Analisis Pembelajaran Planet pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Saniati Saniati Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.160

Abstract

kesulitan siswa saat belajar planet di kelas VI menjadi latar belakang riset. Banyak siswa kelas VI memiliki pengetahuan yang minim tentang planet dalam tata surya. Mendeskripsikan pembelajaran planet pada siswa kelas VI sekolah dasar merupakan tujuan riset ini dilakukan. Metode deskriptif kuantitatif digunakan sebagai prosedur riset pada riset ini. Teknik pengumpulan data dengan Teknik observasi. Pembelajaran planet yang diimplementasikan guru di kelas VI menunjukan hasil pengetahuan siswa tentang planet dengan kriteria yang sangat tinggi. Tidak ada perbedaan signifikan antara pengetahuan planet siswa laki-laki dan perempuan. Penggunaan media tayangan infocus planet sangat efektif dan efisien digunakan untuk materi planet dan tata surya yang abstrak. Penggunaan media infocus dan planet pada sistem tata surya efektif meningkatkan pengetahuan siswa tentang planet dan tata surya di kelas VI.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrida, T., Ratnasari, D., T., & Juliawati, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tata Surya dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 6(1), 47–54. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Arhalifi, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Analisis Pembelajaran Jaring Bangun 3 Dimensi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 171–177.

Hulqi, R., H., & Arifin, M., B., U. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya Kelas VI untuk Meningkatkan Hasil Belajar di MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 237–252.

Ismito. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar tentang Konsep Tata Surya melalui Penggunaan Media Picture and Picture. Jurnal Langsat, 5(2), 1–8. https://www.rumahjurnal.net/index.php/langsat/article/view/514

Karmila, Putra, M., J., A., & Mulyani, E., A. (2021). The Development of Literature Pop-Up Book Learning Media on Class VI Planet Materials SDN 038 Muara Intan. JOM FKIP-UR, 8(2), 1–15.

Nugraha, B., S., & Hidayat, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif “Sistem Tata Surya” untuk Kelas VI Sekolah Dasar. INFOS Journal, 1(3), 1–6.

Nurhamidah, S., D., Sujana, A., & Karlina, D., A. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android pada Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318–1329. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3190

Pertiwi, N., D., & Handayani, D., E. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Certainty of Respon Index (CRI) Materi Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 544–553.

Purwati, Y., Sagita, S., Utomo, F., S., & Baihaqi, W., M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tata Surya berbasis Virtual Reality untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar dengan Evaluasi Kepuasan Pengguna terhadap Elemen Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(2), 259–266. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020701894

Putra, W., P., & Negara, I., G., A., O. (2021). Pengembangan Multimedia Sistem Tata Surya pada Muatan IPA Kelas VI. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 108–117. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32183

Rachmat. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya melalui Metode Role Playing pada Siswa Kelas VI SDN Blukon Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 6(1), 59–67. https://doi.org/10.1016/j.phrs.2020.104743%0Ahttps://doi.org/10.1057/s41267-019-00222-y

Safii, A. (2020). Peningkatan Hasil dan Keaktifan Siswa Kelas VI Materi Planet dalam Tata Surya melalui Partner Card. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 172–178. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4444

Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233.

Sentarik, I., K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197–208. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135

Shirajuddin, Astuti, I., & Suratman, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Tata Surya di Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 70–76.

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-03-18

How to Cite

Saniati, S., & Witarsa, R. (2023). Analisis Pembelajaran Planet pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 283–289. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.160

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>