Pengaruh Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, dan Motivasi terhadap Produktivitas Akademik Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Utara
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1593Keywords:
Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, Motivasi, Produktivitas Akademik Sekolah DasarAbstract
Produktivitas akademik sangat berarti disebabkan menjadi gambaran dari pencapaian kuantitas dan kualitas guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang meliputi aspek pengajaran, penelitian kegiatan sosial dan penelitian ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial (1) budaya sekolah terhadap produktivitas akademik (2) kompetensi guru terhadap produktivitas akademik (3) motivasi terhadap produktivitas akademik 4) budaya sekolah, kompetensi guru dan motivasi secara bersama sama terhadap produktivitas akademik. Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri se Kabupaten Aceh Utara dengan menggunakan metode kuantitatif, pendekatan survey, populasi 155 guru, sampel 111 guru, teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling, berdasarkan ketentuan sampel oleh Slovin, teknik pengumpulan data angket ”skala likert” dan Teknik pengolahan data analasis jalur. Temuan penelitian secara parsial (1) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap produktivitas akademik sebesar 0,04; (2) pengaruh langsung kompetensi guru terhadap produktivitas akademik sebesar 0,05; (3) pengaruh langsung sarana prasarana terhadap kinerja guru sebesar 0,02; Temuan penelitian secara simultan kompensasi, motivasi, dan sarana prasarana secara bersama sama terhadap kinerja guru sebesar 0,11 sedangkan sisanya 0,89 ditentukan oleh faktor lain.
Downloads
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701
Amila, N., Ma’arif, S., & Huda, M. N. (2023). Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pembelajaran dan Prestasi Akademik Siswa di SMA Khadijah Surabaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.68-82
Arimbi, N. A. W., & Minsih, M. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042
Asiah, N., Harjoni, H., & Susanto, I. (2021). Inter-Environmental Collaboration to Form Students’ Attitudes toward Diversity. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.8594
Awaluddin. (2021). Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(2).
Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 5(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512
Hafsah M. Nur, & Nurul Fatonah. (2023). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 2(1).
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Lubis, M. (2020). Peran Guru pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Ma’ruf, & Chair, U. (2020). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. nirha jaya tehnik makassar. Jurnal Brand, 2(1).
Mauldfi Sastraatmadja, A. H., As’ad, M., & Tjahyafi, I. (2023). Pengaruh Kualitas Guru Pendidikan Islam dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di Pondok Pesantren di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(11). https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.800
Meirlin, T., & Zulkarnaen. (2022). Implementasi budaya sekolah dalam pembentukan karakteristik peserta didik. Indonesian Values and Character Education Journal.
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Norhannan Ramli, & Hafizhah Zulkifli. (2022). Tahap Kesediaan Dan Motivasi Guru Pendidikan Islam Terhadap Pengajaran dan Pembelajaran Atas Talian. International Journal of Advanced Research in Islamic Studies and Education (ARISE), 2(2).
Purnomo, H. (2022). Organizational commitment in Islamic boarding school: the implementation of organizational behavior integrative model. Perspektivy Nauki i Obrazovania, 57(3). https://doi.org/10.32744/pse.2022.3.20
Rianita, T., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Muharrami, L. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Murder Dengan Teori Pembiasaan Perilaku B.F Skinner Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Natural Science Education Research, 1(1). https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4154
Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.29210/1202121176
Sigit Widodo, B. (2021). Metode penelitian pendidikan pendekatan sistematis dan komprehensif (1st ed.). eiga media.
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. IV). Remaja Rosdakarya.
Sulaiman, A., & Khoiri, Q. (2023). Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1).
Wibowo, B. A. (2021). Kajian Kebijakan Kurikulum Indonesia 1947-2013 . Jurnal On Education, 3(4)
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Cut Meilia Nora, Saiful Bahri, Siraj Siraj

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).