Literature Review: Media Game Edukasi Interaktif dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Nurhikmah Nurhikmah Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia
  • Rustiani S Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia
  • Nurdin Nurdin Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1573

Keywords:

Game Edukasi, Media Pembelajaran, Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika sering kali dianggap menantang oleh banyak siswa, terutama ketika konsep-konsep abstrak harus dipahami secara mendalam. Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa terhadap matematika, para pendidik mulai mencari pendekatan yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media game indukasi interaktif dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode literature review. Literature review adalah sebuah tinjauan yang komprehensif terhadap penelitian-penelitian yang telah ada terkait dengan topic atau bidang studi tertentu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media game edukasi interaktif dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika, penggunaan game edukasi interaktif membuat siswa menjadi bersemangat dan tidak merasa bosan dalam belajar, media game edukasi interaktif berpengaruh dalam meningkatkan minat, motivasi, prestasi, dan hasil belajar siswa. Dan media game edukasi interaktif ini juga dapat menjadi salah satu media pembelajaran matematika yang dapat digunakan oleh para guru dalam proses belajar mengajar dan dapat mempermudah siswa dalam belajar matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, D. A., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(2), 160–168.

Angwarmasse, P., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan game edukasi labirin matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VI sekolah dasar. 7(1), 46–52.

Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2023). Pengembangan Game Edukasi Digital Dengan Educandy dalam Pembelajaran Matematika. 58, 253–260.

Arifah, risqi ervera nur, Sukirman, & Sujalwo. (2019). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BILOMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(6), 617–624. https://doi.org/10.25126/jtiik.201961310

Arisandy, D., Marzal, J., & Maison. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.30762/factor-m.v4i1.3355

Damarjati, S., & Miatum, A. (2019). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis.

Eldiana, novia frisda, & Muliawati, novita eka. (2019). PENGEMBANGAN GAME “COC” RPG MAKER MV SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KPK. 5(2), 150–161.

Enjelita, Oktaviana, D., & yadi ardiawan. (2023). Pengembangan Game edukasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Software Construct 2 terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. 3(1), 1–12.

Febriani, S. W., Sandie, S., & Darma, Y. (2023). Game Edukasi Matematika Berbantuan Rpg Maker Mv Materi Bangun Datar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 172. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9936

Gunawan, E., Su;istyowati, & Rusdiana, L. (2022). APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT DASAR BERBASIS ANDROID. 16(1), 107–112.

Gusteti, meria ultra, & Neviyarni. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. 3(3), 636–646.

Hendrawan, G. B., & Marlina, R. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Digital Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 395. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10288

Inayati, I., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Materi Persamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 72–82.

Karseno, Sariyaa, & Astawan, I. g. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA TOPIK BILANGAN BULAT KELAS VI SEKOLAH DASAR. 5(2).

Kartika, Y., Wahyuni, R., Sinaga, B., & Rajagukguk, J. (2019). Improving Math Creative Thinking Ability by using Math Adventure Educational Game as an Interactive Media. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012078

Kristanto, A., Mustaji, Mariono, A., Sulistiowati, & Afifah. (2019). Development of education game media for xii multimedia class students in vocational school. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012117

Luthfya, ulya za’im. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Beruang Pintar (Belajar Bangun Ruang Pintar)” untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. 8(2), 289–299.

Meha, indra landu, & alfrian carmen talakua. (2023). Game Edukasi Matematika untuk Minat Belajar Berhitung Berbasis Android Indra. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian …, 351–359. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/657%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/download/657/375

Muhtarom, Adrillian, H., M.H, achmad bahrul huda, & Ribowo, M. (2022). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP. 6(2), 95–108. https://doi.org/10.36526/tr.v

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP 2 BOJONEGARA. 03(01), 64–73.

ni kadek dwi yuniani, olliviani rahmaputri, helmi rohyani, A. (2023). Penerapan Media Megasiz (Media Game Edukasi Quizizz) Untuk Meningkatkan Hasil. Journal of Science Instruction and Technology Vol. 3 No. 2. 2023: 146-152, 3, 146–152.

Permastasari, S., Asikin, M., & Dewi (Nino Adhi), N. R. (2022). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA “MaTriG” DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 3 DI SMP. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 21. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.21-30

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review : Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. 3(1), 30–43.

Rahma, & Nurhayati. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 38–41.

Robbuhu, a. khuwarismu ijtaba, & Editya, arda surya. (2023). Game Edukasi Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Ncdr, 1(1), 1–8. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ncdr/

Ruhsoh Triyani. (2023). Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 40–49. https://doi.org/10.59108/ime.v1i1.24

Safitri, arum widya, Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan Game Edukasi dengan Konteks Kearifan Lokal Banten pada Materi Matriks. 4(2), 319–328.

Saputra, D. S., Yuliati, Y., & Rachmadtullah, R. (2019). Use of ladder snake media in improving student learning outcomes in mathematics learning in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012058

Vankus, P. (2021). Influence of game-based learning in mathematics education on the students’ cognitive and affective domain: A systematic review. Mathematics, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1105806

Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357

Wulandari, A., & Lestari, A. S. B. (2023). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Game Quizizz pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30265–30271.

Yeh, C. Y. C., Cheng, H. N. H., Chen, Z. H., Liao, C. C. Y., & Chan, T. W. (2019). Enhancing achievement and interest in mathematics learning through Math-Island. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41039-019-0100-9

Yuliana, R., Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2022). Pengembangan Game Edukasi matematika berbasis android menggunakan sofware construct 2 terhadap kemampuan pemahaman matematis. 83–90.

Zuliyanti, P., Sukirwan, & Yuhana, Y. (2021). Persepsi Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran. 05(02), 1462–1475.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Nurhikmah, N., S, R., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Media Game Edukasi Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Education Research, 5(4), 4382–4390. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1573

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check