Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1616Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP IT As Salam, Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah kepala sekolah dan seluruh guru di SMP IT As Salam, Kota Malang yang berjumlah 15 sampel. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji F Anova dan uji koefisiensi R Square menunjukkan hasil penelitian bahwa kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah secara simultan memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja guru. Variabel kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru, terutama dalam hal kepribadian, pengetahuan, dan pemahaman terhadap visi dan misi sekolah. Sementara itu, variabel motivasi kepala sekolah juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru, terutama dalam hal memberikan dukungan dan pengakuan atas kinerja guru. Oleh karena itu, kepala sekolah dan staf pengajar perlu memperhatikan faktor-faktor ini untuk meningkatkan kinerja guru dan memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa.
Downloads
References
Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.135
Ayudia, I., Darwiyanti, A., Dumiyati, Purnomo, D., Herlina, Hamda, E. F., Rosyid, A., Azizah, H. N., Suyuti, Heriansyah, Sampe, F., Susilowaty, N., Soleah, S., & Rafli, M. F. (2022). Manajemen Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Djafar, H., & N, N. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di Smk Muhammadiyah 3 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064
Fatikah, N., & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989
Fattah, N. (2012). Analisis kebijakan pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342
Hasra, H., Asyarah, W. N., & Azainil, A. (2024). Kepemimpinan Profesionalisme Kepala Sekolah Berbasis Servant Leadership dalam Perkembangan Manajemen Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 5(3), Article 3.
Kurniawan, D., & Karim, A. (2020). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Status Akreditasi Di Smk Negeri Se-Kota Jayapura. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.10913
Mamik, D. (n.d.). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama Jawara.
Rahmawati, R., Siraj, A., & Achruh, A. (2021). Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Budaya Sekolah Dengan Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.19001
Romadhon, M., & Ms, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.711
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77
Sanjaya, W. (n.d.). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Kencana.
Setiyati, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8931
Siregar, S., & Gabe, G. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Komite Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah di Man Kota Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(2), 379022. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i2.4928
Windiawan, W., Hartinah, S., & Habibi, B. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Journal of Education Research, 5(3), Article 3.
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118
Zahara, W. D. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smk Muhamadiyah 2 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4), Article 4. https://doi.org/10.33369/mapen.v11i4.3291
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Tsalis Imamuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).