Pengaruh Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, dan Motivasi terhadap Produktivitas Akademik Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Utara

Authors

  • Cut Meilia Nora Universitas Al-Muslim, Aceh, Indonesia
  • Saiful Bahri Universitas Al-Muslim, Aceh, Indonesia
  • Siraj Siraj Universitas Al-Muslim, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1593

Keywords:

Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, Motivasi, Produktivitas Akademik Sekolah Dasar

Abstract

Produktivitas akademik sangat berarti disebabkan menjadi gambaran dari pencapaian kuantitas dan kualitas guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang meliputi aspek pengajaran, penelitian kegiatan sosial dan penelitian ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial (1) budaya sekolah terhadap produktivitas akademik (2) kompetensi guru terhadap produktivitas akademik (3) motivasi terhadap produktivitas akademik 4) budaya sekolah, kompetensi guru dan motivasi secara bersama sama terhadap produktivitas akademik. Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri se Kabupaten Aceh Utara dengan menggunakan metode kuantitatif, pendekatan survey, populasi 155 guru, sampel 111 guru, teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling, berdasarkan ketentuan sampel oleh Slovin, teknik pengumpulan data angket ”skala likert” dan Teknik pengolahan data analasis jalur. Temuan penelitian secara parsial (1) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap produktivitas akademik sebesar 0,04; (2) pengaruh langsung kompetensi guru terhadap produktivitas akademik sebesar 0,05; (3) pengaruh langsung sarana prasarana terhadap kinerja guru sebesar 0,02; Temuan penelitian secara simultan kompensasi, motivasi, dan sarana prasarana secara bersama sama terhadap kinerja guru sebesar 0,11 sedangkan sisanya 0,89 ditentukan oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Cut Meilia Nora, Universitas Al-Muslim, Aceh

Mahasiswa pascasarjana universitas Almuslim Bireuen, Aceh

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Amila, N., Ma’arif, S., & Huda, M. N. (2023). Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pembelajaran dan Prestasi Akademik Siswa di SMA Khadijah Surabaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.68-82

Arimbi, N. A. W., & Minsih, M. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042

Asiah, N., Harjoni, H., & Susanto, I. (2021). Inter-Environmental Collaboration to Form Students’ Attitudes toward Diversity. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.8594

Awaluddin. (2021). Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(2).

Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 5(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512

Hafsah M. Nur, & Nurul Fatonah. (2023). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 2(1).

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Lubis, M. (2020). Peran Guru pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Ma’ruf, & Chair, U. (2020). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. nirha jaya tehnik makassar. Jurnal Brand, 2(1).

Mauldfi Sastraatmadja, A. H., As’ad, M., & Tjahyafi, I. (2023). Pengaruh Kualitas Guru Pendidikan Islam dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di Pondok Pesantren di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(11). https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.800

Meirlin, T., & Zulkarnaen. (2022). Implementasi budaya sekolah dalam pembentukan karakteristik peserta didik. Indonesian Values and Character Education Journal.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Norhannan Ramli, & Hafizhah Zulkifli. (2022). Tahap Kesediaan Dan Motivasi Guru Pendidikan Islam Terhadap Pengajaran dan Pembelajaran Atas Talian. International Journal of Advanced Research in Islamic Studies and Education (ARISE), 2(2).

Purnomo, H. (2022). Organizational commitment in Islamic boarding school: the implementation of organizational behavior integrative model. Perspektivy Nauki i Obrazovania, 57(3). https://doi.org/10.32744/pse.2022.3.20

Rianita, T., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Muharrami, L. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Murder Dengan Teori Pembiasaan Perilaku B.F Skinner Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Natural Science Education Research, 1(1). https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4154

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.29210/1202121176

Sigit Widodo, B. (2021). Metode penelitian pendidikan pendekatan sistematis dan komprehensif (1st ed.). eiga media.

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. IV). Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, A., & Khoiri, Q. (2023). Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1).

Wibowo, B. A. (2021). Kajian Kebijakan Kurikulum Indonesia 1947-2013 . Jurnal On Education, 3(4)

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Nora, C. M., Bahri, S., & Siraj, S. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, dan Motivasi terhadap Produktivitas Akademik Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Utara. Journal of Education Research, 5(4), 4539–4546. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1593

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check