Inovasi Penilaian Sastra dalam Buku Bahasa Arab Berbasis Connected Project
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1551Keywords:
Inovasi, Penilaian Pembelajaran, Sastra ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengembangkan inovasi dalam penilaian berbasis proyek yang terhubung (connected project) dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam konteks penilaian sastra. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, penelitian ini mengumpulkan, menyusun, mengklarifikasi, dan menginterpretasikan data dari berbagai sumber seperti buku, artikel ilmiah, dan tulisan akademis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi dalam penilaian sangat diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, terutama dalam mengajarkan sastra Arab. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks sastra tetapi juga memperkuat keterampilan bahasa Arab secara keseluruhan. Dengan memadukan teori dan praktik, penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap kualitas penilaian dan penerapan penilaian sastra dalam kurikulum bahasa Arab, serta memberikan wawasan baru tentang bagaimana penilaian sastra dapat diterapkan secara lebih efektif. Pendekatan holistik yang diusulkan dalam penelitian ini terbukti efektif dalam mengukur keterampilan literasi siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.
Downloads
References
Alim, M. (2023). Penilaian Kompetensi Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Pustaka Pendidikan.
Artapati, L. W., & Budiningsih, C. A. (2017). Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 185-200.
Ekaristi, R. K. (2014). Penokohan, alur, latar, tema, amanat, dan nilai budaya dalam novel Kau, Aku, Dan Sepucuk Angpau Merah karya Tere Liye (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun).
Hadi, S. (2022). Metode Penilaian Sastra dalam Kurikulum Bahasa Arab. Yogyakarta: Edupress.
Hidayati, E. S., Wardiah, D., & Ardiansyah, A. (2021). Klasifikasi Emosi Tokoh Dalam Novel Titian Takdir Karya W Sujani (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2005-2017.
Kurniawan, A. (2020). Transformasi Buku Teks Pendidikan di Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Miller, J. (2009). Psychological Approaches to Literature. New York: Routledge.
Munip, A. (2017). Penilaian non tes dalam pendidikan. Jurnal Penilaian Pendidikan, 2(1), 112-124.
Nugroho, T. (2021). Aspek Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Surabaya: Lembaga Penelitian.
Putra, R. (2024). Inovasi Penilaian Sastra dalam Buku Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Rachmad, F., Mansur, A., & Bakar, A. (2022). Proses Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 516-522.
Rizki, L. (2019). Buku Teks sebagai Alat Pembelajaran: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sari, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran dan Peningkatan Kompetensi Siswa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sumardjo, J., & Saini, M. (2014). Definisi dan nilai estetika dalam sastra. Jurnal Studi Sastra, 5(2), 91-104.
Wellek, R., & Warren, A. (1963). Theory of Literature. New York: Harcourt, Brace & World.
Wijaya, A. M. R., Arifin, I. F., & Badri, M. I. (2021). Media pembelajaran digital sebagai sarana belajar mandiri di masa pandemi dalam mata pelajaran sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1-10.
Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2023). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345-354.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sella Indahnur, Muh. Arif Darmawan Nur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).