Implementasi APE Perigi sebagai Media Stmulasi Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.161Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil implementasi media perigi dalam membantu mestimulasi perkembangan fisik motorik anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak Khodijah Semarang. Berdasarkan hasil pengamatan awal, masih banyak anak disana yang bermalas-malasan saat pembelajaran, anak cepat mengeluh capek saat belajar, kurangnya media untuk membantu mestimulasi anak. Berdasarkan hasl tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media perigi yang di gunakan untuk membantu menstimulasi fisik motorik anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media perigi dapat membantu menstimulasi perkembangan fisik motorik anak usia 4-5 tahun di TK Khodijah Semarang. Terlihat dari dampak positif yang diperoleh anak diantaranya: anak semakin percaya diri untuk mencoba hal yang baru, melakukan gerakkan melompat secara terkoordinasi, melempar sesuatu secara terarah, mengetahui urutan permainan, mengetahui aturan bermain, mengontrol gerakkan tangan yang menggunakan otot halus, mengkoordinasi mata dan tangan pada saat bermain media perigi.
Downloads
References
Christina,Ani. 2018. Tuntas Motorik investasi sepanjang hayat. Sidoarjo: Fillapress
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal pendidikan anak, 5(1).
Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) Stppa Tercapai Di Ra Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112-136.
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48-59.
Kumala, Effi Sari. 2012. “Peningkatan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dari bahan bekas di taman kanak-kanak aisyiyah simpang iv agam”. Artikel. Padang.
Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.
Sari, H. E., & Karmila, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Simpai Pada Kelompok B di KB-TK Islam Permata 1 Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).
Sari, E. K. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dari Bahan Bekas Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).
Setiyowati, N. (2016). Analisis Kebutuhan Perkembangan Fisik Motorik Halus Melalui Penerapan Kegiatan Kolase Di Ra Al-Mutsnawiatul Islam Kelompok A Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).
Sugiyono.2017. Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2018. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suryana, D. (2013). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri No. 58 Tahun 2009. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 53-61.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ummi Nur Halimatus Sa'diyah, Mila Karmila, Purwadi Purwadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).