Studi Berbasis Korpus Digital terhadap Kesalahan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1580Keywords:
Kesalahan Ejaan, Skripsi, Korpus DigitalAbstract
Penelitian ini berupaya memberikan analisis komprehensif terhadap kesalahan ejaan yang terdapat pada skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang pada tahun ajaran 2022/2023 dengan berbasis korpus digital. Linguistik korpus digunakan sebagai metodologi pengumpulan dan analisis data untuk mengidentifikasi permasalahan ejaan pada skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang tahun akademik 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode campuran, yang mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik campuran sekuensial eksplanatori. Temuan penelitian ini mengungkap adanya kesalahan ejaan pada skripsi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang tahun ajaran 2022/2023 yang teridentifikasi melalui penggunaan aplikasi korpus digital. Teks tersebut mengandung total 2.646 kesalahan ejaan, yang dapat dipecah menjadi 62 kesalahan penulisan huruf kapital, 1.543 kesalahan kata depan, 6 kesalahan kombinasi kata, 310 kesalahan penulisan partikel, 446 kesalahan penulisan kata dasar, 93 kesalahan penulisan imbuhan, dan 186 kesalahan penulisan tanda baca.. Namun, tidak ditemukan kesalahan dalam penulisan unsur serapan karena keterbatasan pada korpus. Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi korpus digital dapat berfungsi sebagai pilihan yang tepat untuk menganalisis kesalahan ejaan dalam kumpulan data yang luas, sehingga menawarkan temuan baru di lapangan
Downloads
References
Alfin, J. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. LKIS.
Budiawan, R. Y., & Birgante, C. S. (2018). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis dalam Pemelajaran BIPA di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. Seminar Nasional Bulan Bahasa 1.
Budiawan, R. Y. S., Ulfiyani, S., & Mualafina, R. F. (2020). Pelanggaran Kaidah Antiplagiasi dalam Karya Ilmiah Mahasiswa Univeristas PGRI Semarang. 1. 2020.
Budiawan, Raden Yusuf Sidiq. Rukayati Rukayati. (2018). “Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 2, no. 1.https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428.
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4 ed.). Pustaka Pelajar.
Fauziyah Haqiqi, F., Ayu Maharani, S., & Khoiriyah, S. (2021). Kesalahan Ejaan pada Proposal Skripsi Mahasiswa BIPA UIN Raden Mas Said Surakarta. Hasta Wiyata, 4(2), 198–209. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2021.004.02.08.
Fatin, A. N., Budiawan, R. Y. S., & Mualafina, R. F. (2024). Metafora Konseptual pada Kata Hati dalam Korpus Bahasa Indonesia. 5(2). 2024.
Hasanah, S. U., & Utami, D. P. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Skripsi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 241–248. https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.829.
Helda, T., Elvia, D., Yulianti, U., & Kamcani, F. (2023). Analysis of Indonesian Spelling Error in Student Scientific Articles. Volume 11(1).
https://ejaan.kemdikbud.go.id/
Kemal, F., Yanti, P. G., & Ghozali, A. S. (2024). Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Kumpulan Layang-Layang Kenangan Karya Deden Suganda Sebagai Pembelajaran Berbasis Karakter: Nilai-Nilai Tasawuf Pada Kumpulan Puisi Layang-Layang Kenangan. Semantik, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p1-14.
Kustina, R. (2018). Analisis Kesalahan EJjaan Pada Karya Ilmiah Mahasiswa Bahasa Indonesia STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Metamorfosa, 6(1).
Marselina, Suci. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Artikel Ilmiah Mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci. 2(1).
Panike, D. D. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 05 Kepahiang. Institute Agama Islam Negeri Bengkulu.
Parera, J. D. (1994). Linguistik Edukasional Metodologi Pembelajaran Bahasa Analisis Konstrastif Antarbahasa Analisis Kesalahan Berbahasa (2 ed.). Erlangga.
Prasetya, A. D. A. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Makalah Mahasiswa Stkip Al Hikmah Surabaya (Kajian Mata Kuliah Bahasa Indonesia).
Sari, D. I. P., Jaya, W. S., & Abdulloh. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Latar Belakang Skripsi Mahasiswa Non Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung. STKIP PGRI Bandar Lampung.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (29 ed.). Alfabeta.
Supriadin. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Skripsi MahasiswaProgram Studi Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan. 4(4). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Shafa Aura Alifya, Raden Yusuf Sidiq Budiawan, Icuk Prayogi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).