Impelementasi Role Playing untuk Penguatan Self-esteem Anak Usia Dini di KidZania Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1550Keywords:
Role Playing, Self-esteem, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan maksud mengetahui Implementasi kegiatan role playing untuk penguatan self-esteem, anak melakukan eksplorasi berbagai profesi yang ada di KidZania Surabaya menggunakan model bekerja disetiap establishment. Pengalaman yang relevan menjadi pengalaman baru dan berharga bagi anak sehingga, penguatan self-esteem pada anak usia dini semakin signifikan yaitu kepercayaan diri anak, interkasi antar teman sebaya, pengambilan keputusan, kemandirian, yang menstimulasi fondasi perkembangan pribadi dan sosial anak. Durasi dan intensitas kegiatan yang tinggi menunjukkan antusiasme dan energi anak-anak dalam belajar dan bermain, sesuai dengan teori surplus dan teori belajar sosial Bandura. Jenis penelitian kualititaif deskriptif dengan pengambilan data menggunakan wawancara (Anak, Orang tua, dan Karyawan), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KidZania tidak hanya tempat hiburan tetapi lingkungan edukatif untuk penguatan self-esteem. Temuan ini mendukung pentingnya role playing dalam pendidikan anak usia dini dan menyarankan penerapan metode serupa di berbagai konteks pendidikan lainnya untuk hasil yang optimal.
Downloads
References
Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287–295.
Blegur, J. (2017). Permainan Kecil: Teori Dan Aplikasi. Https://Osf.Io/Preprints/Inarxiv/Ujgka/
Bolu, G. I., & Fazrin, I. (2022). Pemberian Role Playing Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Anak Usia Pra Sekolah; Literatur Review. Journal Of Health Science Community, 3(1), 41–46.
Dockett, S., & Fleer, M. (1999). Play And Pedagogy In Early Childhood: Bending The Rules. Harcourst Brace. Https://Research.Monash.Edu/En/Publications/Play-And-Pedagogy-In-Early-Childhood-Bending-The-Rules
Firdausia, S., Novianti, R., & Kurnia, R. (2020). Hubungan Self Esteem Dengan Penyesuaian Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal On Early Childhood, 3(2), 95–102.
Huberman, A. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook.
Kembuan, O., Suwaryaningrat, N. D. E., & Liow, M. C. N. (2019). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PERMAINAN EDUKATIF BAGI SISWA. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.17509/Cd.V10i2.18705
Komala, K. (2015). Mengenal Dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua Dan Guru. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31–45.
Muttabiah, A., & Purwanti, K. Y. (2023). Keefektifan Model Interaksi Sosial Role Playing Berbantuan Media Dussmart Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 188–197.
Nugraheni, S., & Fakhruddin, F. (2014). Persepsi Dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Lembaga PAUD Sebagai Tempat Pendidikan Untuk Anak Usia Dini (Studi Pada Orang Tua Di Desa Tragung Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang). Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 3(2). Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jnfc/Article/View/3739
Oktania, L., Lunanta, L. P., Adhandayani, A., & Yusup, A. (2022). Hubungan Kekerasan Verbal Yang Dilakukan Oleh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Awal Di Smk Muhammadiyah 9 Jakarta. Jurnal Impresi Indonesia, 1(7), 747–763.
Pasaribu, F., Alfina, R., & Hasanah, N. (2024). Sosialisasi Pendidikan (GERSANK) Gerakan Sayang Anak Sebagai Upaya Mempersiapkan Pendidikan Berkarakter Dan Generasi Islami Bagi Masyarakat Desa Serba Aceh Tamiang. Fusion: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 70–80.
Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1),
Samawi, A. A. (2017). The Supervision Of Multicultural Based Learning On Early Childhood Educational Institutions. 2nd International Conference On Educational Management And Administration (Coema 2017), 174–176. Https://Www.Atlantis-Press.Com/Proceedings/Coema-17/25882356
Sari, M. (2020). Pengintegrasian Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3305–3315.
Umar, M. F. R., Saudi, N. A., & Gismin, S. S. (2022). Penanaman Perilaku Empati Melalui Role Playing Pada Anak. Nusantara Hasana Journal, 2(7), 276–282.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Talia Kristanthree, Ahmad Samawi, Rosyi Damayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).