Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Yesy Elvianti Universitas Bina Insan , Indonesia
  • Betti Nuraini Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia
  • Dheo Rimbano Universitas Bina Insan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1561

Keywords:

Kompetensi, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan sejauhmana kemampuan guru mengelola proses pembelajaran, sejauh mana guru memberikan teladan, kemampuan atau keterampilan yang dimilki guru, sejauhmana kemampuan Guru dalam Mengkomunikasikan Profil Pelajar Pancasila, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dan  hambatan serta keunggulan dalam mengimplementasikan Profil Pelajar di TK Negeri Pembina 1 Kota Lubuklinggau. Kemampuan atau keterampilan yang di miliki Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di TK Negeri Pembina 1 Kota Lubuklinggau yaitu berupa kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi social dan kompetensi kepribadian. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di TK Negeri Pembina 1 Kota Lubuklinggau yaitu dengan mengikuti barbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru; dan Hambatan atau kendala yang dihadapi Profil Pelajar Pancasila di sekolah antaranya sikap karakter malas sebagian kecil siswa, faktor penghambat siswa mutasi yang tidak terbiasa hidup disiplin, keterbatasan guru dalam mendesain RPP yang baik, keterbatasan guru dalam menggunakan media, IT dan sumber belajar yang variasi, dan kurangnya waktu yang ada untuk kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldi, M. (2018). Bermain Ludo King Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Early Chilhood, 2(2), 2–10.

Andriani, S., Dwi, W., & Yusuf, T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5–9.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arikunto, S. (2016). Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revi). Rineka Cipta.

Bruner, J. (2011). Discovery Learning (Burner). University Press Cambridge.

Cahyaningrum, D. E., & Diana. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906.

Effendi, P. R. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Showroom di Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Garner, H. (2010). The Theory of Multiple Intelligence. Basic Book.

Ghaybiyyah, F., & Mahpur, M. (2022). inamika Kesejahteraan Psikologis Guru Honorer SD Negeri 02 Tiudan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Jurnal Penyuluhan Agama (JPA), 8(1), 1–18.

Undang-Undang Nomor 14, (2005).

Harjatayana, T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kahfi, A. (2022). Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation of Pancasila Student Profile and Implications for Student Character At School. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Daro 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2).

Khoerunnisa, Y., Rahayuningsih, N., & Suranta. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Investasi, 5(2), 42–61. https://doi.org/10.31943/investasi.v5i2.28

Mahendra, A. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Portotipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 8(1).

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. In Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ke Empat).

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Ningsih, E. P., Fajriyani, N. A., Wahyuny, R., & Malahati, F. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Perspektif Progresivisme. Khanza Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 163–170.

Palupi. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. UPY Journal, 3(2).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22. (2022). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Gramedia Pustaka.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2).

Safitri, D. E. H. P. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Tambora, 7(1).

Sardiyo, Rimbano, D., Famalika, A., Nadziro, N., & Diana, H. S. (2022). Metodologi Penelitian: Sebuah Pengantar. Rumah Cemerlang.

Sudarmanto. (2019). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi). Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dsugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Develoment. Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sum, T. A., & Taran, E. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Suryana, D. (2016). Stimulasi dan Aspek Perkembngan Anak. Kencana.

Suyitno, & Hidayah, Y. (2021). Kajian Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Memperkuat Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(02).

Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Wijania, I., Wahyuningsih, S., & Sulistyawati, D. (2021). Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi Republik Indonesia.

Witarsa, R., & Alim, M. (2022a). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807.

Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022b). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6).

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan). Kencana.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Elvianti, Y., Nuraini, B., & Rimbano, D. (2024). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila . Journal of Education Research, 5(3), 3958–3967. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1561

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check