Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreativ Matematis Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1621Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif SiswaAbstract
Menurut hasil PISA 2022 yang dikeluarkan oleh OECD, Indonesia mengalami perubahan peringkat, namun tidak semuanya positif. Meskipun peringkat naik, nilai rata-rata matematika siswa justru menurun dari 379 pada PISA 2018 menjadi 366 pada PISA 2022, penurunan sebesar 13,1 poin. Penurunan ini menunjukkan bahwa meskipun ada perbaikan relatif, kemampuan matematika siswa Indonesia secara absolut menurun, yang menjadi perhatian serius. Matematika adalah bidang penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, sehingga guru dituntut menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dengan sampel 48 orang, hasil uji regresi dummy menunjukkan korelasi positif sebesar 0,713 antara pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berpikir kreatif, dengan koefisien determinasi 50,8%, yang berarti setengah dari variasi kemampuan ini dijelaskan oleh pembelajaran berbasis proyek.
Downloads
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562
Fitra, R., Meiliasari, & EL Hakim, L. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.266
Mada, G. S., Dethan, N. K. F., & Luan, F. (2022). Model regresi dummy indeks prestasi akademik mahasiswa program studi matematika faperta Unimor. Journal of Mathematics Theory and Applications, 1(1), 9–21. http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/J-Math/article/view/3759
Muhammad Rafik, Vini Putri Febrianti, Afifah Nurhasanah, & Siti Nurdianti Muhajir. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80–85. https://doi.org/10.21009/jpi.051.10
OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1262
Suwanti, S., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 303–314. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1263
Trisna Tengke, V., M. Tumbel, F., & L.I.M. Ogi, N. (2023). Pengaruh Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Secara Daring di SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Sains Pendidikan Biologi, 4, 32–39.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI / SD (O. K. Banurea (ed.); 1 ed., Nomor 57). CV. Widya Puspita. https://core.ac.uk/download/pdf/196543227.pdf
Wulandari, A. S., Suardana, N., Pande, N. L., & Devi, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2.
Wulandari, R., Suwarto, S., & Novaliyosi, N. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Ruang pada Pembelajaran Daring dengan Model Discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 197–206.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Rina Oktaviani Situmorang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).