Strategi Penumbuhan Minat Baca Remaja Melalui Modifikasi Cerita Rakyat
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.157Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunya minat baca pada usia remaja yang mengakibatkan rendahnya pengetahuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca remaja melalui modifikasi cerita rakyat asal-usul jaranan dan mendokumentasikan minat baca remaja dan tingkat pemahaman bacaan setelah membaca modifikasi cerita rakyat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modifikasi cerita rakyat menjadi salah satu alternatif yang mampu menstimulus remaja belajar untuk dapat lebih tertarik dalam membaca melalui memodifikasi cerita rakyat asal-usul jaranan. Hal ini dibuktikan dari 30 responden yang telah membaca modifikasi cerita rakyat asal-usul jaranan hanya ada 2 responden yang tidak tertarik membaca cerita rakyat asal-usul jaranan yang asli atau cerita rakyat yang lain.
Downloads
References
Aulia, Mila. “Optimalisasi Taman Bacaan Masyarakat Menumbuhkan Minat Baca di Kalangan Remaja”. Vol. 1, No. 3, 2018, (Online), (https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/734/246), diakses 30 juni 2021)
Anggidesialamia, H. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Melalui Review Konten Cerita Rakyat Pada Aplikasi Youtube. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 75. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3779
Gusnetti, dkk. “Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat”. Vol. 1, No. 2, 2015, (Online), (https://www.neliti.com/publications/79730/struktur-dan-nilai-nilai-pendidikan-dalam-cerita-rakyat-kabupaten-tanah-datar-pr), diakses 30 juni 2021).
Hastuti, S. (n.d.). Sri Hastuti, Suryo Ediyono., Menulis cerita rakyat …. 87–90.
Kompri. (2017). Belajar; Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Purwandari, Retno dan Qoni’ah. (2015). Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Istana Media.
Putri Dyah Purnama Putri dan Ary Setyadi.” Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Daftar Provinsi Sumatera Barat’. Vol 6, No. 4, (Online), (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23214), diakses 30 juni).
Setyawatira, Rina. “Kondisi Minat Baca di Indonesia”. Vol. 16, No. 1&2, 2009, (Online), (https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/904/882), diakses 29 juni 2021).
Sugihartati, Rahma. (2010). Membaca, Gaya Hidup dan Kapitaisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Stania Hibatulloh, Nur Lailatus Sa’adah, Iwan Marwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).