Menuju Pendidikan Berintegritas: Studi Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Dana BOS
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1588Keywords:
transparansi, akuntabilitas, pengelolaan dana BOSAbstract
Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pengelolaan dana BOS yang transparan dan akuntabel di tingkat sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Bendahara I, Bendahara II, Komite Sekolah, dan Wali Murid. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi laporan keuangan. Data dianalisis menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan sekolah telah melakukan upaya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS, seperti menyusun laporan keuangan, keterbukaan informasi kepada publik, dan menerapkan mekanisme pengawasan internal yang efektif. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun upaya yang dilakukan sudah baik, masih diperlukan penguatan pengawasan dan peningkatan kapasitas manajemen keuangan. Penelitian ini menyarankan perlunya penguatan pengawasan internal, peningkatan kemampuan manajerial keuangan, dan pengembangan komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan.
Downloads
References
Duckworth, A. L., Taxer, J. L., Eskreis-Winkler, L., Galla, B. M., & Gross, J. J. (2019). Self-Control And Academic Achievement. Annual Review Of Psychology, 70, 373–399.
Hakim, L. (2021). Evaluasi Implementasi Good Governance Dalam Pengelolaan Dana Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(2), 150–165.
Hallak, J., & Poisson, M. (2018). Corrupt Schools, Corrupt Universities: What Can Be Done? Unesco International Institute For Educational Planning.
Halstead, J. M., & Taylor, M. J. (2020). The Development Of Values, Attitudes And Personal Qualities: A Review Of Recent Research. Cambridge Journal Of Education, 50(1), 1–19.
Heyrani, F., Banimahd, B., & Roudposhti, F. R. (2021). Investigation Of The Effect Of Auditors’ Professional And Organizational Commitment On Their Whistleblowing: The Moderating Role Of Ethical Climate. International Journal Of Finance & Economics, 26(1), 1520–1543.
Jabbour, A. B. L. De S., Jabbour, C. J. C., Hingley, M., & Vilalta-Perdomo, E. (2020). Sustainability Of Supply Chains In The Wake Of The Coronavirus (Covid-19/Sars-Cov-2) Pandemic: Lessons And Trends. Modern Supply Chain Research And Applications Ahead-Of-Print(Ahead-Of-Print), 3(1). Https://Doi.Org/10.1108/Mscra-05-2020-0011
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.
Koppell, J. G. (2019). World Rule: Accountability, Legitimacy, And The Design Of Global Governance. University Of Chicago Press.
Kumar, H., Singh, M. K., Gupta, M. P., & Madaan, J. (2020). Moving Towards Smart Cities: Solutions That Lead To The Smart City Transformation Framework. Technological Forecasting And Social Change, 2(1), 1–16.
Kurniawan, A., & Puspita, A. (2021). Factors That Influence Impulsive Buying. Jass (Journal Of Accounting For Sustainable Society), 3(02), 1–10. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35310/Jass.V3i02.891
Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi.
Muslih, M., & Maghfiroh, O. I. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Manajemen Risiko Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 7(2), 1070–1086. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V7i2.3063
Nugroho, L., Utami, W., Sanusi, Z. M., & Fadzilah, W. (2020). Corporate Governance And Transparency Of Local Government In Indonesia. International Journal Of Financial Research, 11(1), 28–36.
Permas, I. B. M. S. I., Atmadja, A. T., & Prayudi, M. A. (2017). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bengkala Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Inklusi). Jimat (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2), 10–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jimat.V8i2.13138
Pratiwi, A., & Sari, M. P. (2022). Peningkatan Kualitas Tata Kelola Dana Pendidikan: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Sektor Publik, 13(1), 45–60.
Purnomo, B. S. (2021). Transparency And Accountability Of School Operational Assistance Fund Management. Jurnal Akuntansi, 25(3), 429–446.
Rahman, I. K., Adiputra, I. M. P., & Hasniasari, R. (2023). Collaborative Governance In The Management Of School Operational Assistance Funds: A Case Study In Indonesia. Cogent Business & Management, 10(1), 2167089.
Shulevitz, A. (2018). Teaching Integrity In The Early Years: The Power Of Storytelling. Young Children, 73(2), 70–77.
Sopanah, A., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kinerja Pengelolaan Dana Bos. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 226–242.
Stephens, J. M., & Wangaard, D. B. (2016). The Achieving With Integrity Seminar: An Integrative Approach To Promoting Moral Development In Secondary School Classrooms. International Journal For Educational Integrity, 12(1), 1–16.
Sujarweni, V. W. (2022). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(2), 1–10.
Surya, R. A. S. (2018). Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bos Dalam Meningkatkan Partisipasi Orang Tua Murid. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 100–112.
Suryono, E., & Chariri, A. (2016). Sikap, Norma Subjektif, Dan Intensi Pegawai Negeri Sipil Untuk Mengadukan Pelanggaran (Whistle-Blowing). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 13(1), 102–116.
Wibowo, A., & Alsa, A. (2020). Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Dana Bos: Studi Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 20(1), 103–116.
Yulianti, D. (2020). Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Anggaran Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 74–84.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Melissa Nathania Simanjuntak, Dewi Amaliah Nafiati, Neni Hendaryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).