Analisis Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Linda Lestari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang , Indonesia
  • Candra Puspita Rini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang , Indonesia
  • Aris Gumilar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang , Indonesia

Abstract

IPA merupakan rumpun ilmu, karakteristik khusus yang mempelajari fenomena alam yang faktual (factual), baik berupa kenyataan (reality), atau kejadian (event) dan hubungan sebab akibatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Panunggangan 4 Pinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripsi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Tes, dan Wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Responden pada penelitian ini berjumlah 6 orang yakni siswa kelas IV. Hasil kesimpulan dari penelitian melalui observasi, tes, dan wawancara dalam penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat memahami pembelajaran IPA sesuai dengan tujuh indikator pemahaman konsep yaitu : 1) Menyatakan ulang konsep, 2) Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya), 3)Memberikan contoh dan non-contoh dari konsep, 4) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, 5) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, 6) Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, 7) Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, C., & Anggara, D. S. (2021 ). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Siswa Pada Pembelajaran Predict-Observe-Explain Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar . 52.

Arif, M. M. (2022). Belajar Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Ipa Sekolah Dasar (Sd) Madrasah Ibadiyah (Mi). Kota Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi.

Arrahim, & Nurul Widayanti . (2018). Perbandingan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning(Pbl) Dan Model Realistik Mathematic Educational (Rme) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdit Darul Hasani. Padagogik, 134-143.

Barkah, L., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kalideres 09 Pagi . 287-292.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Peserta Dididk Di Sekolah Dasar. 93.

Dewi, P. Y., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G., Arifin, M. M., Nisa, R., . . . Masnur. (2021). Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Ipa Sd/Mi. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, H. T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 130-136.

Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Smp Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning . 362-373.

Fajri, R. A., & Wulandari, F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Pada Masa Covid-19 Di Sdn Kalinganyar . 936-943.

Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya'bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial . Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pembukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Haryono. (2019). Pembelajaran Ipa Abad 21. Yogyakarta: Kepel Press.

Jaya, I. M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.

Nadhi, D. S., Yolanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demontrasi Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 9-16.

Nuraeni, D., Uswatun, D. A., & Nurasih, I. (2020). Analisis Pemahaman Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di Kelas Iv Bsdn Pintukisi. 61-75.

Pratiwi, S. I., Lusian, & Faudiah, N. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smpn Palembang Melalui Pembelajaran Core. Jurnal Pendidikan Matematika Rafleksia, 15-28.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1-8.

Rahayu, Y., & Pujiastuti, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan: Studi Kasus Di Smp Negri 1 Cibadak . 93-102.

Ramadhani, S. P. (2019). Konsep Dasar Ipa Sd. Jawa Barat: Yayasan Yiesa Rich.

Rita, F. F., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., & Wahyuni, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang Sumatra Barat: Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Roqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Realistis Matematika Dengan Vba Microsoft Excel. Purwakarta: Cv, Tre Alea Jacta Padagogie.

Rosyida, Romdanih, & Rahmad, I. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Organ Gerak Hewan Melalui Metode Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here. 52.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Sapriati, A. (2021). Pembelajaran Ipa Di Sd. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta Cv.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, Cv.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Linear Dan Dua Variabel (Sldv). Suska Journal Of Mathematics Education, 4 (1), 9-16.

Suryani, E. (2018). Analisis Pemahaman Konsep. Jawa Tengah .

Susanti, N. K., & Asrin;, B. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sdn Gugus V Kecamatan Cakranegara. 686-690.

Tersiana, A. (2022). Metode Penelitian Dengan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. 108.

Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes). Jawa Tengah: Cv. Pena Persada.

Wati, U. B., Hakim, L., & Hera, T. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas Iv . 2227-2233.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2021). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Winarni, E. W. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Reserch Develotment (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Zuliani, R., & Perdiansyah, F. (2020). Pembelajaran Ipa Sd. Kota Tangerang: Fkip Umt Press.

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Lestari, L., Rini, C. P., & Gumilar, A. (2024). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(4), 4533–4538. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1590

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check