Perbedaan Kecerdasan Emosional Antara Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka dan Siswa yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di MAN 3 Jakarta

Authors

  • Putri Dewi Hidayatisalam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Sigit Muryono Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1669

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Pramuka, Komparatif, Siswa

Abstract

Kematangan emosi merupakan faktor penting dalam pertumbuhan siswa yang mungkin terkena dampak negatif dari partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan reaksi emosional antara siswa Pramuka dan siswa non Pramuka di MAN 3 Jakarta. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif yang melibatkan analisis komparatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tergabung dalam Pramuka mempunyai kecerdasan emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak tergabung dalam anggota Pramuka, dengan perbedaan kemampuan mengidentifikasi dan mengekspresikan emosi yang signifikan. Semuanya disini menunjukkan bahwa partisipasi dalam komunitas Pramuka dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui interaksi sosial dan kegiatan pengembangan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustika, G. N. S., Kartika, A. A. W., & Wiarta, I. W. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 297. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19454

Anggel Pra Novia, & Nenny Mahyuddin. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak . Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.

Asifudin. (2019). Master Book Pramuka. Syalmahat Pulishing.

Darmawiyanti, I. D. R., & Nuraini, N. (2023). Perbedaan Kecerdasan Interpersonal antara Siswa Anggota Ambalan dan Bukan Siswa Anggota Ambalan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 713. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1359

Cherniss, C., Extein, M., Goleman, D., & Weissberg, R. P. (2006). Emotional intelligence: what does the research really indicate?. Educational psychologist, 41(4), 239-245.

Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.

Nafhah, A., & Hanafi, I. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Program Layanan Sistem Kredit Semester. Jurnal BK Pendidikan Islam, 1(2), 48–59.

Pusdiklatda DIY Wirajaya. (2012). Buku Panduan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar . PGSD FIP UNY.

Ranasinghe, P., Wathurapatha, W. S., Mathangasinghe, Y., & Ponnamperuma, G. (2017). Emotional intelligence, perceived stress and academic performance of Sri Lankan medical undergraduates. BMC Medical Education, 17(1), 41. https://doi.org/10.1186/s12909-017-0884-5

Ranjbar, M., Montazerfaraj, R., & Pourmahmoodian, M. (2018). The relationship between emotional intelligence with general health and academic achievement: a case study in Iran’s Health system. Bali Medical Journal, 7(2), 505. https://doi.org/10.15562/bmj.v7i2.750

Siti Zumrotus Sa’adah. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Tingkah Laku Peserta Didik Di Mi Al-Hidayah Lajukidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban . Zenodo.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wijayanto Muhamad Noor, Utaminingsih Sri, & Fardani Much Arsyad. (2023). Tugas Mandiri Siswa sebagai Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Peningkatan Kualitas Mengajar Guru. Ideas.

yusuf, M. (2022). Education, Language, and Culture (EDULEC) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kepribadian Siswa Kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. 1, 7–12. https://doi.org/10.56314/edulec.v2i1.26

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Hidayatisalam, P. D., & Muryono, S. (2024). Perbedaan Kecerdasan Emosional Antara Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka dan Siswa yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di MAN 3 Jakarta. Journal of Education Research, 5(4), 4722–4727. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1669

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check