Efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.1635Keywords:
Efektivitas, Pemecahan masalah matematika, PBLAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih kurang dan selama proses pembelajaran berlangsung siswa belum aktif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari sebelum menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi exsperimen dengan bentuk desain one grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPT SMP N 4 Painan tahun pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 1 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah Uji-t berpasangan. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh ????ℎi????????????g = 2,02 pada taraf nyata ???? = 0,05 dengan ???????????????????????? = 1,71. Karena ????ℎi????????????g < ???????????????????????? maka tolak ???????? artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah menerapkan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menerapkan model Problem Based Learning.
Downloads
References
Arends, R. (2008). Learning to Teach (H. Prajitno & S. Mulyani, Penerj.). McGraw Hill Company. (Karya asli diterbitkan di New York).
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Buku Panduan Penyusunan Proposal dan Pelaporan. Dirjen Dikdasmen.
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517
Hakim, M. A. A., Sunarto, & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret, 2(2), 1–13.
Hetty Marhaeni, N. (2021). Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(2), 85–96. https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7607
Jana, P., & Supiati, E. (2019). Efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 88–93. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.745
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama.
Lie, A. (2010). Cooperatif Learning. PT Ciputat Press.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.
Ningsih, E., Haryono, Y., & Mardiyah, A. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 549–561. (Perlu konfirmasi nama jurnal lengkap dan volume/isu jika tersedia).
Nurlatifah. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 25–34. https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.41
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45.
Putri, S., Maya, F., & Hanatul, Z. (2024). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7, 724–730. (Perlu konfirmasi nama jurnal lengkap dan volume/isu jika tersedia).
Rezeki Saputri, T. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Tpack Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pola Barisan. (Jenis publikasi tidak jelas, kemungkinan skripsi/tesis. Jika demikian, perlu format yang sesuai).
Riani, N. (2023). Efektifitas Project Based Learning (Pjbl) Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 24–31. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.615
Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsive. Jurnal Gantang, 61–68. (Perlu konfirmasi volume/isu dan DOI jika tersedia).
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Sutarto, Dafik, Hastuti, I. D., & Surahmat. (2019). The effectiveness of problem-based learning to improve students’ conjecturing ability in solving block-paving problems. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 63–68.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Sumantri, S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Dasar. PT Raja Grafindo.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Eva Pebri Ningsih, Sefna Rismen, Yulia Haryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).