Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Bermuatan Kearifan Lokal SMP

Authors

  • Tri Widyaningsih Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah DS Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sutji Muljani Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1610

Keywords:

Buku Pengayaan, Menulis Teks Laporan Hasil Observasi, Kearifan Lokal

Abstract

Hadirnya teks laporan hasil observasi yang sesuai dengan buku siswa dan capaian pembelajaran untuk menunjang pendidikan yang berpihak pada peserta didik serta integrasi profil pelajar Pancasila. Bahan ajar berupa buku pengayaan pembelajaran menjadi pelengkap buku yang sudah ada serta membantu menjadikan pembelajaran lebih efektif dan optimal. Tujuan penelitian adalah menyusun kebutuhan belajar, prototipe buku  pengayaan, memvalidasi, dan menyusun model buku pengayaan. Penelitian menggunakan instrumen angket, wawancara, FGD, dan uji validasi. Penelitian adalah Research & Development model ADDIE pada Analysis, Design, dan Development. Hasil penelitian (1) Kebutuhan buku pengayaan mencakup aspek materi, penyajian, kebahasaan, grafika, dan muatan kearifan lokal. (2) Prototipe buku pengayaan kulit buku, bagian awal, isi, dan akhir. (3) Uji validasi dengan 2 ahli, yaitu ahli buku pengayaan dan materi kebahasaan  serta ahli budaya dan kearifan lokal dengan nilai 95,8 dan kategori sangat baik. (4) Model buku pengayaan sesuai hasil prototipe dan uji validasi ahli. Kesimpulannya produk dapat diteruskan dalam bentuk model buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan lokal untuk peserta didik SMP dengan kecenderungan kearifan lokal, budaya, dan geografis yang serupa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. I., & Zulaeha, I. (2017). Keefektifan Buku Pengayaan Menulis Teks Hasil Observasi Bermuatan Multikultural Berbasis Proyek Baca Tulis untuk Peserta Didik SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 187-199.

Alfarisi, R. S., & Suseno, S. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Cinta Tanah Air. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 102-115.

Bustomi, F., & Syaifudin, A. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Humanis Bagi Peserta Didik Kelas X SMA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 32-43.

Dewi, Siti Malaiha. (2012). Globalisasi, Budaya Lokal, dan Agenda Masyarakat Multikultural. Jurnal Addin Vol.4 No.2 Hal. 329-338.

Fatahillah, Muhammad Tubagus. (2022). “Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Persuasi Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif Bermuatan Nilai Kemanusiaan Untuk Kelas VIII SMP”. (Tesis). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.

Gusfitri & Elly Delfia. (2021). Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII : Buku Siswa. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Hapsari, Jessica Amelia. (2021). Arti Kearifan Lokal di Indonesia : Nilai, Dimensi, Contoh, dan Fungsi. (online). (https://tirto.id/arti-kearifan-lokal-di-indonesia-nilai-dimensi-contoh-fungsi-gadt, diakses 21 Juli 2024).

Hartono, B. (2016). Dasar-dasar Kajian Buku Teks Konsep Dasar, Pemilihan, Pemanfaatan, penilaian, dan pengembangannya. Semarang: UNNES Press.

Hasan, Said Hamid. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Koentjaraningrat. (2000). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mita, R., Burhan, E., P., & Sutji, M. (2022). Penerapan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom pada Kelas XII TKJ Materi Ukiran Pemusatan Data (Studi Kasus Siswa SMK Bina Nusa Slawi Tahun Pelajaran 2021/2022). Dalam Sitti. Hartinah, E., Ghasimov, & A., Zainudin (Penyunting), MALAPY 2022 : Proceedings of the 1st International Conference on Law, Social Science, Economics, and Education (halaman 246).

Muljani, Sutji. (2015). “Nilai Rasa Bahada dalam Kidung Nina Bobok “Eman-Eman”. PBSID-FKIP-UPS Tegal, Seminar Nasional PRASASTI II “Kajian Pragmatik dalam Berbagai Bidang” (halaman 345-349). Tegal : UPS.

Mulyatiningsih, Endang. (2014). Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta : Alfabeta.

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419-2429.

Nurasiah, Iis, dkk. (2022). Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 3639 – 3648.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2008 Tentang Buku.

Permendikbud. (2016). Buku yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan. Pusat kurikulum dan perbukuan. (2018). Pedoman Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Permendikbudristek Nomor 22 Tahun 2022 tentang Standar Mutu Buku.

Purwani, R., & Mustikasari, D. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Karangan Naratif yang Berwawasan Kesantunan bagi Peserta Didik Kelas VII SMP: Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Esai Naratif dengan Wawasan Kesantunan bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Bastrindo, 3(1), 53-68. https://doi.org/10.29303/jb.v3i1.380

Puskurbuk. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks: Buku Pengayaan, Referensi,dan Panduan Pendidik. Jakarta: Depdiknas.

Ramadan, Gustaf. (2021). “Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Hasil Observasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Teks dan Model Concept Sentence Berdasarkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII”. (Tesis). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.

Rediati, A. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Cara Menulis Teks Penjelasan Bermuatan Nilai Budaya Lokal untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1).

Rohimah, Ima. (2017). Buku Penilaian Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Santoso. (2010). Konsep Diri Melalui Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Sebagai Model Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya Bangsa di Era Global. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia 8-10 November 2010.

Septarianto, T. W. & Subyantoro. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi yang Bermuatan Kearifan Lokal untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Seloka :Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sukmono, Ras Rendro Bowo. (2011). Membangkitkan Kembali Kearifan Lokal di Era Globalisasi. Angkasa Cendikia edisi April Hal 22. Jakarta: Dinas Penerangan Angkatan Udara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitafif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wagiran & Doyin. (2005). Hakikat Menulis dengan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka.

Winarni, R., Slamet, S. Y., & Syawaludin, A. (2021). Development of Indonesian Language Text Books with Multiculturalism and Character Education to Improve Traditional Poetry Writing Skills. European Journal of Educational Research, 10(1), 455-466.

Yulianeta, Yaacob, A., & Lubis, A., H. (2022). The Development of Web-Based Teaching Materials Integrated with Indonesian Folklore for Indonesian Language for Foreign Speakers Students. International Journal of Language Education, 6(1), 46-62.

Zulaeha, Ida. (2016). Teori, Model, dan Implementasi Pembelajaran Menulis Kreatif. Semarang: UNNES Press.

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Widyaningsih, T., Hartinah DS, S., & Muljani, S. (2024). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Bermuatan Kearifan Lokal SMP . Journal of Education Research, 5(4), 4563–4571. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1610

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check