Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam Program Karisma Event Nusantara 2024 Di Kemenparekraf

Authors

  • Albertus Danar Adikristanto Ilmu Komunikasi, Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta, Indonesia
  • Gloria Angelita Ilmu Komunikasi, Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1569

Keywords:

Integrated Marketing Communication (IMC), Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, Metode Kualitatif Deskriptif, Strategi Pemasaran, Kemenparekraf

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam program Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi perencanaan dan pelaksanaan IMC serta dampaknya terhadap keberhasilan program dan ekonomi lokal. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IMC berperan signifikan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan memperkuat citra pariwisata Indonesia, meskipun tantangan dalam koordinasi informasi masih ada. Rekomendasi yang dihasilkan meliputi pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) untuk evaluasi, perpanjangan durasi event, dan peningkatan anggaran promosi. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif dalam mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, serta menawarkan saran praktis bagi Kemenparekraf dan peserta event untuk meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikampana, I. M., & Ratu, C. (2016). Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(1), 60-67. DOI: https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2016.v04.i01.p10.

Anggara, I. G., & Suryasih, I. A. (2019). Pengembangan Potensi Wisata Di Desa Wisata Yehembang Kangin Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(1), 23-29. ISSN: 2548-8937.

Anggita, K. (2020, Maret 23). Pariwisata jadi Sektor Pertama yang Paling Terdampak Covid-19. Diperoleh November 21, 2020, dari Medcom: https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/ZkeBQJAK-pariwisata-jadi-sektor- pertama-yang-paling-terdampak-Covid-19

Aryawan, I. W., & Hita, N. I. M. D. A. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK KEDATANGAN PENGUNJUNG DI WATERBOM BALI. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 21(2), 40-50.

Cangara, Hafied. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-commerce Management 6th Edition. Edinburgh, UK: Pearson Education Limited.

Chaffey, D., & Smith, P. (2017). Digital Marketing Excellence 5th Edition. New York, NY: Routledge.

Chaffey, D., & Smith, P. (2017). Digital Marketing Excellence 5th Edition. New York, NY: Routledge.

Cook, R. A., Hsu, C. H., & Taylor, L. L. (2018). Tourism: The Business of Hospitality and Travel 6th Edition. Boston: Pearson, Inc.

Cresswell, John. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Di Pietro, L., Di Virgilio, F., & Pantano, E. (2012). Social network for the choice of tourist destination: attitude and behavioural intention. Journal of Hospitality and Tourism Technology.

Dyanasari, R. &. Mutma, F. S. (2019). Perencanaan Komunikasi Pemasaran Wonderful Indonesia Sebagai Place Branding Indonesia. Communicare LSPR, 5( 2), 61-76. DOI: https://doi.org/10.37535/101005220185

Ekalista, P., & Hardianto, W. T. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Kartika Graha Mallang Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 20-26.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers.

Femi Diah (2020, September 18) Hiking di Sentul yang sedang naik daun. Diperoleh 2020 November 22, dari DetikTravel: https://travel.detik.com/travel-news/d-5178260/hiking-di-sentul-yang-sedang-naik-daun

Gunelius, Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Hafiar, H., Lidya, C., & Perbawasari, S. (2017). Destination Branding Kabupaten Ciamis Oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Destinasi Branding Ciamis Regency By Department of Tourism and Culture of West Java). Jurnal Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura, 11(2), 107-122. DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i2.3400

Hamzah, Y. I. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. JKI Kemenparekraf, 8(3), 1-9.

Hendriarto, S. (2022). POSITIVISME DAN POST POSITIVISME : REFLEKSI ATAS PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN PERENCANAAN KOTA DALAM TINJAUAN FILSAFAT ILMU DAN METODOLOGI PENELITIAN. Retrieved From ejournal.undip.ac.id.

Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Canada: John Willey & sons, Inc.

Kartajaya. (2017). marketing 4.0 moving from traditional to digital. canada: john willey & sons, inc, hoboken.

Kim, K. (2013). Tourism and Cultural Sustainability : A Case Study in Turkey. Journal of Hospitality and Tourism Research, 372-392.

Kotler, P. (2017). Marketing 4.0 : Moving From Traditional to Digital . Canada: John Willey & sons inc.

kundu. (2013). Tourism Development in India: A critical Analysis. Journal of Tourism and Hospitality Management, 1-14.

Liang, & Wang. (2016). Destination Image of Tourist: Effect of Travel Motivation and Memorable Tourism Experience. Etikonomi, 308-316.

M. A. (2015). The Impact of Intgrated Marketing Communications on Consumer Behavior: A case Study of Apple Computer, Inc. Journal of Management and Marketing Research, 1-13.

Muis, M. R., Gultom, D. K., & Azar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth : Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1-19.

Murdana. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Brand Awareness Pada PT. Dealpro Indonesia Bandung 2019. Jurnal Karya Ilmiah, 19-31.

Murhadi, Kholil, & Widowati, D. (2019). The Strategy of Integrated Marketing Communication(IMC) to Maintain the Image of Tourism Products and Attraction at Kawasan Kota Tua Jakarta. International Journal of Science and Research, 1-6.

Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan Sistematis Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. MEDIAPSI, 119-129.

Page, S. J. (2014). Tourism Management: Managing for Change. USA: Elsevier Ltd.

Page, S. J. (2015). Tourism Management. New York: Routledge is an imprint of the taylor&francis Group.

Park, S. (2020). Marketing Management. korea: Seohee Academy.

PARK, S. (2020). MARKETING MANAGEMENT. south korea: seohee academy.

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Membangun Awarness Wisata Halal di Ibukota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 78-89.

Ria, W. (2022). Bisnis dan Ekonomi Asia. Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan , Word of Mouth, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktok Shop, 236.

Riaeny, I. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA PRODUK KULINER TRADISIONAL. Jurnal Komunikasi, 184-194.

Sadriev, R. D. (2016). Control in Marketing Based Management. Academy of Marketing Studies Journal, 13-19.

Sadriev, R. D., & Akhmetshin, E. M. (2016). Control in Marketing Based Management. 13-17.

Sadriev, R. D., & Akhmetshin, E. M. (2016). Control in Marketing Based Management. Academy of Marketing Studies Journal, 13-19.

Simanjuntak, M., Setiawan, A., & Mistriani, N. (2021). Pemasaran Digital Pariwisata Idonesia. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Sinambela, E. A. (2021). Examing the Relationship Between Tourist Motivation, Touristic Attractiveness, and Revisit Intention. Journal of Social Science Student, 25-30.

Theodora, N. (2021). Relationship Between Integrated Marketing Communication and Brand Equality. International Journal of Social Science and Business, 280-283.

Theodora, N. (2021, march 19). Relationship Between Integrated Marketing Communication and Brand Equality. Retrieved from ejournal.undiksha.ac.id.

Universitas Negeri Yogyakarta (2023). Konsep Manajemen Event. Retrieved from https://staffnew.uny.ac.id

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Adikristanto, A. D., & Angelita, G. (2024). Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam Program Karisma Event Nusantara 2024 Di Kemenparekraf . Journal of Education Research, 5(3), 4186–4191. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1569

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check