Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah Unggul di Lingkungan Lahan Basah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1636Keywords:
BANGKIT, Digitalisasi, Sekolah Unggul, Lahan Basah, Sekolah DasarAbstract
Implementasi program BANGKIT yang merupakan luaran penelitian kami tahun 2023 telah membawa dampak positif bagi sekolah. Program BANGKIT terbukti efektif mampu menggali potensi siswa, bahkan program tersebut telah dikembangkan oleh beberapa sekolah unggul dengan basis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pola digitalisasi (1) program bermoral; (2) program agamis, (3) program literasi dan numerasi, (4) program Gerakan peduli lingkungan pada sekolah unggul, (5) program informasi dan teknologi, (6) program agamis pada sekolah unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus yang dilakukan pada multi situs, yakni 3 kasus sekolah unggul yang telah melakukan digitalisasi program BANGKIT di Kota Banjarmasin. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan mengacu indikator program BANGKIT yang dikombinasikan dengan kriteria sekolah unggul. Analisis data penelitian menggunakan analisis data interaktif yang meliputi: data condensation, Data display, Conclusions drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga sekolah telah melakukan digitalisasi dengan ciri khas masing-masing sesuai dengan karakteristiknya. Perencanaan pengelolaan Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah Unggul di Kota Banjarmasin dengan kategori pencapaian sangat baik. Pelaksanaan pengelolaan Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah Unggul di Kota Banjarmasin dengan kategori pencapaian baik. Pengawasan pengelolaan Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah Unggul di Kota Banjarmasin dengan kategori pencapaian baik
Downloads
References
Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi dan ketimpangan pendidikan: studi kasus terhadap guru sekolah dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1-12.
Awwaliyah R. Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. (2019). INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1):35-52.
Erwani, E., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Penerapan program kepala sekolah terhadap kemampuan guru dalam menggunakan informasi teknologi dan literasi digital di sekolah dasar. Journal of Education Research, 4(3), 957-963.
Fitriyah CZ, Wardani RP. (2022). Paradigma kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3):236-43.
Habibah M. (2022). Pengembangan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Sittah: Journal of Primary Education, 3(1):76-89.
Hardi VA, Rizal MS. (2022) Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karateristik Pembelajar Muda pada Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 4(4):1398-407.
Hibana H, Surahman S. (2021). Kompetensi digital guru dalam upaya meningkatkan capaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3):607-15.
Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan budaya membaca siswa melalui literasi digital dalam pembelajaran dan program literasi sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987-4998.
Isma CN, Rahmi R, Jamin H. (2022). Urgensi digitalisasi pendidikan sekolah. AT-TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 31:129-41.
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279.
Komarudin TS, Shofiyyah NA. (2019). Model Pengembangan Sekolah Unggul. Innovative: Journal Of Social Science Research. 3(2):3814-24.
Miles MB, Huberman AM. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. CA: sage
Noorhapizah N, Prihandoko Y, Pratiwi DA, Saputra MD. (2024). Effectiveness of the ‘BANGKIT’Program to Support the Implementation of ‘Merdeka’Curriculum in Primary Schools in a Wetland Environment. Journal of Education Method and Learning Strategy, 2(01):8-16.
Pratiwi EI, Ismanti SP, Zulfa RF, Jannah K, Fauzi I. (2023). Impresi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran SD/MI. Al-Ibanah, 8(1):1-2.
Raharjo SB, Yuliana L. (2016). Manajemen sekolah untuk mencapai sekolah unggul yang menyenangkan: Studi kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (2):203-17.
Robert K. Yin. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Roziqin Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1;1(1):44-56.
Saufi A, Hambali H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 30;3 (1):29-54.
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600-4611.
Tamam B, Muadin A. (2019). Implementasi Edupreuneurship Dalam Pembentukan Karakter Sekolah Unggul. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 10;5(1):13-21.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Noorhapizah Noorhapizah, Agus Rifani Syaifudin, Yogi Prihandoko, Diani Ayu Pratiwi, Akhmad Riandy Agusta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).