Strategi Penumbuhan Minat Baca Remaja Melalui Modifikasi Cerita Rakyat

Authors

  • Stania Hibatulloh Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Nur Lailatus Sa’adah Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Iwan Marwan Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.157

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunya minat baca pada usia remaja yang mengakibatkan rendahnya pengetahuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca remaja melalui modifikasi cerita rakyat asal-usul jaranan dan mendokumentasikan minat baca remaja dan tingkat pemahaman bacaan setelah membaca modifikasi cerita rakyat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modifikasi cerita rakyat menjadi salah satu alternatif yang mampu menstimulus remaja belajar untuk dapat lebih tertarik dalam membaca melalui memodifikasi cerita rakyat asal-usul jaranan. Hal ini dibuktikan dari 30 responden yang telah membaca modifikasi cerita rakyat asal-usul jaranan hanya ada 2 responden yang tidak tertarik membaca cerita rakyat asal-usul jaranan yang asli atau cerita rakyat yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, Mila. “Optimalisasi Taman Bacaan Masyarakat Menumbuhkan Minat Baca di Kalangan Remaja”. Vol. 1, No. 3, 2018, (Online), (https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/734/246), diakses 30 juni 2021)

Anggidesialamia, H. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Melalui Review Konten Cerita Rakyat Pada Aplikasi Youtube. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 75. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3779

Gusnetti, dkk. “Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat”. Vol. 1, No. 2, 2015, (Online), (https://www.neliti.com/publications/79730/struktur-dan-nilai-nilai-pendidikan-dalam-cerita-rakyat-kabupaten-tanah-datar-pr), diakses 30 juni 2021).

Hastuti, S. (n.d.). Sri Hastuti, Suryo Ediyono., Menulis cerita rakyat …. 87–90.

Kompri. (2017). Belajar; Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Purwandari, Retno dan Qoni’ah. (2015). Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Istana Media.

Putri Dyah Purnama Putri dan Ary Setyadi.” Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Daftar Provinsi Sumatera Barat’. Vol 6, No. 4, (Online), (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23214), diakses 30 juni).

Setyawatira, Rina. “Kondisi Minat Baca di Indonesia”. Vol. 16, No. 1&2, 2009, (Online), (https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/904/882), diakses 29 juni 2021).

Sugihartati, Rahma. (2010). Membaca, Gaya Hidup dan Kapitaisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Hibatulloh, S., Sa’adah, N. L., & Marwan, I. (2023). Strategi Penumbuhan Minat Baca Remaja Melalui Modifikasi Cerita Rakyat . Journal of Education Research, 4(1), 267–275. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.157

Issue

Section

Articles

Citation Check