Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Mata Pelajaran Informatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMK
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1567Keywords:
Media Pembelajaran Berbasis Microsite, Informatika, Hasil BelajarAbstract
Salah satu media pembelajaran yang mudah dilakukan oleh guru namun dapat membut suasana belajar lebih interaktif adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis microsite. Microsite merupakan mini website. Salah satu website yang belum banyak dimanfaatkan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, desain pengembangan, uji validitas media dan materi serta keefektifan pengembangan media pembelajaran berbasis microsite. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa di sebut dangan research and development. Sedangkan sampel menggunaan model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analysze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Namun, dengan keterbatasan waktu dan tenaga peneliti menggunakan 3 tahapan dari 5 tahapan yang ada. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan oleh ahli media dan ahli materi dan tes hasil belajar peserta didik untuk melihat keefektifan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran berdasarkan ahli media sebesar 80% dengan kategori sangat layak dan ahli materi sebesar 88% dengan kategori sangat layak sehingga media pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan untuk tingkat keefektifan pengunaan media belajar berbasis microsite yang tinggi. Temuan ini didukung oleh fakta lapangan dimana nilai rata-rata ulangan harian siswa meningkat 18.49% dari 69.96 menjadi 82.90 Media pembelajaran hasil pengembangan ini memang telah diuji cobakan melalui berbagai tahap dan berdasarkan hasil penilaian menunjukkan tingkat keefektifan
Downloads
References
Ahmad Rohani, Media IntruksionaI Edukatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2007), h. 2.
Arsyad, Azhar. 2013. Media PembeIajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Bayu Prisa Setia Adi., Atiqoh., Hari Karyono., “Pengembangan Media PembeIajaran Berbasis Microsite pada PembeIajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan SMK Usaha PerjaIanan Wisata”, 2023.
Biro Hukum dan Organisasi . “Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.” kemdikbud.go.id. 3 Mei 2024. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun%202018.pdf (diakses Mei 03, 2024).
Cindy Arifiyani, F., & Pramaditya, H. (2023). “Peningkatan efektivitas pemasaran pada usaha retaiI meIaIui digitaIisasi kataIog dengan microsite”. Increasing marketing effectiveness in retaiI businesses through digitizing cataIogs with microsites. In JournaI of Information System and AppIication DeveIopment (VoI. 1). https://jurnaI.unmer.ac.id/index.php/jisad
Daryanto., & Karim, S. (2017). PembeIajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati, dan Mudjiono. BeIajar dan PembeIajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Edy NurfaIah., dan Puji Rahayu. “Microsite-Based MathematicaI Statistics EducationaI Media to Increase Student Study Motivation after the Covid-19 Pandemic”, 2023.
Farent Cindy Arifiayani., Himawan Pramaditya., “Peningkatan efektivitas pemasaran pada usaha retaiI meIaIui digitaIisasi kataIog dengan microsite”, 2023.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Permendikbud Tahun 2016 Nomor 22, 2016, h. 3.
Mardianti, I. N., Nengsih, R., & Handayani, P. (2021). “Pengembangan Media FIashcard pada Materi Keanekaragaman Hayati sebagai Media PembeIajaran BioIogi di SMK N Merangin KeIas X”. BiocoIony: JurnaI Pendidikan BioIogi Dan Biosains, 4 (1), 21–25.
MuIyatiningsih, E. (2016). Pengembangan ModeI PembeIajaran. Diakses darihttp://staff. uny. ac.id/sites/defauIt/fiIes/pengabdian/dra-endangmuIyatiningsihmpd/7cpengembangan-modeI-pembeIajaran. pdf. Pada 15 Mei 2024.
MuIyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak yang BerkesuIitan BeIajar, Cet. III (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 37.
Muzamiroh, Mida IatifatuI. Kupas Tuntas KurikuIum 2013. Jakarta: Kata Pena, 2013.
Oemar HamaIik, Pengembangan KurikuIum dan Pengajaran di Perguruan Tinggi (Jakarta: Trigenda Karya, 1994), h. 99.
Pemerintah RepubIik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan NasionaI Nomor 2 Tahun 2010 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan NasionaI, 2010.
Purwanto. 2011. EvaIuasi HasiI BeIajar. Yogyakarta: Pustaka PeIajar
Puspitasari, N. (2016). Kontribusi Matematika Terhadap IImu Komputer Di D3 Manajemen Informatika PoIiteknik Indonusa Surakarta. JurnaI Informa: JurnaI PeneIitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 18–25.
Rahmayanti. “Penggunaan Media IT daIam PembeIajaran.” JurnaI Circuit: JurnaI IImiah Pendidikan Teknik EIektro VoIume 1 (JuIi 2015).
Rasyid, Harun, dan Mansur. PeniIaian HasiI BeIajar. Bandung: Wacana Prima, 2009.
Sadiman, Arief S. Media Pendidikan, (pengertian, pengembangan, dan pemanfatannya). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2014.
Soraya, T. Y. (2020). Pembangunan ApIikasi Media PembeIajaran Bahasa Jepang Guna Persiapan JIpt N5 Di Sma Pasundan 8 Bandung Berbasis Android. Universitas Komputer Indonesia.
Sri Janji., Widya Kusumaningsing., dan RosaIina BR.Ginting. “Pengembangan Microsite Untuk Meningkatkan KuaIitas Supervisi Akademik Pada Guru Paud Kecamatanan Ungaran Barat”, 2024.
Sudirman. IImu Pendidikan. Bandung: Remdja Karya, 1987.
Sudjana, Nana. Media Pendidikan. Bandung: Sinar Baru, 1990.
PeniIaian HasiI Proses BeIajar Mengajar. Cet. VIII. Bandung: Rosda Karya, 2002.
Sugiyono. Metode PeneIitian Pendidikan. Bandung: AIfabeta, 2016.
Statistik untuk PeneIitian. Cet. XXVIII. Bandung: AIfabeta, 2017
Suharsimi. Dasar-Dasar EvaIuasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Prosedur PeneIitian Suatu Pendekatan Praktik. XV. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.
UU Sisdiknas. Undang-undang RepubIik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan NasionaI. Jakarta, 2003. http://eprints.dinus.ac.id/14666/1/uu_20-2003_sisdiknas.pdf.
WinkeI. DaIam EvaIuasi HasiI BeIajar, oIeh Purwanto, 45. Yogyakarta: Pustaka PeIajar, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Faiz Keumala, Sitti Hartinah, Suriswo Suriswo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).