Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini pada Pembelajaran Sains (Hujan Pelangi)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1615Keywords:
Problem Solving, Eksperimen Sains, Anak usia diniAbstract
-
Pendidikan anak usia dini adalah program pertumbuhan yang ditujukan kepada anak-anak yang baru lahir hingga enam tahun yang dilakukan secara menyeluruh serta mencakup semua aspek perkembangan, memberikan intervensi perkembangan yang membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal, terutama dalam hal kemampuan menyelesaikan masalah anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode eksperimen mempengaruhi kemampuan penyelesaian masalah anak usia dini dalam pembelajaran sains (hujan pelangi) di TK Ar Rasyid Kecamatan Kaliwates. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test. Penelitian melibatkan seluruh siswa kelompok B TK Ar Rasyid di Kecamatan Kaliwates. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan dan rekaman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh dari metode Eksperimen pada pembelajaran sains anak usia dini dibuktikan dengan hasil sig 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung negatif -5.495. Dengan demikian temuan ini menunjukkan bahwa metode eksperimen memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan problem solving anak usia dini
Downloads
References
Adinda, S. D., & Surhardini, A. D. (2022). Pengaruh Kegiatan Sains Pencampuran Warna untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelompok A2. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 28–33. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.716
Amiliya, R., & Dryas M, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam untuk Kemampuan Problem Solving Anak Ursia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 79–87. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.158
Amrullah, M. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN PRESTASI BErLAJAR ( Studi Pada Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas IV di SD Negeri Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam ). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 289–301. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18526
Ariyana, I. K. S. (2020). Pembelajaran Konsep Pola Untuk Anak Ursia Dini dalan Kaitannya dengan Problem Solving. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 1(1), 22–32.
Astuti, Y., & Nurhafizah, N. (2023). Pengembangan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsersi : Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 7(5), 5329–5342. https://doi.org/10.31004/obsersi.v7i5.5247
Debora, R., & Pramono, R. (2021). Implementation of STEM Learning Method to Develop Children’s Critical Thinking and Problem Solving Skills. Jurnal Obsersi : Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 6(3), 1221–1232. https://doi.org/10.31004/obsersi.v6i3.1722
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengarurh Metode Eksperimern Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Ursia 5-6 Tahun. Jurnal Obsersi : Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsersi.v6i3.1735
Lerstari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Mubarrod, A. S., & Abdullah, K. (2023). Pengarurh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN Cengkareng Barat 03 Pagi Jakarta Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 432–441. https://doi.org/10.31004/cerndekia.v7i1.1692
Nurjanah, N. E., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Derwi, N. K., & Sholerha, V. (2021). Dampak Aplikasi ScratchJr terhadap Ketrampilan Problem-Solving Anak Ursia Dini. Jurnal Obsersi : Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 6(3), 2030–2042. https://doi.org/10.31004/obsersi.v6i3.1531
Oktaviany, F., Hafidah, R., Dewi, N. K., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Maret, U. S. (2021). PROFIL KErMAMPUrAN PROBLErM SOLVING ANAK UrSIA 4-5 TAHUrN Perndidikan Gurrur Pendidikan Anak Ursia Dini , Universitas Sebelas Maret NAEYC ( National Assosiation mendefinisikan hasil wawancara awal menyebutkan dalam menyelersaikan masalah atas timbul akibat tetidakm. 9(3).
Putri, S. Ur., & Taqiudin, A. A. (2021). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Ursia Dini. Jurnal Obsersi : Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 6(2), 856–867. https://doi.org/10.31004/obsersi.v6i2.1270
Prasetiyo, R., Synthiawati, N. N., & Sursanto, N. (2023). Pengembangan Model Permberlajaran Outdoor Gamers Activitiers untuk Meningkatkan Problem Solving Skills Siswa. Jurnal Obsersi : Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 7(6), 7362–7370. https://doi.org/10.31004/obsersi.v7i6.5545
Ratna, S., & Imamah, I. (2023). Kemampuran Problem Solving Anak Ursia Dini melalui Bermain Purzzle pada PAUrD. Jurnal Obsersi : Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 7(6), 7913–7924. https://doi.org/10.31004/obsersi.v7i6.5868
Rahayu, R. B. Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimern Rainbow Waterr Terhadap Prosers Keterampilan Sains Anak (Bachelor's thersis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Suwatra, W., Magta, M., Labore, C., & Christiani, A. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terrhadap Kermampuran Problem Solving Anak Kerlompok A Taman Kanak-Kanak. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2).
Triwahyuni, H., Casnan, C., Gumelarsari, M., & Firmansyah, I. (2023). Merningkatkan Kemampuan Problem Solving melalui System Thinking dalam Prosers Pembelajaran Anak Ursia Dini. Jurnal Obsersi : Jurnal Pendidikan Anak Ursia Dini, 7(6), 7707–7714. https://doi.org/10.31004/obsersi.v7i6.4062
Widiastuti, E., Ujianti, P. R., Pendidikan, J., Anak, P., Dini, U., & Pendidikan, J. T. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuran Pemecahan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. In Tahun (Vol. 6, Issue 2).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Maratus Soleha, Hisbiyatul Hasanah, Firman Ashadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).