Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau

Authors

  • Elviyasmi Elviyasmi Universitas Terbuka, Indonesia
  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Negeri Bukittinggi, Indonesia
  • Sandra Sukmaning Adji Universitas Putra Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1557

Keywords:

LKPD, Crossword puzzle, BAM

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar guru mata pelajaran muatan lokal Budaya Alam Minangkabau khususnya di kota Solok dalam proses pembelajaran banyak menggunakan metode ceramah, tanya jawab serta LKPD  yang tidak sesuai dengan pendekatan pembelajaran abad 21 sehingga hasil belajar kurang optimal. Pembelajaran muatan lokal Budaya Alam Minangkabau yang dilaksanakan guru belum menekankan pada konsep-konsep yang sesuai dengan konsep adat istiadat Minangkabau. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya sebuah LKPD yang mampu menggiring peserta didik melakukan penemuan secara mandiri dalam sebuah proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan pendekatan Model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, angket, dan tes untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD berbasis crossword puzzle dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis validitas, praktikalitas, dan efektivitasnya dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Berdasarkan analisis data LKPD berbasis crossword puzzle Validasi desain diperoleh persentasi skor 82,22% dengan kriteria interprestasi “sangat valid”, dimana hasil validasi melebihi kriteria minimum “valid”. Sehingga dengan demikian menyatakan bahwa desain LKPD yang dikembangkan ini valid untuk digunakan. Hasil validasi materi diperoleh persentasi skor 83,53% dengan kriteria interprestasi “sangat valid”, dimana hasil validasi melebihi kriteria minimum “valid”. validasi bahasa diperoleh persentasi skor 78.53% dengan kriteria interprestasi “sangat valid”. Hasil angket respon pendidik menunjukkan persentase skor 82,86% dengan kriteria interpretasi “sangat baik. angket respon peserta didik menunjukkan persentase skor sebesar 74,56% dengan kriteria interpretasi "baik", sedangkan persentase skor kreativitas belajar adalah 68,84%, yang menunjukkan bahwa kreativitas belajar peserta didik berada pada kategori yang cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Sudirama, P. P., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 165–173. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36868

Faridhoh Sasmito, L., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8613

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11183

Günter, T. (2023). Using CBA REACT Strategy Supported by Crossword Puzzle Game on the Topic of Acid-Base Titrations. Journal of Science Learning, 6(1), 87–99. https://doi.org/10.17509/jsl.v6i1.51116

Ajayi, V. O., & Ogbeba, J. (2020). Possibility of Improving Students Engagement and Academic Performance in Chemistry using Three-Dimensional Puzzle-based Instructional Strategy: A Field Report. Kogi Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 2736–0091. https://ssrn.com/abstract=3883117

Lestari, Y., & sb, Nugraheti, S. (2018). Development of Crossword Puzzles as Teaching Tools in Explanatory Texts Learning. Elementary School Teacher, 75–82. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/est/article/view/16801

Agustina, V. (n.d.). Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM) sebagai Wadah Pelestarian Kearifan Lokal: antara Harapan dan Kenyataan.

Joag, S. (2014). An Effective Method of Introducing the Periodic Table as a Crossword Puzzle at the High School Level. Journal of Chemical Education, 91, 864–867. https://doi.org/10.1021/ed400091w

Widyantini, T. (2013). Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, 1–11.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Elviyasmi, E., Junaidi, J., & Adji, S. S. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau . Journal of Education Research, 5(4), 4903–4915. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1557

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check