Analisis Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD
Abstract
IPA merupakan rumpun ilmu, karakteristik khusus yang mempelajari fenomena alam yang faktual (factual), baik berupa kenyataan (reality), atau kejadian (event) dan hubungan sebab akibatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Panunggangan 4 Pinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripsi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Tes, dan Wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Responden pada penelitian ini berjumlah 6 orang yakni siswa kelas IV. Hasil kesimpulan dari penelitian melalui observasi, tes, dan wawancara dalam penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat memahami pembelajaran IPA sesuai dengan tujuh indikator pemahaman konsep yaitu : 1) Menyatakan ulang konsep, 2) Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya), 3)Memberikan contoh dan non-contoh dari konsep, 4) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, 5) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, 6) Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, 7) Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.
Downloads
References
Abdillah, C., & Anggara, D. S. (2021 ). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Siswa Pada Pembelajaran Predict-Observe-Explain Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar . 52.
Arif, M. M. (2022). Belajar Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Ipa Sekolah Dasar (Sd) Madrasah Ibadiyah (Mi). Kota Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi.
Arrahim, & Nurul Widayanti . (2018). Perbandingan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning(Pbl) Dan Model Realistik Mathematic Educational (Rme) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdit Darul Hasani. Padagogik, 134-143.
Barkah, L., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kalideres 09 Pagi . 287-292.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Peserta Dididk Di Sekolah Dasar. 93.
Dewi, P. Y., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G., Arifin, M. M., Nisa, R., . . . Masnur. (2021). Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Ipa Sd/Mi. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dewi, S. Z., & Ibrahim, H. T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 130-136.
Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Smp Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning . 362-373.
Fajri, R. A., & Wulandari, F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Pada Masa Covid-19 Di Sdn Kalinganyar . 936-943.
Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya'bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial . Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pembukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Haryono. (2019). Pembelajaran Ipa Abad 21. Yogyakarta: Kepel Press.
Jaya, I. M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.
Nadhi, D. S., Yolanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demontrasi Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 9-16.
Nuraeni, D., Uswatun, D. A., & Nurasih, I. (2020). Analisis Pemahaman Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di Kelas Iv Bsdn Pintukisi. 61-75.
Pratiwi, S. I., Lusian, & Faudiah, N. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smpn Palembang Melalui Pembelajaran Core. Jurnal Pendidikan Matematika Rafleksia, 15-28.
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1-8.
Rahayu, Y., & Pujiastuti, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan: Studi Kasus Di Smp Negri 1 Cibadak . 93-102.
Ramadhani, S. P. (2019). Konsep Dasar Ipa Sd. Jawa Barat: Yayasan Yiesa Rich.
Rita, F. F., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., & Wahyuni, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang Sumatra Barat: Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Roqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Realistis Matematika Dengan Vba Microsoft Excel. Purwakarta: Cv, Tre Alea Jacta Padagogie.
Rosyida, Romdanih, & Rahmad, I. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Organ Gerak Hewan Melalui Metode Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here. 52.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Sapriati, A. (2021). Pembelajaran Ipa Di Sd. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta Cv.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, Cv.
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Linear Dan Dua Variabel (Sldv). Suska Journal Of Mathematics Education, 4 (1), 9-16.
Suryani, E. (2018). Analisis Pemahaman Konsep. Jawa Tengah .
Susanti, N. K., & Asrin;, B. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sdn Gugus V Kecamatan Cakranegara. 686-690.
Tersiana, A. (2022). Metode Penelitian Dengan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. 108.
Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes). Jawa Tengah: Cv. Pena Persada.
Wati, U. B., Hakim, L., & Hera, T. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas Iv . 2227-2233.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2021). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Winarni, E. W. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Reserch Develotment (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
Zuliani, R., & Perdiansyah, F. (2020). Pembelajaran Ipa Sd. Kota Tangerang: Fkip Umt Press.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Linda Lestari, Candra Puspita Rini, Aris Gumilar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).