Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PGSD melalui Peer Teaching pada Perencanaan Pembelajaran SD

Authors

  • M. Irfan Hasanuddin Universitas Khairun, Indonesia
  • Dwi Widyastuti Nurharyanto Universitas Khairun, Indonesia
  • M. Imran Hasanuddin Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Suhardi Abdullah Universitas Khairun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1581

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, PeerTeaching, Mahasiswa PGSD, Perencanaan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada mahasiswa semester IV Program Studi PGSD, Universitas Khairun. Sebanyak 30 mahasiswa melaksanakan peerteaching dalam matakuliah perencanaan pembelajaran SD. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat sejauh mana kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh mahasiswa PGSD sebagai calon guru di masa depan. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian praktik peerteaching yang terdiri dari 17 komponen. Penilaian dilakukan pada kegiatan perencanaan pembelajaran, perangkat yang digunakan, proses pembelajaran hingga evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pedagogik mahasiswa masih berada pada kategori kurang baik (berada pada skor 3). Dari 17 komponen yang dianalisis, seluruh komponen tersebut tidak ada yang mendapatkan rata-rata skor maksimal. Pada aspek-aspek mendasar seperti menyiapkan kelas, penyampaian materi dan pelaksanaan asesmen mendapatkan total penguasaan yang kurang dari 50% jumlah mahasiswa. Peningkatan kualitas kompetensi pedagogik mahasiswa perlu ditingkatkan melalui pelatihan rutin di dalam kampus maupun diluar kampus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2021) ‘Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru’, JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), p. 23. doi: 10.32832/jpg.v2i1.4099.

Aulia, D., Murni, I. and Desyandri, D. (2023) ‘Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM)’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), pp. 800–807. doi: 10.29303/jipp.v8i1b.1310.

Bray, D. A., Girvan, D. C. and Chorcora, E. N. (2023) ‘Students’ perceptions of pedagogy for 21st century learning instrument (S-POP-21): Concept, validation, and initial results’, Thinking Skills and Creativity. Elsevier Ltd, 49(May), p. 101319. doi: 10.1016/j.tsc.2023.101319.

Budirahayu, T. and Saud, M. (2023) ‘Pedagogical innovation and teacher collaborations in supporting student learning success in Indonesia’, Cogent Education. Cogent, 10(2), pp. 1–17. doi: 10.1080/2331186X.2023.2271713.

Bukit, S. and Tarigan, E. (2022) ‘Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar’, Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 13(2), pp. 110–120. doi: 10.36417/widyagenitri.v13i2.490.

Fabelico, F. L. and Afalla, B. T. (2023) ‘Revisiting the curriculum: Insights from pedagogical competence and academic performance of preservice teachers’, Cogent Education. Cogent, 10(2), pp. 1–13. doi: 10.1080/2331186X.2023.2272597.

Fahkiroh, A., Fatmawati, D. P. and Amalia, S. R. (2023) ‘Studi Literatur: Literasi Digital Sebagai Dasar dari Kompetensi Pedagogik pada Calon Guru Matetatika di Era Society 5.0’, ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), pp. 529–538. Available at: https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1246.

Huda, M. (2019) ‘The problematic : Teachers ’ pedagogical ability in using technology on mathematics learning of junior high school’, 1200, pp. 1–10. doi: 10.1088/1742-6596/1200/1/012009.

Kuntarto, E., Maryono, M. and Sholeh, M. (2023) ‘Kompetensi pedagogik guru sekolah dasar sebagai pendukung program merdeka belajar’, Jurnal Inspirasi Pendidikan, 13(1), pp. 12–18. doi: 10.21067/jip.v13i1.7642.

Ladjamba, S. et al. (2023) ‘Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Siswa Kelas IV Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), pp. 956–960. Available at: http://www.nber.org/papers/w16019.

Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I. and Yuliana, I. (2023) ‘Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka’, Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(3), pp. 153–160. doi: 10.26740/jrpd.v9n3.p153-160.

Merdekawaty, A. and Suryani, E. (2024) ‘Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka’, 16(2), pp. 103–109.

Mn, F. R. et al. (2024) ‘Pendampingan penyusunan instrumen asesmen diagnostik matematika untuk mendesain pembelajaran beriferensiasi di Sekolah Dasar’, 8, pp. 771–779.

Nandini, S. et al. (2024) ‘Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Asesmen Diagnostik pada Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka’, Journal of educatian, cultural and politics, 4(2), pp. 333–345.

Nurwahidah, I. (2020) ‘Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Ipa Program Studi Pendidian Ipa’, EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), pp. 22–33. doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1957.

Pondee, P., Panjaburee, P. and Srisawasdi, N. (2021) ‘Preservice science teachers’ emerging pedagogy of mobile game integration: a tale of two cohorts improvement study’, Research and Practice in Technology Enhanced Learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 16(1). doi: 10.1186/s41039-021-00152-0.

Putra, A. E. et al. (2023) ‘Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru’, Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), pp. 201–211. doi: 10.37985/murhum.v4i1.185.

Rahma, F. A., Harjono, H. S. and Sulistyo, U. (2023) ‘Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital’, Jurnal Basicedu, 7(1), pp. 603–611. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4653.

Ricaurte, P. (2016) ‘Pedagogies for the open knowledge society’, International Journal of Educational Technology in Higher Education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 13(1). doi: 10.1186/s41239-016-0033-y.

Rifqiyah, F. and Nugraheni, N. (2023) ‘Analisis Kesiapan Belajar Siswa untuk Pemenuhan Capaian Kurikulum Merdeka dengan Pembelajaran Berdiferensiasi’, Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), p. 145. doi: 10.30595/jrpd.v4i2.16052.

Sunaryati, T., Sudharsono, M. and Alpian, Y. (2023) ‘Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar’, Janacitta, 6(2), pp. 85–93. doi: 10.35473/jnctt.v6i2.2575.

Wulandari, K., Pertiwi, N. A. S. and Prihatiningtyas, S. (2023) ‘Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Melalui Peer Teaching Pada Mata’, Journal of Education and Management Studies, 6(2), pp. 17–21.

Wulanndari, E., Sukiyanto and Mujiyanto (2024) ‘Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru’, Jurnal Educatio, 10(1), pp. 98–104. Available at: https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/6582%0Ahttps://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6582.

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

Hasanuddin, M. I., Nurharyanto, D. W., Hasanuddin, M. I., & Abdullah, S. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PGSD melalui Peer Teaching pada Perencanaan Pembelajaran SD. Journal of Education Research, 5(4), 4764–4771. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1581

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check