Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Perilaku Bullying pada Peserta Didik di MTs
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1568Keywords:
Peran Guru, Mencegah, Mengatasi, Perilaku Bullying, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang peran guru dalam mencegah perilaku bullying pada peserta didik di MTS Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di MTS Muhammadiyah Purwokerto. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan analisis data bersifat induktif. Hasil penelitian ini bahwa peran guru dalam mencegah perilaku bullying di MTS Muhammadiyah Purwokerto yaitu membangun komunikasi efektif dengan siswa dengan adanya pembinaan wali kelas setiap pekan, mendeteksi tindakan bullying sejak dini, memberikan nasehat, menciptakan suasana dan lingkungan yang nyaman dan pendekatan akhlak melalui pembiasaan Salat Duha berjamaah, BTQ, salat Zuhur berjamaah dan tasi’. Sedangkan Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying di MTS Muhammadiyah Purwokerto yaitu Angkat topik bullying dalam obrolan di kelas, dibiasakan anak kerja sama, ramah dalam pemanfaatan media sosial, melapor jika ada teman yang melakukan perbuatan yang mengarah pada bullying, memberi hukuman bagi pelaku bullying dengan hukuman yang mendidik seperti membaca Al Qur’an, menyalin ayat-ayat tertentu dan mengumpulkan berita-berita bahaya bullying di media massa (koran/internet) dan memanggil pelaku bullying
Downloads
References
Adiyono dan Rosanti. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol.6, No.3, 655-656.
Alfiana Nurussama. (2019). Peran Guru Kelas dalam Menangan Perilaku Bullying Pada Siswa, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 5.
Angelia, Yola. (2021). Peranan Guru, Orang Tua dalam Mencegah Bullying dan Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam, IAIN Bengkulu.
Arya Lutfi. (2018). Melawan Bullying. Mojokerto: CV Sepilar Publishing House.
Fitriawan Arif Firmansyah. (2021). Peran Guru dalam Penanganan dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Al Husna, Vol.2, No.3, hal. 205-216.
Muliani Hanlie. (2018). Why Children Bully. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Priyanti, L. (2021). Peran Guru dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Spiritual Siswa pada Pembelajaran Akidah, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 1-106.
Sri Rejeki. (2016). Pendidikan Psikologi Anak “Anti Bullying” pada Guru-guru PAUD, Jurnal Pendidikan Psikologi Anak, Vol.16, No.2, Hal.236.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rini Puji Susanti, Hera Septriana, Ega Lestari, Putri Hasna Nida Nandini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).