Posisi Tangan Ketika Takbir dalam Shalat: Pendekatan Jam’u Wa Tawfiq
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1653Keywords:
Takbir, Tangan, Bahu, TelingaAbstract
Gerakan tangan ketika takbir dalam shalat secara faktual berbeda-beda. Ada yang mengangkat tangan di depan dada ada juga yang mengangkat tangan diantara telinga dan bahu. Semua gerakan tersebut disandarkan pada hadis. Dalam memahami hadis-hadis yang terlihat bertentangan ada beberapa metode yang digunakan, antara lain tarjih, nasakh, jam’u wa tawfiq, dan tasaqut. Dalam permasalahan ini metode yang paling sesuai adalah al-jam’u wa tawfiq. Berdasarkan dari hal itulah maka formula masalah yang akan dijawab adalah bagaimana memahami hadis mengenai posisi tangan ketika takbir dalam shalat dengan menggunakan metode al-jam’u wa tawfiq? Artikel ini bertujuan memahami hadis tentang mengangkat tangan ketika shalat dengan metode al-jam’u wa tawfiq. Penelitian ini termasuk studi hadis tematik dengan metode al-jam’u wa tawfiq. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: Pertama, mengumpulkan semua hadis terkait tema. Kedua, menentukan kualitas hadis-hadis. Ketiga, membahas persoalan kebahasaan. Keempat, menerapkan prinsip al-jam’u wa tawfiq dalam memahami hadis-hadis tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini ada dua: Pertama, hadis-hadis yang membahas mengenai gerakan tangan ketika takbir dalam shalat baik dari jalur Ibnu ‘Umar dan Wāil semuanya sahih dan sama-sama kuat. Kedua, berdasarkan pendekatan al-jam’u wa tawfiq maka gerakan tangan ketika takbir dalam shalat yang sesuai adalah posisi tangan ketika takbir berada di atas bahu dengan ibu jari yang dekat dengan telinga.
Downloads
References
‘Abdu al-Shamad ad-Dārimīy. (2000). Musnad Ad-Dārimīy. Dār Al-Mughnīy linasyri wa al-Tawī’.
‘Alī, A. Y. A. ibnu. (1984). Musnad Abī Ya’lā. Dār al-Ma’mūn li at-Turāṣ.
‘Īd, A. ‘Amrū Y. ibnu M. F. ‘Alī. (2022). Faḍlu Al-Rahīm Al-Wadūd Tahrīj Sunan Abī Dāwud. Dār ibnu al-Jawzī.
’Azami, M. M. (1996). Metode Kritik Hadis (A. Yamin (penerj.); 2 ed.). Pustaka Hidayah.
Abū Bakri ‘Abdu al-Razāq ibnu Hamām al-Shan’ānīy. (2013). Al-Mushannaf (II). Dār al-Ta’shīl.
Abū Ḥātim Muḥammad ibnu Ḥibān. (2012). Shāḥīḥ ibnu Ḥibān. Dār Ibnu Ḥazm.
Afrohah. (2021). Metode Pemecahan Kontradiksi Dalil dalam Kitab Jam’u al-Jawami’. Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, 3 (1), 115–137.
Al-Baihaqi. (2003). Sunan Al-Kubrā. Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Al-Hajjāj, A. al-H. M. ibn. (2000). Shahīh Muslim II. Dār as-Salām.
Al-Imām Ahmad ibn Hanbal. (2001). Al-Musnad Al-Imām Ahmad ibn Hanbal. Mu’asasah al-Risālat.
Al-Ju’fīy, A. ‘Abdillah M. ibn I. al-B. (1993). Shahīh al-Bukhāriy. Dār Ibnu Kathīr.
Al-Mizīy, J. al-D. A. H. Y. (1992). Tahżību Al-Kamāl Fī Asmā’i Ar-Rijāl (XXXII). Muassasah al-Risālah.
Al-Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab Indonesia. Pustaka Progresif.
Al-Nasā’ī, A. ‘Abdurrahman A. ibnu S. (2001). As-Sunan al-Kubrā. Mu’asasah al-Risālat.
Al-Sijistānīy, A. D. S. ibnu al-‘Asy’ath al-A. (2009). Sunan Abīy Dāwud. Dār al-Risālat al-‘Ālimiyah.
Al-Syāfi’i. (2004). Musnad al-Imām al-Syāfi’ī. Syarakat Gharāsu Linasyri wa al-Tawzī’.
Amrulloh, A., Ansori, M. H. Al, Ali, U., & Muksi, M. (2024). Aneka Metode Dan Pendekatan Dalam Studi Hadis. Ushuly: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 2(2), 161–183.
An-Nasā’ī. (1930). Sunan An-Nasā’ī. Al-Maktabatu al-Tijāriyah al-Kubrā.
At-Tirmiżī, A. ‘Īsā M. ibnu ‘Īsā. (1996). Jāmi’ Al-Kabīr. Dār al-Gharbu al-Islāmī.
Athiyyah, V. S. (2024). Penyelesaian Kontradiksi Dalil Melalui Metode Al-Jam’u Wa Al-Taufiq Dan Nasakh. Al Irsyad: Jurnal Studi Islam, 3(1), 29–42.
Baalbaki, R. (1995). Mawrid: Modern English-Arab Dictionary (7 ed.). Dar El-Ilm Lilmalayin.
Balya Ziaulhaq Achmadin; M. Imamul Muttaqin. (2022). Ta’arudh Al-Adillah: Problem Solving Methods of Islamic Law. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, Vol. 17 No, 1–15.
Fariq, M. A., Salim, M., Muhammad, F. S., Muttaqin, M. I., Putra, A. R. K., & Anam, H. M. A. (2024). Ta’arudh Al-Adillah Dan Tarjih: Metode Memahami Konsep Dalil Maupun Hadist Dalam Teori Penyelesaian Hukum Islam. Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, 3(4), 1–12.
Faruq, U. Al, Az-Zahra, M., R.F, M. F., & Aqil, I. (2024). Pengaruh perbedaan pendapat ulama terhadap tasyri. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah, 4(3), 1–7.
Hanbali, A.-I. A. ibn. (1995). Al-Musnad (1 ed.). Dār al-Hadīth.
Ibnu Mājah Abū ‘Abdillah. (2010). Sunan ibnu Mājah. Dār Ihyā’ al-Kutub al-‘Arabiyah.
Khairuddin. (2010). Metode Penyelesaian Hadits Mukhtalif (Kajian Ta’arudh al-Adillah). SUBSTANTIA, Vol. 12, N, 47-85.
Mālik ibnu Anas. (1985). Al-Muwaṭā. Dār Ihyā’ al-Turāṣ al-‘Arabīy.
Muḥammad ibnu Abī Syaibah. (2015). Al-Mushannaf. Dār Kunūz Isbiliyā li an-Nasyri wa al-Tawzī’.
Muhammad ibnu Isḥāq ibnu Khuzaimah. (2003). Shaḥīḥ ibnu Khuzaimah (3 ed.). Al-Maktab Al-Islāmīy.
Quṭnīy, A. al-Ḥasan ‘Ālī ibnu ‘Umar ad-D. (2004). Sunan Ad-Dāru Quṭnīy. Muasasah al-Risālah.
Sari, E. (2022). Langkah-Langkah Studi Hadis Tematik. Jurnal Al-Dirayah, 9(1), 1–12.
Wafa, M. (2001). Metode Tarjih atas Kontradiksi Dalil-dalil Syara’ (Muslich (ed.)). Penerbit Al-Izzah.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hatib Rachmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).