Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, dan Partisipasi Guru dalam Kegiatan Kelompok Kerja Guru, Serta Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Tegal
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1617Keywords:
Supervisi, Kelompok Kerja Guru, Platform Merdeka Mengajar, ProfesionalismeAbstract
PMM merupakan sebuah platform digital yang menyediakan berbagai layanan dan konten pembelajaran untuk mendukung implementasi Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, 2) pengaruh partisipasi guru dalam kelompok kerja guru (KKG) terhadap profesionalisme guru, dan 3) pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM) terhadap profesionalisme guru, serta 4) supervisi kepala sekolah, partisipasi guru dalam kelompok kerja guru, dan pemanfaatan platform merdeka mengajar terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di kabupaten tegal. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel 100 guru sekolah dasar di kabupaten tegal dengan analisis deskripsi dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah, partisipasi guru dalam kegiatan kkg, dan pemanfaatan platform merdeka berpengaruh terhadap profesional guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Tegal. Kesimpulannya adalah 1) supervisi kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap professional guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Tegal, 2) partisipasi guru dalam kegiatan KKG berpengaruh signifikan terhadap professional guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Tegal, 3) pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) berpengaruh signifikan terhadap professionalisme guru sekolah dasar di Wilayah Kabupaten Tegal, 4) supervisi kepala sekolah, partisipasi guru dalam kegiatan KKG, dan pemanfaatan platform merdeka mengajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesional guru sekolah dasar di Wilayah Kabupaten Tegal
Downloads
References
Ahmaddien, Iskandar., Syarkani, Yofi. (2019). Statistika Terapan dengan Sistem SPSS. Bandung: ITB Press.
Jumiati Siska, Dkk. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Sekola Di Bengkulu Utara. https://ejournal.45mataram.ac.id/index. php/swarna/article /view/190.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kompri, (2015). Manajemen Pendidikan. Cet: 3. Bandung: Alfabeta.
Kompri, (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana
Lena, MS. Dkk, (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan Vol.1: 13-14.
Mukhtar dan Iskandar, (2019). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: GP Press.
Mulyasa, E, (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya
Tono, SN., (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajara pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Jurnal: UPI Inovasi Kurikulum. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK.
Wahab, (2011). Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: Robar Bersama.
Wahjosumidjo, (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah,(Tujuan Teoritik dan Permasalahannnya). Jakarta: Raja Grafindo persada.
Yunus. (2016). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Lentara Pendidikan.
Yusutria. (2017). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38-46
Zukhaira, dan Purnama, R. (2013). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-guru Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. Jurnal: Rekayasa, 11(1), 67-74
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muji Rahayu, Sitti Hartinah, Maufur Maufur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).