Literature Review: Media Game Edukasi Interaktif dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1573Keywords:
Game Edukasi, Media Pembelajaran, MatematikaAbstract
Pembelajaran matematika sering kali dianggap menantang oleh banyak siswa, terutama ketika konsep-konsep abstrak harus dipahami secara mendalam. Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa terhadap matematika, para pendidik mulai mencari pendekatan yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media game indukasi interaktif dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode literature review. Literature review adalah sebuah tinjauan yang komprehensif terhadap penelitian-penelitian yang telah ada terkait dengan topic atau bidang studi tertentu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media game edukasi interaktif dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika, penggunaan game edukasi interaktif membuat siswa menjadi bersemangat dan tidak merasa bosan dalam belajar, media game edukasi interaktif berpengaruh dalam meningkatkan minat, motivasi, prestasi, dan hasil belajar siswa. Dan media game edukasi interaktif ini juga dapat menjadi salah satu media pembelajaran matematika yang dapat digunakan oleh para guru dalam proses belajar mengajar dan dapat mempermudah siswa dalam belajar matematika
Downloads
References
Amanda, D. A., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(2), 160–168.
Angwarmasse, P., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan game edukasi labirin matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VI sekolah dasar. 7(1), 46–52.
Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2023). Pengembangan Game Edukasi Digital Dengan Educandy dalam Pembelajaran Matematika. 58, 253–260.
Arifah, risqi ervera nur, Sukirman, & Sujalwo. (2019). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BILOMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(6), 617–624. https://doi.org/10.25126/jtiik.201961310
Arisandy, D., Marzal, J., & Maison. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.30762/factor-m.v4i1.3355
Damarjati, S., & Miatum, A. (2019). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis.
Eldiana, novia frisda, & Muliawati, novita eka. (2019). PENGEMBANGAN GAME “COC” RPG MAKER MV SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KPK. 5(2), 150–161.
Enjelita, Oktaviana, D., & yadi ardiawan. (2023). Pengembangan Game edukasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Software Construct 2 terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. 3(1), 1–12.
Febriani, S. W., Sandie, S., & Darma, Y. (2023). Game Edukasi Matematika Berbantuan Rpg Maker Mv Materi Bangun Datar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 172. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9936
Gunawan, E., Su;istyowati, & Rusdiana, L. (2022). APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT DASAR BERBASIS ANDROID. 16(1), 107–112.
Gusteti, meria ultra, & Neviyarni. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. 3(3), 636–646.
Hendrawan, G. B., & Marlina, R. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Digital Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 395. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10288
Inayati, I., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Materi Persamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 72–82.
Karseno, Sariyaa, & Astawan, I. g. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA TOPIK BILANGAN BULAT KELAS VI SEKOLAH DASAR. 5(2).
Kartika, Y., Wahyuni, R., Sinaga, B., & Rajagukguk, J. (2019). Improving Math Creative Thinking Ability by using Math Adventure Educational Game as an Interactive Media. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012078
Kristanto, A., Mustaji, Mariono, A., Sulistiowati, & Afifah. (2019). Development of education game media for xii multimedia class students in vocational school. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012117
Luthfya, ulya za’im. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Beruang Pintar (Belajar Bangun Ruang Pintar)” untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. 8(2), 289–299.
Meha, indra landu, & alfrian carmen talakua. (2023). Game Edukasi Matematika untuk Minat Belajar Berhitung Berbasis Android Indra. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian …, 351–359. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/657%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/download/657/375
Muhtarom, Adrillian, H., M.H, achmad bahrul huda, & Ribowo, M. (2022). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP. 6(2), 95–108. https://doi.org/10.36526/tr.v
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP 2 BOJONEGARA. 03(01), 64–73.
ni kadek dwi yuniani, olliviani rahmaputri, helmi rohyani, A. (2023). Penerapan Media Megasiz (Media Game Edukasi Quizizz) Untuk Meningkatkan Hasil. Journal of Science Instruction and Technology Vol. 3 No. 2. 2023: 146-152, 3, 146–152.
Permastasari, S., Asikin, M., & Dewi (Nino Adhi), N. R. (2022). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA “MaTriG” DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 3 DI SMP. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 21. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.21-30
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review : Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. 3(1), 30–43.
Rahma, & Nurhayati. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 38–41.
Robbuhu, a. khuwarismu ijtaba, & Editya, arda surya. (2023). Game Edukasi Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Ncdr, 1(1), 1–8. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ncdr/
Ruhsoh Triyani. (2023). Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 40–49. https://doi.org/10.59108/ime.v1i1.24
Safitri, arum widya, Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan Game Edukasi dengan Konteks Kearifan Lokal Banten pada Materi Matriks. 4(2), 319–328.
Saputra, D. S., Yuliati, Y., & Rachmadtullah, R. (2019). Use of ladder snake media in improving student learning outcomes in mathematics learning in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012058
Vankus, P. (2021). Influence of game-based learning in mathematics education on the students’ cognitive and affective domain: A systematic review. Mathematics, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1105806
Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357
Wulandari, A., & Lestari, A. S. B. (2023). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Game Quizizz pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30265–30271.
Yeh, C. Y. C., Cheng, H. N. H., Chen, Z. H., Liao, C. C. Y., & Chan, T. W. (2019). Enhancing achievement and interest in mathematics learning through Math-Island. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41039-019-0100-9
Yuliana, R., Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2022). Pengembangan Game Edukasi matematika berbasis android menggunakan sofware construct 2 terhadap kemampuan pemahaman matematis. 83–90.
Zuliyanti, P., Sukirwan, & Yuhana, Y. (2021). Persepsi Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran. 05(02), 1462–1475.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nurhikmah Nurhikmah, Rustiani S, Nurdin Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).