Press

Marzuki. 2000. Metodelogi Riset fakultas Ekonomi UII Yogyakarta

Moleong, Lexy J. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya

Mulyani, Anik Sri. Januari 2009. Pemanfaatan Multimedia untuk Menstimulus Imajinasi Penyusunan Kalimat Posessive Pronouns. Jurnal Pendidikan Inovatif. Jurnal JPI No. 1 Volume 4

Mulyasa, E. 2003. Media dan Laboratorium dalam Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) dan P dan K, 2003)

Murni, Wahid. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UM Press

NK, Roestiyah, 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Pennycook, A. 1995. “English in the World/The World in English”. In J.Tollefson (Ed), Power and Inequality in Language Education. Cambridge: Cambridge University Press

Richards. 1986. Approaches And Method in Language Teaching. New York: Cambridge University Press

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfa Beta

Sari, Rina. 2007. Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Qur'ani. Malang: UIN

Press Sujiono, Anas. 1991. Pengantar statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Penerbit ISC Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching. New York: Cambridge University Press

Usman, Husaini dkk. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wiraatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya

Zuhairini, dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Fuadah, A. (2023). Implementasi Metode Audio Lingual dalam Peningkatkan Kemampuan Pronunciaton Siswa Kelas VIII. Journal of Education Research, 4(1), 362–371. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.167

Issue

Section

Articles

Citation Check