Pengaruh Kecakapan Akademik dan Kompetensi Literasi terhadap Kinerja Guru MIN Kabupaten Lima Puluh Kota
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1661Keywords:
Kecakapan Akademik, Kompetensi Literasi, Kinerja GuruAbstract
Terdapat dua faktor yang memengarui kinerja guru yaitu, (1) faktor ekstrinsik berupa situasional, tim, dan kepemimpinan, (2) faktor intrinsik atau individual berupa SDM, komitmen, motivasi, agama, kompetensi, keterampilan, dan pengetahuan yang ada dalam diri. Masalah urgent yang ditemukan adalah belum optimalnya kecakapan akademik guru dipengaruhi oleh kualifikasi, latar belakang profesi, dan pembinaan. Hal ini juga sinkron dengan belum optimalnya kompetensi literasi guru. Sedangkan tuntutan assessment kurikulum merdeka adalah peningkatan kompetensi literasi. Metode pendekatan yang diimplementasikan dalam penelitian kuantitatif ini berupa pendekatan korelasi antar variabel. Lokasi penelitian dan sampel adalah guru MIN Kabupaten Lima Puluh Kota. Uji coba awal dilakukan kepada 30 sampel dari jumlah 74 populasi Berdasarkan hasil uji summary terhadap hipotesis penelitian didapatkan adanya kecakapan akademik memengaruhi kinerja guru MIN di Kabupaten lima puluh kota, yang dibuktikan dengan nilai R senilai 0,136. Sementara dari hasil rumus uji hipotesis diperoleh antar variabel penelitian ditemukan korelasi atau dampak. Hal ini merepresentasikan kecakapan akademik bisa memberikan dampak terhadap kinerja guru sejauh 13,6%. Lalu nilai R pada variabel independen lainnya yaitu kompetensi literasi senilai 0,10 artinya kompetensi literasi memengaruhi sejauh 10% dalam kinerja guru. Adapun nilai correlation table, kecakapan akademik dan kompetensi literasi terhadap kinerja guru senilai 0,625 yang artinya besar pengaruh senilai 62,5%.
Downloads
References
Ahmad, Mualimin, ‘Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah Di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Jeneponto’, Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 2020
Anwar, Pendidikan Kecakapan Hidup, Konsep dan Aplikasi, (Bandung: CV Alfa Beta, 2004), 20.
Alwi, Muhammad, ‘Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3.1 (2021), 2013–15
Arlita, S. E., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Akademik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 8-14.
Arnywaty, C B, Slameto, And Wasitohadi, ‘Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Madrasahuntuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sd’, Jurnal Ilmiah Konseling, 19.2 (2020)
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi literasi digital bagi guru dan pelajar di lingkungan sekolah kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98-104.
Astuti, Sinta Indi, Septo Pawelas Arso, And Putri Asmita Wigati, Metode Penelitian Sosial, Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Kota Semarang, 2015, III
Azzahra, Nadia Fairuza, ‘Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19’ (Center For Indonesia Policy Studies, 2020), Pp. 1–9
Berliani, Teti, Rina Wahyuni, Rika Lenny, And Sisilia, ‘Equity In Education Journal (Eej)’, Equity In Education Journal (Eej), 3 (2021), 1–10
B. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), 16.
