Efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Authors

  • Eva Pebri Ningsih Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Sefna Rismen Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Yulia Haryono Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.1635

Keywords:

Efektivitas, Pemecahan masalah matematika, PBL

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih kurang dan selama proses pembelajaran berlangsung siswa belum aktif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari sebelum menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi exsperimen dengan bentuk desain one grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPT SMP N 4 Painan tahun pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 1 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah Uji-t berpasangan. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh ????i????????????g = 2,02 pada taraf nyata ???? = 0,05 dengan ???????????????????????? = 1,71. Karena ????i????????????g < ???????????????????????? maka tolak ???????? artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah menerapkan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menerapkan model Problem Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. (2008). Learning to Teach (H. Prajitno & S. Mulyani, Penerj.). McGraw Hill Company. (Karya asli diterbitkan di New York).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Buku Panduan Penyusunan Proposal dan Pelaporan. Dirjen Dikdasmen.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Hakim, M. A. A., Sunarto, & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret, 2(2), 1–13.

Hetty Marhaeni, N. (2021). Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(2), 85–96. https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7607

Jana, P., & Supiati, E. (2019). Efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 88–93. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.745

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama.

Lie, A. (2010). Cooperatif Learning. PT Ciputat Press.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.

Ningsih, E., Haryono, Y., & Mardiyah, A. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 549–561. (Perlu konfirmasi nama jurnal lengkap dan volume/isu jika tersedia).

Nurlatifah. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 25–34. https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.41

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45.

Putri, S., Maya, F., & Hanatul, Z. (2024). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7, 724–730. (Perlu konfirmasi nama jurnal lengkap dan volume/isu jika tersedia).

Rezeki Saputri, T. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Tpack Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pola Barisan. (Jenis publikasi tidak jelas, kemungkinan skripsi/tesis. Jika demikian, perlu format yang sesuai).

Riani, N. (2023). Efektifitas Project Based Learning (Pjbl) Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 24–31. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.615

Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsive. Jurnal Gantang, 61–68. (Perlu konfirmasi volume/isu dan DOI jika tersedia).

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Sutarto, Dafik, Hastuti, I. D., & Surahmat. (2019). The effectiveness of problem-based learning to improve students’ conjecturing ability in solving block-paving problems. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 63–68.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Sumantri, S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Dasar. PT Raja Grafindo.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Downloads

Published

2025-07-12

How to Cite

Ningsih, E. P., Rismen, S., & Haryono, Y. (2025). Efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa . Journal of Education Research, 6(3), 670–676. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.1635

Issue

Section

Articles

Categories