Inovasi Penilaian Sastra dalam Buku Bahasa Arab Berbasis Connected Project

Authors

  • Sella Indahnur Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Muh. Arif Darmawan Nur Institut Aagama Islam Negeri Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1551

Keywords:

Inovasi, Penilaian Pembelajaran, Sastra Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengembangkan inovasi dalam penilaian berbasis proyek yang terhubung (connected project) dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam konteks penilaian sastra. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, penelitian ini mengumpulkan, menyusun, mengklarifikasi, dan menginterpretasikan data dari berbagai sumber seperti buku, artikel ilmiah, dan tulisan akademis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi dalam penilaian sangat diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, terutama dalam mengajarkan sastra Arab. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks sastra tetapi juga memperkuat keterampilan bahasa Arab secara keseluruhan. Dengan memadukan teori dan praktik, penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap kualitas penilaian dan penerapan penilaian sastra dalam kurikulum bahasa Arab, serta memberikan wawasan baru tentang bagaimana penilaian sastra dapat diterapkan secara lebih efektif. Pendekatan holistik yang diusulkan dalam penelitian ini terbukti efektif dalam mengukur keterampilan literasi siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, M. (2023). Penilaian Kompetensi Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Pustaka Pendidikan.

Artapati, L. W., & Budiningsih, C. A. (2017). Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 185-200.

Ekaristi, R. K. (2014). Penokohan, alur, latar, tema, amanat, dan nilai budaya dalam novel Kau, Aku, Dan Sepucuk Angpau Merah karya Tere Liye (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun).

Hadi, S. (2022). Metode Penilaian Sastra dalam Kurikulum Bahasa Arab. Yogyakarta: Edupress.

Hidayati, E. S., Wardiah, D., & Ardiansyah, A. (2021). Klasifikasi Emosi Tokoh Dalam Novel Titian Takdir Karya W Sujani (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2005-2017.

Kurniawan, A. (2020). Transformasi Buku Teks Pendidikan di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Miller, J. (2009). Psychological Approaches to Literature. New York: Routledge.

Munip, A. (2017). Penilaian non tes dalam pendidikan. Jurnal Penilaian Pendidikan, 2(1), 112-124.

Nugroho, T. (2021). Aspek Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Surabaya: Lembaga Penelitian.

Putra, R. (2024). Inovasi Penilaian Sastra dalam Buku Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

Rachmad, F., Mansur, A., & Bakar, A. (2022). Proses Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 516-522.

Rizki, L. (2019). Buku Teks sebagai Alat Pembelajaran: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sari, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran dan Peningkatan Kompetensi Siswa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sumardjo, J., & Saini, M. (2014). Definisi dan nilai estetika dalam sastra. Jurnal Studi Sastra, 5(2), 91-104.

Wellek, R., & Warren, A. (1963). Theory of Literature. New York: Harcourt, Brace & World.

Wijaya, A. M. R., Arifin, I. F., & Badri, M. I. (2021). Media pembelajaran digital sebagai sarana belajar mandiri di masa pandemi dalam mata pelajaran sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1-10.

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2023). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345-354.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Indahnur, S., & Nur, M. A. D. (2024). Inovasi Penilaian Sastra dalam Buku Bahasa Arab Berbasis Connected Project. Journal of Education Research, 5(4), 4323–4329. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1551

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check