Pengembangan Kompetensi Pedagogi Guru SLB melalui Pelatihan dalam Jabatan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1595Keywords:
Kompetensi Pedagogi Guru, Guru SLB, PelatihanAbstract
Penelitian ini meneliti pengaruh pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) melalui studi literatur. Pendahuluan menjelaskan pentingnya kompetensi pedagogik dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya bagi siswa berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari sepuluh artikel yang membahas pelatihan dan bimbingan guru SLB. Hasil menunjukkan bahwa tujuh artikel menggunakan metode pengabdian masyarakat, satu artikel menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, satu penelitian eksperimen, dan satu penelitian tindakan sekolah. Pelatihan terbukti meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran, meskipun terdapat hambatan dalam implementasi. Kesimpulannya, pelatihan dan bimbingan efektif dalam meningkatkan kompetensi guru SLB.
Downloads
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.
Aktifah, N., Sabita, R., Nurseptiani, D., & Pratiwi, C. A. (2021). Peningkatan Keterampilan dengan Latihan Dasar Motorik Halus (Aktivitas Menulis) Pada Guru SLB Negeri Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Community Empowerment, 6(3), 438–443.
Asmarani, N. (2014). Peningkatan kompetensi profesional guru di sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 503–831.
Atsnan, M. F., Gazali, R. Y., Maulana, F., & Fajaruddin, S. (2020). Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru-guru di SLB Negeri Martapura. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 29–36.
Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2016). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 98–106.
Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Wijanarko, B. (2021). Meningkatkan profesionalisme guru slb melalui pendampingan permainan adaptif keterampilan gerak dasar anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 28–34.
Ekawati, F. F., Rahayu, T. W., Satyawan, B., Kardiyanto, D. W., & Wijanarko, B. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Pjok Dalam Mengajar Gerak Lokomotor Anak Tuna Ghraghita Melalui Teaching Games For Understanding. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 233–242.
Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.
Jannah, N. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. IAIN KUDUS.
Juhri, J., & Suhardi, M. (2022). Evaluasi Program Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Melalui Pelatihan Guru Dalam Jabatan. Jurnal Pendidikan Kreatif, 3(1), 29–37.
Laili, N., Nurfahmawati, Z., & Wachidah, K. (2022). PKM Peningkatan Kompetensi Guru dalam Proses Identifikasi Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Aisyiyah Porong. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 920–929.
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140.
Mujiraharjo, R., MM, D., & R Mujiraharjo, M. M. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Melalui Kegiatan Team Teaching di SLB AKW Kumara Surabaya Tahun 2018. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(2), 1–14.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nilsson, P., & Vikström, A.(2015). Making PCK Explicit—Capturing Science Teachers’ Pedagogical Content Knowledge (PCK) in the Science Classroom. International Journal of Science Education, 37(17), 2836–2857.
Prasetyani, H., Agustiningrum, M. D. B., Purnamasari, D., Jumrianto, J., Aprivian, M. I. D., & Kurniawati, K. (2023). Penguatan Kompetensi Para Guru SLB dengan Pembuatan Video Pembelajaran. Manggali, 3(2), 245–252.
Pratama, A. J., & Giatman, M. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Literatur. Journal of Education Research, 4(2), 677–687.
Ramadani, S. D., Budiyono, A., & Makruf, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SLB Negeri Bugih Pamekasan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Aplikasi Belajar Online. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 644–652.
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912.
Sari, N. A., Yulianto, Y., & Yuliani, H. (2021). Studi literatur media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada pembelajaran fisika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 18–26.
Subagya, S., Anggrellanggi, A., Yusuf, M., Kumalasari, E., & Karsidi, R. (2021). Efektivitas Pelatihan Hidroponik untuk Meningkatkan Ragam Kompetensi Guru Keterampilan di Sekolah Luar Biasa. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(2), 8–12.
Suwastarini, N. N. (2023). Strategi Coaching Untuk Mengoptimalkan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Modul Ajar Di SLB Negeri 1 Badung. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 99–108.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Raihan Nurani Anarta, Ranti Novianti, Asep Sunandar, Wiwik Dwi Hastuti, Fadly Halim Hutasuhut, Salma Nadiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).