David, Raluca, Arnaldo Pellini, Katy Jordan, And Toby Philips, ‘Education During The Covid-19 Crisis’, 2020
Direktorat Jendral Pendidikan Dan Kebudayaan, Panduan Supervisi Akademik (Jakarta, 2017)
Fauziah, ‘Penelitian Kualitatif’, 2015
Fattah, Nanang, landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008), 49
Hartanto, Setyo, And Sodiq Purwanto, ‘Supervisi Dan Penilaian Kinerja Guru’ (Direktoral Jendra Guru Dan Tenaga Kependidikan, 2019)
Herawati, Murniati, And Yusrizal, ‘Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasahpada Smp 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar’,
Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3.2 (2015), 59–68
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, And Heru Kuswanto, ‘Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (2020)
Irene, Siti Astuti D. Pengembangan Kecakapan Hidup (Academic kecakapan s)melalui Peranan Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak. (Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan Februari. LPM UNY),
Jaya, Surya, Supervisi Akademik Berbasis Kolaborasi (Lombok Barat: Penerbit Rehal, 2020)
Kasmawati, ‘Pemanfaatan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemi Covid - 19 Pada Sekolah Binaan Di Kabupaten Takalar’, Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulawesi Selatan, 1.2 (2020), 142–47
Kementerian Agama Republik Indonesia, ‘Panduan Kerja Kepala Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19’ (Jakarta: Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Madrasah, 2020)
———, ‘Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Noomor 29 Tahun 2004 Tentang Kepala Madrasah’
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, ‘Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota : Kab. Lima Puluh Kota’
Larasati, ‘Proses Dan Teknik Supervisi’, 2019, 1–5
Martoredjo, Nikodemus Thomas, ‘Pandemi Covid-19 : Ancaman Atau Tentangan Bagi Sektor Pendidikan ?’, 2
Ma’mur, Jamal Asmani, Sekolah Academic kecakapan s, Lulus Siap Kerja. (Yogyakarta: Diva Press, 2009)
Miyono, N., Muhdi, M., Nyoman, N. A., & Wuryani, T. (2019). Pengaruh soft kecakapan pendidik dan efikasi diri terhadap stres akademik siswa madrasah aliyah negeri kabupaten semarang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 5(1), 45-56.
Moch Yasykur, ‘Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru’, Jurnal Pendidikan, 02.03 (2018), 129–38
Mulyana, Nana, Pengembangan Kemampuan Supervisi Akademik Bagi Kepala Madrasah(Tasikmalaya: Edu Publisher, 2019)
Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk kompetensi literasi untuk siswa sekolah dasar. Litera, 15(1).
Nashihin, ‘Peranan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Pendidikan Di Madrasah’, Jurnal Ummul Quro, Vii.1 (2016), 87–98
Nugrahani, Farida, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Jakarta, 2014)
———, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Surakarta, 2014)
Putra, A. E., Rohman, M. T., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201-211.
Pardjono. Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (Academic kecakapan s). (Dimuat dalam UNY edisi Mei 2002 oleh LPM-UNY)
Pardjono. Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (Academic kecakapan s). (Dimuat dalam UNY edisi Mei 2002 oleh LPM-UNY)
Prasanti, Ditha, ‘Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan’, Jurnal Lontar, 6.1 (2018)
Prasojo, Lantip Diat, And Sudiyono, Supervisi Pendidikan (Yogyakarta: Gava Media, 2011)
Profil Kabupaten Lima Puluh Kota, 2013
Putri, Ririn Noviyanti, ‘Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20.2 (2020), 705
Rijali, Ahmad, ‘Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali Uin Antasari Banjarmasin’, Jurnal Al Hadharah, 17.33 (2018), 81–95
Salamah, U. (2019). Peningkatan kualitas Pendidikan melalui kualifikasi dan kompetensi akademik. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 61-73.
Sekolahkita, ‘Data Sekolah’, Sekolahkita, 2021
Soplera, Marthen L., ‘Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasahpada Sma Negeri 1 Tns Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah’, Kamboti Jurnal Of Education Research And Development, 1 (2021)
Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
Sulistyani, ‘Supervisi Akademik Kepala Madrasahdasar Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Di Sd 1 Prambatan Kidul Kudus Tahun 2020 )’, Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15.1 (2021)
Suradi, A, ‘Academic Supervision Of Headmaster On Teacher Performance Of Islamic Religious In Elementary School 79 Bengkulu City’, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5 (2018)
Sutrianto, et al., Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas (Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016), 8-14.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Misfa Misfa, M. Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).