Motivasi Belajar Hafalan Al-Qur'an Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Reward
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.159Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar hafalan al-qur’an melalui media papan reward di TK A TKIT Bina Amal Semarang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan prosedur reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar anak didik melalui media papan reward berhasil berkembang sangat baik. Hal tersebut terlihat bahwa anak didik memiliki ketekunan menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat, mandiri, percaya diri, dan tidak mudah melepaskan yang hal-hal yang diyakini. Dalam hal menumbuhkan, mengembangkan, mengefektifkan, dan menstimulasi motivasi belajar, guru perlu memilih media yang tepat. Penggunan media yang tepat akan lebih menarik dan interaktif untuk proses pembelajaran sehingga motivasi belajar anak didik optimal dan meningkatkan kualitas hasil belajar.
Downloads
References
Andriansyah, F. (2021). Tingkat Motivasi Anak Usia 9-12 Tahun Dalam Mengikuti Latihan Sepak Bola Saat Pandemi Covid-19 (Penelitian Deskriptif Pada Anak Usia 9-12 Tahun yang Mengikuti Latihan Sepak Bola di Desa Mandirancan) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Desi, D. (2020). Motivasi Belajar Membaca Al-Qur'an Siswa di Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu (Doctoral dissertation, STAI Auliaurrasyididn Tembilahan).
Devi, W. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Anak Melalui Token Ekonomi di Kelompok B TK ABA Dukuh Gedongkiwo Yogyakarta. Jurnal Hasil Riset, April.
Hapsari, R. P. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-a Di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).
Ristiani, S. M. I., Triwoelandari, R., & Yono, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(1), 30-40.
Salamah, R. A., Fauziah, S., & Sutriyani, W. (2022). Peranan Pemberian Reward Dan Punisment Terhadap Hasil Belajar Matematika SD. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 1-14.
Sari, D. A., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SD Unggulan Uswatun Hasanah. Attadib: Journal of Elementary Education, 3(1), 1-16.
Septiana, R. (2019). Pengaruh Pemberian Bintang sebagai Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di TK Al-Hikmah Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.
Sumartono, S., & Normalina, N. (2015). Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Aryani Rahmasari, Ratna Wahyu Pusari, Nila Kusumaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).