Menuju Pendidikan Berintegritas: Studi Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Dana BOS

Authors

  • Melissa Nathania Simanjuntak Pendidikan Ekonomi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Dewi Amaliah Nafiati Pendidikan Ekonomi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Neni Hendaryati Pendidikan Ekonomi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1588

Keywords:

transparansi, akuntabilitas, pengelolaan dana BOS

Abstract

Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pengelolaan dana BOS yang transparan dan akuntabel di tingkat sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Bendahara I, Bendahara II, Komite Sekolah, dan Wali Murid. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi laporan keuangan. Data dianalisis menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan sekolah telah melakukan upaya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS, seperti menyusun laporan keuangan, keterbukaan informasi kepada publik, dan menerapkan mekanisme pengawasan internal yang efektif. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun upaya yang dilakukan sudah baik, masih diperlukan penguatan pengawasan dan peningkatan kapasitas manajemen keuangan. Penelitian ini menyarankan perlunya penguatan pengawasan internal, peningkatan kemampuan manajerial keuangan, dan pengembangan komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Duckworth, A. L., Taxer, J. L., Eskreis-Winkler, L., Galla, B. M., & Gross, J. J. (2019). Self-Control And Academic Achievement. Annual Review Of Psychology, 70, 373–399.

Hakim, L. (2021). Evaluasi Implementasi Good Governance Dalam Pengelolaan Dana Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(2), 150–165.

Hallak, J., & Poisson, M. (2018). Corrupt Schools, Corrupt Universities: What Can Be Done? Unesco International Institute For Educational Planning.

Halstead, J. M., & Taylor, M. J. (2020). The Development Of Values, Attitudes And Personal Qualities: A Review Of Recent Research. Cambridge Journal Of Education, 50(1), 1–19.

Heyrani, F., Banimahd, B., & Roudposhti, F. R. (2021). Investigation Of The Effect Of Auditors’ Professional And Organizational Commitment On Their Whistleblowing: The Moderating Role Of Ethical Climate. International Journal Of Finance & Economics, 26(1), 1520–1543.

Jabbour, A. B. L. De S., Jabbour, C. J. C., Hingley, M., & Vilalta-Perdomo, E. (2020). Sustainability Of Supply Chains In The Wake Of The Coronavirus (Covid-19/Sars-Cov-2) Pandemic: Lessons And Trends. Modern Supply Chain Research And Applications Ahead-Of-Print(Ahead-Of-Print), 3(1). Https://Doi.Org/10.1108/Mscra-05-2020-0011

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.

Koppell, J. G. (2019). World Rule: Accountability, Legitimacy, And The Design Of Global Governance. University Of Chicago Press.

Kumar, H., Singh, M. K., Gupta, M. P., & Madaan, J. (2020). Moving Towards Smart Cities: Solutions That Lead To The Smart City Transformation Framework. Technological Forecasting And Social Change, 2(1), 1–16.

Kurniawan, A., & Puspita, A. (2021). Factors That Influence Impulsive Buying. Jass (Journal Of Accounting For Sustainable Society), 3(02), 1–10. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35310/Jass.V3i02.891

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi.

Muslih, M., & Maghfiroh, O. I. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Manajemen Risiko Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 7(2), 1070–1086. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V7i2.3063

Nugroho, L., Utami, W., Sanusi, Z. M., & Fadzilah, W. (2020). Corporate Governance And Transparency Of Local Government In Indonesia. International Journal Of Financial Research, 11(1), 28–36.

Permas, I. B. M. S. I., Atmadja, A. T., & Prayudi, M. A. (2017). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bengkala Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Inklusi). Jimat (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2), 10–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jimat.V8i2.13138

Pratiwi, A., & Sari, M. P. (2022). Peningkatan Kualitas Tata Kelola Dana Pendidikan: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Sektor Publik, 13(1), 45–60.

Purnomo, B. S. (2021). Transparency And Accountability Of School Operational Assistance Fund Management. Jurnal Akuntansi, 25(3), 429–446.

Rahman, I. K., Adiputra, I. M. P., & Hasniasari, R. (2023). Collaborative Governance In The Management Of School Operational Assistance Funds: A Case Study In Indonesia. Cogent Business & Management, 10(1), 2167089.

Shulevitz, A. (2018). Teaching Integrity In The Early Years: The Power Of Storytelling. Young Children, 73(2), 70–77.

Sopanah, A., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kinerja Pengelolaan Dana Bos. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 226–242.

Stephens, J. M., & Wangaard, D. B. (2016). The Achieving With Integrity Seminar: An Integrative Approach To Promoting Moral Development In Secondary School Classrooms. International Journal For Educational Integrity, 12(1), 1–16.

Sujarweni, V. W. (2022). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(2), 1–10.

Surya, R. A. S. (2018). Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bos Dalam Meningkatkan Partisipasi Orang Tua Murid. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 100–112.

Suryono, E., & Chariri, A. (2016). Sikap, Norma Subjektif, Dan Intensi Pegawai Negeri Sipil Untuk Mengadukan Pelanggaran (Whistle-Blowing). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 13(1), 102–116.

Wibowo, A., & Alsa, A. (2020). Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Dana Bos: Studi Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 20(1), 103–116.

Yulianti, D. (2020). Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Anggaran Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 74–84.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Simanjuntak, M. N., Nafiati, D. A., & Hendaryati, N. (2024). Menuju Pendidikan Berintegritas: Studi Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Dana BOS. Journal of Education Research, 5(4), 6191–6197. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1588

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)