Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1557Keywords:
LKPD, Crossword puzzle, BAMAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar guru mata pelajaran muatan lokal Budaya Alam Minangkabau khususnya di kota Solok dalam proses pembelajaran banyak menggunakan metode ceramah, tanya jawab serta LKPD yang tidak sesuai dengan pendekatan pembelajaran abad 21 sehingga hasil belajar kurang optimal. Pembelajaran muatan lokal Budaya Alam Minangkabau yang dilaksanakan guru belum menekankan pada konsep-konsep yang sesuai dengan konsep adat istiadat Minangkabau. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya sebuah LKPD yang mampu menggiring peserta didik melakukan penemuan secara mandiri dalam sebuah proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan pendekatan Model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, angket, dan tes untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD berbasis crossword puzzle dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis validitas, praktikalitas, dan efektivitasnya dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Berdasarkan analisis data LKPD berbasis crossword puzzle Validasi desain diperoleh persentasi skor 82,22% dengan kriteria interprestasi “sangat valid”, dimana hasil validasi melebihi kriteria minimum “valid”. Sehingga dengan demikian menyatakan bahwa desain LKPD yang dikembangkan ini valid untuk digunakan. Hasil validasi materi diperoleh persentasi skor 83,53% dengan kriteria interprestasi “sangat valid”, dimana hasil validasi melebihi kriteria minimum “valid”. validasi bahasa diperoleh persentasi skor 78.53% dengan kriteria interprestasi “sangat valid”. Hasil angket respon pendidik menunjukkan persentase skor 82,86% dengan kriteria interpretasi “sangat baik. angket respon peserta didik menunjukkan persentase skor sebesar 74,56% dengan kriteria interpretasi "baik", sedangkan persentase skor kreativitas belajar adalah 68,84%, yang menunjukkan bahwa kreativitas belajar peserta didik berada pada kategori yang cukup baik.
Downloads
References
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Sudirama, P. P., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 165–173. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36868
Faridhoh Sasmito, L., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8613
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11183
Günter, T. (2023). Using CBA REACT Strategy Supported by Crossword Puzzle Game on the Topic of Acid-Base Titrations. Journal of Science Learning, 6(1), 87–99. https://doi.org/10.17509/jsl.v6i1.51116
Ajayi, V. O., & Ogbeba, J. (2020). Possibility of Improving Students Engagement and Academic Performance in Chemistry using Three-Dimensional Puzzle-based Instructional Strategy: A Field Report. Kogi Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 2736–0091. https://ssrn.com/abstract=3883117
Lestari, Y., & sb, Nugraheti, S. (2018). Development of Crossword Puzzles as Teaching Tools in Explanatory Texts Learning. Elementary School Teacher, 75–82. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/est/article/view/16801
Agustina, V. (n.d.). Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM) sebagai Wadah Pelestarian Kearifan Lokal: antara Harapan dan Kenyataan.
Joag, S. (2014). An Effective Method of Introducing the Periodic Table as a Crossword Puzzle at the High School Level. Journal of Chemical Education, 91, 864–867. https://doi.org/10.1021/ed400091w
Widyantini, T. (2013). Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, 1–11.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Elviyasmi Elviyasmi, Junaidi Junaidi, Sandra Sukmaning Adji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).