Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah Unggul di Lingkungan Lahan Basah

Authors

  • Noorhapizah Noorhapizah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia, Indonesia
  • Agus Rifani Syaifudin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia, Indonesia
  • Yogi Prihandoko Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia, Indonesia
  • Diani Ayu Pratiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia, Indonesia
  • Akhmad Riandy Agusta Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1636

Keywords:

BANGKIT, Digitalisasi, Sekolah Unggul, Lahan Basah, Sekolah Dasar

Abstract

Implementasi program BANGKIT yang merupakan luaran penelitian kami tahun 2023 telah membawa dampak positif bagi sekolah. Program BANGKIT terbukti efektif mampu menggali potensi siswa, bahkan program tersebut telah dikembangkan oleh beberapa sekolah unggul dengan basis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pola digitalisasi (1) program bermoral; (2) program agamis, (3) program literasi dan numerasi, (4) program Gerakan peduli lingkungan pada sekolah unggul, (5) program informasi dan teknologi, (6) program agamis pada sekolah unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus yang dilakukan pada multi situs, yakni 3 kasus sekolah unggul yang telah melakukan digitalisasi program BANGKIT di Kota Banjarmasin. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan mengacu indikator program BANGKIT yang dikombinasikan dengan kriteria sekolah unggul. Analisis data penelitian menggunakan analisis data interaktif yang meliputi: data condensation, Data display, Conclusions drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga sekolah telah melakukan digitalisasi dengan ciri khas masing-masing sesuai dengan karakteristiknya. Perencanaan pengelolaan Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah  Unggul di Kota Banjarmasin dengan kategori pencapaian sangat baik. Pelaksanaan pengelolaan Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah  Unggul di Kota Banjarmasin dengan kategori pencapaian baik. Pengawasan pengelolaan Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah  Unggul di Kota Banjarmasin dengan kategori pencapaian baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi dan ketimpangan pendidikan: studi kasus terhadap guru sekolah dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1-12.

Awwaliyah R. Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. (2019). INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1):35-52.

Erwani, E., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Penerapan program kepala sekolah terhadap kemampuan guru dalam menggunakan informasi teknologi dan literasi digital di sekolah dasar. Journal of Education Research, 4(3), 957-963.

Fitriyah CZ, Wardani RP. (2022). Paradigma kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3):236-43.

Habibah M. (2022). Pengembangan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Sittah: Journal of Primary Education, 3(1):76-89.

Hardi VA, Rizal MS. (2022) Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karateristik Pembelajar Muda pada Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 4(4):1398-407.

Hibana H, Surahman S. (2021). Kompetensi digital guru dalam upaya meningkatkan capaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3):607-15.

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan budaya membaca siswa melalui literasi digital dalam pembelajaran dan program literasi sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987-4998.

Isma CN, Rahmi R, Jamin H. (2022). Urgensi digitalisasi pendidikan sekolah. AT-TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 31:129-41.

Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279.

Komarudin TS, Shofiyyah NA. (2019). Model Pengembangan Sekolah Unggul. Innovative: Journal Of Social Science Research. 3(2):3814-24.

Miles MB, Huberman AM. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. CA: sage

Noorhapizah N, Prihandoko Y, Pratiwi DA, Saputra MD. (2024). Effectiveness of the ‘BANGKIT’Program to Support the Implementation of ‘Merdeka’Curriculum in Primary Schools in a Wetland Environment. Journal of Education Method and Learning Strategy, 2(01):8-16.

Pratiwi EI, Ismanti SP, Zulfa RF, Jannah K, Fauzi I. (2023). Impresi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran SD/MI. Al-Ibanah, 8(1):1-2.

Raharjo SB, Yuliana L. (2016). Manajemen sekolah untuk mencapai sekolah unggul yang menyenangkan: Studi kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (2):203-17.

Robert K. Yin. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Roziqin Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1;1(1):44-56.

Saufi A, Hambali H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 30;3 (1):29-54.

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600-4611.

Tamam B, Muadin A. (2019). Implementasi Edupreuneurship Dalam Pembentukan Karakter Sekolah Unggul. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 10;5(1):13-21.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Noorhapizah, N., Syaifudin, A. . R., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2024). Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah Unggul di Lingkungan Lahan Basah. Journal of Education Research, 5(4), 4604–4611. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1636

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check