Analisis Cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1563Keywords:
cerpen, bahan ajar, unsur intrinsikAbstract
Pemilihan bahan ajar yang tepat dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Bahan ajar mencakup keseluruhan komponen yang dibuat sistematis untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia esensial yakni cerpen. Perlu adanya bahan ajar yang cocok demi ketercapaian pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini yaitu cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita. Penelitian bertujuan mendeskripsikan cerpen untuk rekomendasi bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Analisis dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa teknik baca dan catat. Teknik analisis dilakukan dengan tahapan klasifikasi, deskripsi, dan interpretasi. Rumusan masalah penelitian untuk mendeskripsikan unsur intrinsik cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia dan peranan cerpen pada tingkat pemula, madya, serta lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, cerpen Ketika Aku dan Kamu Menjadi Kita berisi unsur intrinsik dengan amanat mengenai pentingnya menghargai perbedaan di sekolah agar tidak terjadi perilaku bullying. Cerpen ini direkomendasikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia sesuai tingkatan.
Downloads
References
Ananda, R., & Rafida, T. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Berbasis Transdisipliner. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 109–122. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.370
Awalludin, A., Nilawijaya, R., Novarita, N., & Noermanzah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi untuk Siswa di Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Research and Development. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(2), 392–408. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i2.1901
Ginting, S. D., & Marpaung, K. M. S. (2021). Analisis Dongeng Danau Toba Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 33–42. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1538
Himang, V. H., & Mulawarman, W. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman Siswa Kelas IX SMK. Diglosia, 2(2). https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.21
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Khulsum, U., & Hudiyono, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia, 1(1). https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4
Nafasya, R. R., Jamilah, F., & Wahyuni, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis Storyboard untuk Menulis Cerpen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 141–152. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1734
Novita, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 46–52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.29
Nugraha, A. S. (2022). Analisis Unsur Cerpen "Robohnya Surau Kami" Karya Ahmad Ali Navis. 7(2). https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.108
Nugrahani, A. F., Saputri, D. S. D., Iffadah, A. D., Adiwijaya, S. N., & Andrian, F. (2024). Analisis Keterbacaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Pada Kelas I SD Berdasarkan Grafik Fry. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 46–51. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa. Jurnal Elementary, 6(1), 104. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13464
Rahimi, R., & Selian, S. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas smp. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 120. https://doi.org/10.29210/30031680000
Rajja. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen dengan Metode Cerpen-gram untuk Siswa Kelas IX di Kecamatan Muara Wahau. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.26
Rohmahwati, E., Sulistyowati, H., & Wahyuniarti, F. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Karakter Judikatif Menggunakan Jarprakrev pada Siswa Kelas IX di MAN 4 Jombang. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(3), 198–208. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1469
Rukiyah, R., Suningsih, T., & Syafdaningsih, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714–3726. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385
Rupa, J. N., & Sumbi, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3602–3616. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.652
Saputro, A. M., Arifin, M. B., & Hefni, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas XI SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 235–246. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.98
Sintia, H. V., Muliastuti, L., & Eriyani, R. N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar BIPA pada Keterampilan Menulis Cerpen Tingkat Dasar Bermuatan Budaya Indonesia dengan Media Audiovisual. KABASTRA: Kajian Bahasa dan Sastra, 3(1), 113–122. https://doi.org/10.31002/kabastra.v3i1.847
Sriyulianingsih, Fahrurrozzi, & Utami, N. C. M. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 360–373. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5329
Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304–9314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037
Wijayanti, R., Roshayanti, F., Farikhah, I., Khoiri, N., & Siswanto, J. (2021). Analisis Bahan Ajar Fisika Berdasarkan Perspektif Education for Sustainable Development. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 340. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.2985
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Husniatin Sholihah, Farida Alisa, Wahyu Widayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).