Pragmatics: A Critical Instance Analysis of Discourse Background of Iraq War

Authors

  • Adib Darmawan Pendidikan Bahasa Inggris, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1565

Keywords:

Pidato, Bentuk Linguistic, Analisis Wacana Kritis

Abstract

Selama dekade terakhir, terdapat banyak kontroversi seputar gagasan rumit tentang terorisme dan antiterorisme. Terorisme adalah topik yang sangat rumit dan mendominasi agenda nasional dan internasional. Bentuknya bisa bermacam-macam dan dikaitkan dengan berbagai kelompok dan alasan. Disajikan dalam berbagai cara sesuai dengan siapa yang berbicara. Dengan latar belakang tersebut, artikel ini bertujuan melakukan Analisis Wacana Kritis (CDA) terhadap pernyataan-pernyataan Bush mengenai terorisme. Ini menerapkan gagasan van Dijk tentang Analisis Wacana Kritis pada dua pidato Bush, dengan menggunakan teknik analisis isi kualitatif. Studi tersebut menemukan bahwa Bush memproyeksikan terorisme secara tidak baik, sementara memproyeksikan anti-terorisme secara positif dengan sengaja memilih terminologi dan ungkapan yang bermuatan emosi. Pernyataan Bush sering kali memuat referensi tentang kekuasaan sebagai kendali, kendali pikiran, dan kendali konteks. Penelitian ini mempunyai implikasi signifikan terhadap teori Analisis Wacana Kritis dan penelitian teroris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apple, M. W. (1996) Cultural Politics in Education. Teachers College Press: New York.

Baker, C. D. & Freebody, P. (1989). Children's First Schoolbooks. Basil Blackwell: Oxford.

Baker, C. D. Luke A (eds).(1991).Towards a Critical Sociology of Reading Pedagogy.John Benjamins: Amsterdam.

Ball, S. (ed.).(1990). Foucault and Education. Routledge:New York.

Bourdieu, P. (1992). Language and Symbolic Power. Polity Press: Cambridge.

Cazden, C .(1988). Classroom Discours. Heineman: Portsmouth, New Jersey.

Corson, D. (ed.). (1995). Discourse and Power in Educational Organizations. Hampton Press: Creskill, New Jersey.

Fairclough, N (ed.). (1992a). Critical Language Awareness.Longman: London.

Fairclough, N. (1992b). Discourse and Social Change. Polity Press:Cambridge.

Foucault, M.(1972). The Archaeology of Knowledge. Harper and Row: New York.

Foucault,M. (1980). Power/Knowledge. Pantheon: New York.

Gutierrez, C., Larson, J., & Kreuter, B. (1995). Cultural tensions in the scripted classroom: The value of the subjugated perspective. Urb.Ed: 29, 410-442.

Hall, S. (1996). The meaning of New Times. In: Morley D, Chen K (eds) 1996 Stuart Hall: Critical Dialogues in Cultural Studies. Routledge, London.

Halliday, M. A. K. (1985). An Introduction to Functional Grammar. Edward Arnold, London.

Henriques, J., Hollway, W., Urwin, C., Venn, C., Walkerdine V 1984 Changing the Subject: Psychology, Social Regulation and Subjectivity. Methuen: London.

Kress, G. (1989). Linguistic Processes in Sociocultural Practice. Oxford University Press: Oxford.

Lee, A. (1996). Literacy, Gender and Curriculum. Taylor and Francis: London.

Luke, A. (1995). Text and discourse analysis in education: An introduction to critical discourse analysis. Rev.Res.Ed. 21:1-48.

Luke, C., Gore J (eds).(1993). Feminism and Critical Pedagogy. Routledge:New York.

Lyotard, J. F. (1984). The Postmodern Condition: A Report on Knowledge. University of Minnesota Press:Minneapolis.

Mehan, H. (1979). Learning Lessons. Harvard University Press, Cambridge: Mass.

Muspratt, S., Luke, A., & Freebody, P. (eds). (1997). Constructing Critical Literacies. Hampton Press:

Creskill, NJ. New London Group. (1996). A pedagogy of multiliteracies: Designing social futures. Har.Ed.Rev. 66:60-92.

Williams, G. (1992). Sociolinguistics: A Sociological Critique. Routledge: London.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Darmawan, A. (2024). Pragmatics: A Critical Instance Analysis of Discourse Background of Iraq War. Journal of Education Research, 5(3), 3593–3599. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1565

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check