Perbedaan Kecerdasan Emosional Antara Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka dan Siswa yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di MAN 3 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1669Keywords:
Kecerdasan Emosional, Pramuka, Komparatif, SiswaAbstract
Kematangan emosi merupakan faktor penting dalam pertumbuhan siswa yang mungkin terkena dampak negatif dari partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan reaksi emosional antara siswa Pramuka dan siswa non Pramuka di MAN 3 Jakarta. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif yang melibatkan analisis komparatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tergabung dalam Pramuka mempunyai kecerdasan emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak tergabung dalam anggota Pramuka, dengan perbedaan kemampuan mengidentifikasi dan mengekspresikan emosi yang signifikan. Semuanya disini menunjukkan bahwa partisipasi dalam komunitas Pramuka dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui interaksi sosial dan kegiatan pengembangan diri.
Downloads
References
Agustika, G. N. S., Kartika, A. A. W., & Wiarta, I. W. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 297. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19454
Anggel Pra Novia, & Nenny Mahyuddin. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak . Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.
Asifudin. (2019). Master Book Pramuka. Syalmahat Pulishing.
Darmawiyanti, I. D. R., & Nuraini, N. (2023). Perbedaan Kecerdasan Interpersonal antara Siswa Anggota Ambalan dan Bukan Siswa Anggota Ambalan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 713. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1359
Cherniss, C., Extein, M., Goleman, D., & Weissberg, R. P. (2006). Emotional intelligence: what does the research really indicate?. Educational psychologist, 41(4), 239-245.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.
Nafhah, A., & Hanafi, I. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Program Layanan Sistem Kredit Semester. Jurnal BK Pendidikan Islam, 1(2), 48–59.
Pusdiklatda DIY Wirajaya. (2012). Buku Panduan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar . PGSD FIP UNY.
Ranasinghe, P., Wathurapatha, W. S., Mathangasinghe, Y., & Ponnamperuma, G. (2017). Emotional intelligence, perceived stress and academic performance of Sri Lankan medical undergraduates. BMC Medical Education, 17(1), 41. https://doi.org/10.1186/s12909-017-0884-5
Ranjbar, M., Montazerfaraj, R., & Pourmahmoodian, M. (2018). The relationship between emotional intelligence with general health and academic achievement: a case study in Iran’s Health system. Bali Medical Journal, 7(2), 505. https://doi.org/10.15562/bmj.v7i2.750
Siti Zumrotus Sa’adah. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Tingkah Laku Peserta Didik Di Mi Al-Hidayah Lajukidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban . Zenodo.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wijayanto Muhamad Noor, Utaminingsih Sri, & Fardani Much Arsyad. (2023). Tugas Mandiri Siswa sebagai Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Peningkatan Kualitas Mengajar Guru. Ideas.
yusuf, M. (2022). Education, Language, and Culture (EDULEC) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kepribadian Siswa Kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. 1, 7–12. https://doi.org/10.56314/edulec.v2i1.26
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Putri Dewi Hidayatisalam, Sigit Muryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).