Kesalahan Bahasa Whatshapp Messenger Mahasiswa terhadap Dosen di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1614Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk menganalisis berbagai kesalahan berbahasa dalam penggunaan tanda baca antara mahasiswa dengan dosen melalui aplikasi Whatshapp Messenger (2) untuk menganalisis berbagai kesalahan berbahasa dalam penggunaan ejaan antara mahasiswa dengan dosen melalui aplikasi Whatshapp Messenger. Penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, data berisikan hasil percakapan antara mahasiswa dengan dosen melalui aplikasi Whatshapp Messenger. Sumber data penelitian ini merupakan mahasiswa program studi S-1 Pariwisata semester 4 kelas A1 dan A2. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret-April 2023. Penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat (1) kesalahan penggunaan huruf kapital; (2) kesalahan penggunaan tanda koma; (3) kesalahan penggunaan tanda titik; (4) kesalahan penggunaan tanda tanya; (5) kesalahan penggunaan tanda seru (!); (6) kesalahan penggunaan kata baku; (7) kesalahan penggunaan gabungan kata; (8) kesalahan tanda hubung (-). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesalahan berbahasa mahasiswa terhadap dosen melalui Whatsapp Messenger masih banyak dan perlu diperbaiki. Temuan penelitian memberikan beberapa implikasi (1) kesopanan berbicara dengan dosen harus ditingkatkan walaupun melalui aplikasi Whatsapp Messenger; (2) mahasiswa dalam menulis Whatsapp Messenger kepada dosen lebih memperhatikan penulisan kalimat efektif dan EyD.
Downloads
References
Abidin, K., & Wandi, W. (2023). Etika Komunikasi antara Mahasiswa dan Dosen dalam Interaksi Akademik melalui Media Digital. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 47–61. https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.2672
Afrijiansari & Abbyzar A.. (2020). Pengguna Penggunaan Whatsapp Messenger Sebagai Media Komunikasi di Kalangan Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 Universitas Teknologi Sumbawa ). Kaganga Komunika, 2 (1). 58-63. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/KAGANGA
Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 42–54. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7345
Ardiani, F.K. & Pujiriyanto. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal EPISTEMA, 3 (2). 81-90. https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50555
Darliah, Iis dkk. (2013). Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar dan Sastra Indonesia untuk SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Khatulistiwa, 2 (9), 1-15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/3358/3376.
Ertinawati, Y., Rahmawati, K. D., Mutiara, N. H., Nurmerisa, R. S., Siliwangi, U., & Tasikmalaya, P. K. (2024). Analisis penggunaan kalimat dalam chat whatsapp antara dosen dan mahasiswa. Journal of Humanities and Social Studies, 2(4), 1360–1364. https://doi.org/https://humasjournal.my.id/index.php/HJ/article/view/401/325
Hartatik, S. F., & Lestari, H. D. (2021). Penggunaan WhatsApp sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Nomosleca, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v7i1.5535
Irianto, S., & Al-Amin, A.-A. (2020). Analisis Kesantunan Berbahasa (Language Etiquette) Mahasiswa Teknik Mesin Polines Dalam Berkomunikasi Tertulis Dengan Dosen. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 266–269. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.15093
Kamalia, Wirda. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Media Chat Whatsapp Peserta Didik Kepada Pendidik. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/52058/1/2101417005%20-%20Wirda%20Kamalia.
Karomah, P.R. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jember Angkatan 2015. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Negeri Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/7521/
Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Narti, S. (2018). PEMANFAATAN “WHATSAPP” SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DOSEN DENGAN MAHASISWA BIMBINGAN SKRIPSI (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016 ). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448
Okvireslian, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Kepada Peserta Didik Paket B UPTD SPNF SKB Kota Cimahi. Jurnal Comm-Edu, 4 (3). 131-138. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/7220
Puspadi, N. L. N. (2020). Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Berdiskusi Di Semester 1 Program Studi Pendidikan Matematika Fpmipa Ikip Saraswati. Wacana Saraswati Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 20(1), 34–41. https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v20i1.194
Rahmawati, Y., & Romadani, A. T. F. (2022). Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Daring Di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Klitika, 4(1), 42–50. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika
Sahidillah, M.W. & Prarasto M. (2019). Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Varia Pendidikan, 31 (1), 52-57. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8904
Sartika. (2018). Kegunaan Whatsapp Sebagai Media Informasi dan Media Pembelajaran pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi STISIP Persada Bunda. Jurnal Medium, 6 (2), 15-26. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2408
Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2 (2). Diakses pada 04 Oktober 2019.
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204
Suharti, S., Nur, F., & Khusnah, N. (2021). Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Online. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3724
Surani, D., & Chaerudin, A. (2019). Pemanfaatan Media Whatsapp Grouping dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Ekonomi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 155. https://doi.org/http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2050
Tragari, E. A., & Muhlis, J. (2024). Analisis pelanggaran kesantunan berbahasa pada mahasiswa dalam percakapan grup whatsapp. ESTETIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–24. https://doi.org/https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/estetika/article/view/8498/5136
Tranggono, Mukti, P., Marta, S. I., Gairwyn, S. V., & Firmansyah, A. (2023). Memperhatikan Kesopanan dan Ketepatan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen UPN “Veteran” Jatim di Media Sosial Whatsapp. EDUCATION: Scientific Journal of Education, 1(1), 67–80. https://doi.org/https://journal.csspublishing/index.php/education Memperhatikan
Wiwit Wanrah Nasution, Putri Evani Malau, Jihan Aqilah Zahra, Heni Atikah, Frinawaty Lestarina Barus, & Emasta Evayanti Simanjuntak. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Percakapan Grup Whatsapp Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Reguler E 2020. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 208–215. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1027
Windari, Asmi. 2019. Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa dengan Dosen Melalui Media Whatsapp Messenger di Lingkungan Universitas PGRI Yogyakarta pada Bulan Mei 2019. Jurnal UPY. http://repository.upy.ac.id/3308/1/ARTIKEL-ASMI-WINDARI.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yeni Rahmawati, Anggit Tiyas Fitra Romadani, Rahmat Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).