Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Media Maze Berbasis Bahan Bekas
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1656Keywords:
Motorik Halus Anak, Media Maze, Bahan Bekas, Peserta DidikAbstract
Upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui media Maze dilakukan agar anak mampu melibatkan seluruh motorik halusnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui media Maze berbasis bahan bekas pada peserta didik Taman TK Tunas Harapan Kaliba Mamase. Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan desain penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini yaitu peserta di TK Tunas Harapan Kaliba Mamase. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan motorik halus peserta didik. Data yang diperoleh di analisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan tahapan analisis data primer dan sekunder yaitu reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media maze berbasis bahan bekas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didik TK Tunas Harapan. Pada siklus I kemampuan motorik halus anak mencapai persentase 46,5% kategori mulai berkembang (MB) dan pada siklus II meningkat menjadi 77% kategori berkembang sangat baik (BSB).
Downloads
References
Agustina, S., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33
Fathia, R. Al, Nugraha, A., & Ratri, D. (n.d.). Analisis Permainan Sensory Play DIY ( Do It Yourself ) di Rumah yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak. 6.
Haenilah, Y. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Media Akademi, 3(1).
Hasballah, J., Fitriani, D., & Sariani, R. (2021). Pengembangan Media Maze Hijaiyyah Untuk Menstimulasi Minat Membaca Iqra’Pada Anak Usia Dini. Education, Science, and ….
Latif, M., Zukhairia., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini, 2(1).
Marlina, S Qalbu Z & Putra, R. (2020). Efektivitas kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baituridha Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 83.
Munawwaroh, A. U., Wijaanti, A., & Koesmadi, D. P. (2020). Pengembangan Media Maze Alur Tulis Pada Perkembangan Motorik Halus ( Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumber Pangkur Ngawi). Jurnal CARE, 8(1). https://core.ac.uk/download/pdf/229499766.pdf
Nina Astria, Made Sulastri, M. M. (2015). PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS. 3(1). https://doi.org/Th20015e
Purwandari, E., Handayani, N,. Agusta, O. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosinal Anak Usia Dini (AUD) Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trumojoyo. : : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 47–55.
Ramadhan, G., Mariyati, L. I., Maulana, M. A., Sofy, A., & Suhermanto. (2024). Pelatihan Guru : Membuat Permainan Stimulasi Kognitif Dan Motorik Dari Bahan Bekas. JSCS : Journal of Social Community Service, 01(01), 53–61. https://journal.antispublisher.com/index.php/jscs/index PELATIHAN
S, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dan Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Safira, S., & Fidesrinur, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Maze Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.562
Setyowati, N. D. (2018). Penerapan Permainan Kreatif Mencari Harta Karun Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(2).
Soleha, A. M., Yasbiati, Y., & Muslihin, H. Y. (2020). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Maze Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 175–186. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24543
Suci, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 93–102. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.708
Sukmawati, H. (2019). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Permainan Menjiplak Menjadi Gambar Usia 5-6 Tahun Di Tk Q An-Nur.
Veronika, N. (2019). Kemampuan Mengelompokkan Benda Berdasarkan Jenisnya. UM Surabaya Publishing, 4(2).
Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Permainan Maze Tiga Dimensi Pada Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Di Tk Pgri I Jogorogo Ngawi. Jurnal Pendidikan Modern, 4(3), 18–27. https://doi.org/10.37471/jpm.v4i3.10
Yuliasari, N,. Sumarni, S,. & Rukiyah, R. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Busy Board untuk Motorik Halus Anak Kelompok A di taman Kanak-Kanak. Tumbuh Kembang. Jurnal Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(1).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wijayanti Landung, Wahyuni Ulpi, Hajeni Hajeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).