Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, dan Partisipasi Guru dalam Kegiatan Kelompok Kerja Guru, Serta Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Tegal

Authors

  • Muji Rahayu Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Maufur Maufur Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1617

Keywords:

Supervisi, Kelompok Kerja Guru, Platform Merdeka Mengajar, Profesionalisme

Abstract

PMM merupakan sebuah platform digital yang menyediakan berbagai layanan dan konten pembelajaran untuk mendukung implementasi Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, 2) pengaruh partisipasi guru dalam kelompok kerja guru (KKG) terhadap profesionalisme guru, dan 3) pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM) terhadap profesionalisme guru, serta 4) supervisi kepala sekolah, partisipasi guru dalam kelompok kerja guru, dan pemanfaatan platform merdeka mengajar terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di kabupaten tegal. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel 100 guru sekolah dasar di kabupaten tegal dengan analisis deskripsi dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah, partisipasi guru dalam kegiatan kkg, dan pemanfaatan platform merdeka berpengaruh terhadap profesional guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Tegal. Kesimpulannya adalah 1) supervisi kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap professional guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Tegal,  2) partisipasi guru dalam kegiatan KKG berpengaruh signifikan terhadap professional guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Tegal, 3) pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) berpengaruh signifikan terhadap professionalisme guru sekolah dasar di Wilayah Kabupaten Tegal, 4) supervisi kepala sekolah, partisipasi guru dalam kegiatan KKG, dan pemanfaatan platform merdeka mengajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesional guru sekolah dasar di Wilayah Kabupaten Tegal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmaddien, Iskandar., Syarkani, Yofi. (2019). Statistika Terapan dengan Sistem SPSS. Bandung: ITB Press.

Jumiati Siska, Dkk. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Sekola Di Bengkulu Utara. https://ejournal.45mataram.ac.id/index. php/swarna/article /view/190.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompri, (2015). Manajemen Pendidikan. Cet: 3. Bandung: Alfabeta.

Kompri, (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana

Lena, MS. Dkk, (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan Vol.1: 13-14.

Mukhtar dan Iskandar, (2019). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: GP Press.

Mulyasa, E, (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya

Tono, SN., (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajara pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Jurnal: UPI Inovasi Kurikulum. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK.

Wahab, (2011). Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: Robar Bersama.

Wahjosumidjo, (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah,(Tujuan Teoritik dan Permasalahannnya). Jakarta: Raja Grafindo persada.

Yunus. (2016). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Lentara Pendidikan.

Yusutria. (2017). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38-46

Zukhaira, dan Purnama, R. (2013). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-guru Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. Jurnal: Rekayasa, 11(1), 67-74

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Rahayu, M., Hartinah, S., & Maufur, M. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, dan Partisipasi Guru dalam Kegiatan Kelompok Kerja Guru, Serta Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Tegal. Journal of Education Research, 5(4), 4578–4585. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1617

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>