Meta Analisis: Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan TPS
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1576Keywords:
Number Head Together, Think Pair ShareAbstract
Pembelajaran matematika sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian akademis siswa, sehigga penting untuk mengevaluasi efektivitas berbagai model ajar kooperatif. Dua model ajar kooperatif yang populer dalam pengajaran matematika adalah Numbered Heads Together (NHT) dan Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini merupakan meta-analisis yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas edukasi matematika di sekolah, dengan fokus pada perbandingan hasil belajar peserta didik yang memanfaatkan model ajar kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model mana yang lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan dan pencapaian akademis murid dalam mata pelajaran matematik. Dalam perbandingan kedua model tersebut, ukuran efek digunakan sebagai ukuran utama untuk menilai dampak dari masing-masing model. Analisis statistik menunjukkan bahwa model NHT lebih efektif dibandingkan model TPS dalam meningkatkan hasil belajar matematika, dengan nilai = 8,23 yang signifikan dibandingkan dengan =1,96, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak. Hasil ini menegaskan adanya perbedaan signifikan dalam efektivitas kedua model pembelajaran kooperatif tersebut. Meskipun kedua model bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui interaksi dan kolaborasi siswa, model NHT terbukti memberikan dampak yang lebih positif
Downloads
References
Aliputri, D. H., Sulasmono, B. suteng, & Setyaningtyas, E. W. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 5(2), 168–182.
Arham, A., Zakaria, P., Katili, N., & Damayanti, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Matriks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(2), 148–157. https://doi.org/10.37905/jmathedu.v4i2.17473
Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. 3(2), 84–93.
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789
Galistiani, R. pramudya, Rudyanto, H. E., & Supini. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETER (NHT) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 6325–6334.
Hidayatullah, A., Syamsuri, S., Fathurrohman, M., & Nindiasari, H. (2024). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Tps Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 591–596. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.535
Jannah, G. N. (2020). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAMBAH HILIR, ROKAN HULU.
Jayantika, I. gusti agung N. T., Sudina, N. W. U. yushri A., Oktapani, K. S. A., & Adnyani, ni luh G. W. (2024). Emasains Emasains. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(1), 1–12.
Jelatu, S., Amul, M. I., & Jundu, R. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGHETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA. 4(2013), 12–17.
Khairunisa, R. W. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. 1(1), 113–124.
Lindung, M. E. S., Wiayat, E., & Listiana, Y. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. 3(April), 1–8.
Moelyani, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. 8(3).
Ni Nyoman Wedi. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 4(1), 55–63. https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i1.8460
Ningsih, Y. M., Sucipto, L., & Fitriyah, A. T. (2021). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ( TPS ) terhadap motivasi belajar matematika siswa MTs. 01(01), 26–39.
Pangestu, C. B., & Kadir. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Journal of Mathematics Education (AJME), 1(2010), 54–62.
Praduana, A., Ardiana, N., & Ahmad, M. (2023). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Angkola Timur. … (Mathematic Education Journal …, 6(2), 11–21. https://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/5113%0Ahttps://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/download/5113/3004
Putri, E. S., Tiurlina, & Fatihaturosyidah. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas III SDN Undar Andir 2. Jurnal Perseda, VI(1), 60–64.
Rahayu, K. K., & Wirevenska, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIR – SHARE ( TPS ) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Serunai Matematika, 11(2), 84–91. https://doi.org/10.37755/jsm.v11i2.173
Tambunan, M. A. syah. (2019). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DAN NHT (NUMBERED HEAD TOHETHER) PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DI KELAS VII MTS. AL-WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. 160.
Vivi Muliandari, P. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Wardini, H. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA YADINU MASBAGIK LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. 1–19.
Widyastuti, P. I., & Rahayu, T. S. (2021). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tipe TPS dan TSTS Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 17. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33565
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Widianti Widianti, Nurdin Nurdin, Hafsyah Hafsyah, Rustiani S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).