Motivasi Belajar Hafalan Al-Qur'an Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Reward

Authors

  • Aryani Rahmasari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ratna Wahyu Pusari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Nila Kusumaningtyas Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar hafalan al-qur’an melalui media papan reward di TK A TKIT Bina Amal Semarang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan prosedur reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar anak didik melalui media papan reward berhasil berkembang sangat baik. Hal tersebut terlihat bahwa anak didik memiliki ketekunan menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat, mandiri, percaya diri, dan tidak mudah melepaskan yang hal-hal yang diyakini. Dalam hal menumbuhkan, mengembangkan, mengefektifkan, dan menstimulasi motivasi belajar, guru perlu memilih media yang tepat. Penggunan media yang tepat akan lebih menarik dan interaktif untuk proses pembelajaran sehingga motivasi belajar anak didik optimal dan meningkatkan kualitas hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriansyah, F. (2021). Tingkat Motivasi Anak Usia 9-12 Tahun Dalam Mengikuti Latihan Sepak Bola Saat Pandemi Covid-19 (Penelitian Deskriptif Pada Anak Usia 9-12 Tahun yang Mengikuti Latihan Sepak Bola di Desa Mandirancan) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Desi, D. (2020). Motivasi Belajar Membaca Al-Qur'an Siswa di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu (Doctoral dissertation, STAI Auliaurrasyididn Tembilahan).

Devi, W. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Anak Melalui Token Ekonomi di Kelompok B TK ABA Dukuh Gedongkiwo Yogyakarta. Jurnal Hasil Riset, April.

Hapsari, R. P. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-a Di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).

Ristiani, S. M. I., Triwoelandari, R., & Yono, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(1), 30-40.

Salamah, R. A., Fauziah, S., & Sutriyani, W. (2022). Peranan Pemberian Reward Dan Punisment Terhadap Hasil Belajar Matematika SD. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 1-14.

Sari, D. A., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SD Unggulan Uswatun Hasanah. Attadib: Journal of Elementary Education, 3(1), 1-16.

Septiana, R. (2019). Pengaruh Pemberian Bintang sebagai Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di TK Al-Hikmah Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.

Sumartono, S., & Normalina, N. (2015). Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Rahmasari, A., Pusari, R. W., & Kusumaningtyas, N. (2023). Motivasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Reward. Journal of Education Research, 4(1), 290–296. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.159

Issue

Section

Articles

Citation Check