Implementasi Metode Audio Lingual dalam Peningkatkan Kemampuan Pronunciaton Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.167Abstract
Kendala aspek pelafalan kata atau pronunciation menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual, dan mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pronunciation dengan menggunakan metode Audio-Lingual pada semester I siswa kelas VIII-C MTs Negeri empat Jombang tahun pelajaran dua ribu sembilan belas sampai dua ribu dua puluh. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Hasil penelitian ini adalah: peneliti menggunakan metode Audio-Lingual untuk peningkatan pronunciation siswa VIII-C MTs Negeri empat Jombang, Pelaksanaan penggunaan metode Audio-llingual dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk peningkatan pronunciation siswa kelas VIII-C MTs Negeri empat Jombang, secara umum berjalan lancar dan sesuai rencana, dan terdapat peningkatan dalam setiap pertemuan, dari siklus I sampai siklus II. Adapun peningkatannya; dari segi vowel terdapat peningkatan sebesar empat puluh persen, consonant tiga puluh empat persen, rhythm and word stress dua puluh delapan koma nol tiga persen, intonation tiga puluh tujuh persen, dan fluency sebesar tiga puluh dua persen koma nol dua persen. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan metode Audio-Lingual dapat meningkatkan pronunciation siswa kelas VIII-C MTs Negeri empat Jombang.
Downloads
References
Al-Qur'an Digital
Al-Hasyimi, Syekh Ahmad. Muhtarul Ahadits. Surabaya: Al-Haromain
Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian suatu Tindakan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V. Jakarta: Rhineka Cipta
B. Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Billie, MCunningham. 2008. Using Action Research and The Classroom Learning Environment. Issues in Accounting Education Journal. Sarasota: Feb 2008.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur'an dan Terjemahannya, Bandung: J-ART
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Seklah Dasar dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: CV. Timur Putra Mandiri
Karmina, Sari dkk. 2008. Untuk Anak Usia Dini (Bahan Ajar). Semarang: PGPAUD Universitas Negeri Semarang
Karsidi. 2013. Model Kurikulum Tingkat 2013. Solo: PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Kountur, Ronny, 2005. D. M. S, Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: PPM
Kurniawan, Rita dkk. 2006. Speed Up English. Jakarta: Yudhistira
Larsen, Diane and Freeman. 1986. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford: Oford University Press
Marzuki. 2000. Metodelogi Riset fakultas Ekonomi UII Yogyakarta
Moleong, Lexy J. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya
Mulyani, Anik Sri. Januari 2009. Pemanfaatan Multimedia untuk Menstimulus Imajinasi Penyusunan Kalimat Posessive Pronouns. Jurnal Pendidikan Inovatif. Jurnal JPI No. 1 Volume 4
Mulyasa, E. 2003. Media dan Laboratorium dalam Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) dan P dan K, 2003)
Murni, Wahid. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UM Press
NK, Roestiyah, 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Pennycook, A. 1995. “English in the World/The World in English”. In J.Tollefson (Ed), Power and Inequality in Language Education. Cambridge: Cambridge University Press
Richards. 1986. Approaches And Method in Language Teaching. New York: Cambridge University Press
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfa Beta
Sari, Rina. 2007. Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Qur'ani. Malang: UIN
Press Sujiono, Anas. 1991. Pengantar statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Penerbit ISC Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching. New York: Cambridge University Press
Usman, Husaini dkk. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wiraatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya
Zuhairini, dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Anisatul Fuadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).