Analisis Cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Husniatin Sholihah Universitas Dr. Soetomo, Indonesia
  • Farida Alisa Universitas Dr. Soetomo, Indonesia
  • Wahyu Widayati Universitas Dr. Soetomo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1563

Keywords:

cerpen, bahan ajar, unsur intrinsik

Abstract

Pemilihan bahan ajar yang tepat dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Bahan ajar mencakup keseluruhan komponen yang dibuat sistematis untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia esensial yakni cerpen. Perlu adanya bahan ajar yang cocok demi ketercapaian pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini yaitu cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita. Penelitian bertujuan mendeskripsikan cerpen untuk rekomendasi bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Analisis dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa teknik baca dan catat. Teknik analisis dilakukan dengan tahapan klasifikasi, deskripsi, dan interpretasi. Rumusan masalah penelitian untuk mendeskripsikan unsur intrinsik cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia dan peranan cerpen pada tingkat pemula, madya, serta lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita berisi unsur intrinsik dengan amanat mengenai pentingnya menghargai perbedaan di sekolah agar tidak terjadi perilaku bullying. Cerpen ini direkomendasikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia sesuai tingkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., & Rafida, T. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Berbasis Transdisipliner. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 109–122. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.370

Awalludin, A., Nilawijaya, R., Novarita, N., & Noermanzah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi untuk Siswa di Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Research and Development. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(2), 392–408. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i2.1901

Ginting, S. D., & Marpaung, K. M. S. (2021). Analisis Dongeng Danau Toba Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 33–42. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1538

Himang, V. H., & Mulawarman, W. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman Siswa Kelas IX SMK. Diglosia, 2(2). https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.21

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373

Khulsum, U., & Hudiyono, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia, 1(1). https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4

Nafasya, R. R., Jamilah, F., & Wahyuni, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis Storyboard untuk Menulis Cerpen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 141–152. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1734

Novita, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 46–52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.29

Nugraha, A. S. (2022). Analisis Unsur Cerpen "Robohnya Surau Kami" Karya Ahmad Ali Navis. 7(2). https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.108

Nugrahani, A. F., Saputri, D. S. D., Iffadah, A. D., Adiwijaya, S. N., & Andrian, F. (2024). Analisis Keterbacaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Pada Kelas I SD Berdasarkan Grafik Fry. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 46–51. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa. Jurnal Elementary, 6(1), 104. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13464

Rahimi, R., & Selian, S. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas smp. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 120. https://doi.org/10.29210/30031680000

Rajja. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen dengan Metode Cerpen-gram untuk Siswa Kelas IX di Kecamatan Muara Wahau. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.26

Rohmahwati, E., Sulistyowati, H., & Wahyuniarti, F. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Karakter Judikatif Menggunakan Jarprakrev pada Siswa Kelas IX di MAN 4 Jombang. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(3), 198–208. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1469

Rukiyah, R., Suningsih, T., & Syafdaningsih, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714–3726. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385

Rupa, J. N., & Sumbi, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3602–3616. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.652

Saputro, A. M., Arifin, M. B., & Hefni, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas XI SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 235–246. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.98

Sintia, H. V., Muliastuti, L., & Eriyani, R. N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar BIPA pada Keterampilan Menulis Cerpen Tingkat Dasar Bermuatan Budaya Indonesia dengan Media Audiovisual. KABASTRA: Kajian Bahasa dan Sastra, 3(1), 113–122. https://doi.org/10.31002/kabastra.v3i1.847

Sriyulianingsih, Fahrurrozzi, & Utami, N. C. M. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 360–373. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5329

Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304–9314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037

Wijayanti, R., Roshayanti, F., Farikhah, I., Khoiri, N., & Siswanto, J. (2021). Analisis Bahan Ajar Fisika Berdasarkan Perspektif Education for Sustainable Development. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 340. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.2985

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Sholihah, H., Alisa, F., & Widayati, W. (2024). Analisis Cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Research, 5(4), 4991–4997. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1563

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check