Impelementasi Role Playing untuk Penguatan Self-esteem Anak Usia Dini di KidZania Surabaya

Authors

  • Talia Kristanthree Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Samawi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rosyi Damayani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1550

Keywords:

Role Playing, Self-esteem, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud mengetahui Implementasi kegiatan role playing untuk penguatan self-esteem, anak melakukan eksplorasi berbagai profesi yang ada di KidZania Surabaya menggunakan model bekerja disetiap establishment. Pengalaman yang relevan menjadi pengalaman baru dan berharga bagi anak sehingga, penguatan self-esteem pada anak usia dini semakin signifikan yaitu kepercayaan diri anak, interkasi antar teman sebaya, pengambilan keputusan, kemandirian, yang menstimulasi fondasi perkembangan pribadi dan sosial anak. Durasi dan intensitas kegiatan yang tinggi menunjukkan antusiasme dan energi anak-anak dalam belajar dan bermain, sesuai dengan teori surplus dan teori belajar sosial Bandura. Jenis penelitian kualititaif deskriptif dengan pengambilan data menggunakan wawancara (Anak, Orang tua, dan Karyawan), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KidZania tidak hanya tempat hiburan tetapi lingkungan edukatif untuk penguatan self-esteem. Temuan ini mendukung pentingnya role playing dalam pendidikan anak usia dini dan menyarankan penerapan metode serupa di berbagai konteks pendidikan lainnya untuk hasil yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287–295.

Blegur, J. (2017). Permainan Kecil: Teori Dan Aplikasi. Https://Osf.Io/Preprints/Inarxiv/Ujgka/

Bolu, G. I., & Fazrin, I. (2022). Pemberian Role Playing Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Anak Usia Pra Sekolah; Literatur Review. Journal Of Health Science Community, 3(1), 41–46.

Dockett, S., & Fleer, M. (1999). Play And Pedagogy In Early Childhood: Bending The Rules. Harcourst Brace. Https://Research.Monash.Edu/En/Publications/Play-And-Pedagogy-In-Early-Childhood-Bending-The-Rules

Firdausia, S., Novianti, R., & Kurnia, R. (2020). Hubungan Self Esteem Dengan Penyesuaian Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal On Early Childhood, 3(2), 95–102.

Huberman, A. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook.

Kembuan, O., Suwaryaningrat, N. D. E., & Liow, M. C. N. (2019). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PERMAINAN EDUKATIF BAGI SISWA. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.17509/Cd.V10i2.18705

Komala, K. (2015). Mengenal Dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua Dan Guru. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31–45.

Muttabiah, A., & Purwanti, K. Y. (2023). Keefektifan Model Interaksi Sosial Role Playing Berbantuan Media Dussmart Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 188–197.

Nugraheni, S., & Fakhruddin, F. (2014). Persepsi Dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Lembaga PAUD Sebagai Tempat Pendidikan Untuk Anak Usia Dini (Studi Pada Orang Tua Di Desa Tragung Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang). Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 3(2). Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jnfc/Article/View/3739

Oktania, L., Lunanta, L. P., Adhandayani, A., & Yusup, A. (2022). Hubungan Kekerasan Verbal Yang Dilakukan Oleh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Awal Di Smk Muhammadiyah 9 Jakarta. Jurnal Impresi Indonesia, 1(7), 747–763.

Pasaribu, F., Alfina, R., & Hasanah, N. (2024). Sosialisasi Pendidikan (GERSANK) Gerakan Sayang Anak Sebagai Upaya Mempersiapkan Pendidikan Berkarakter Dan Generasi Islami Bagi Masyarakat Desa Serba Aceh Tamiang. Fusion: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 70–80.

Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1),

Samawi, A. A. (2017). The Supervision Of Multicultural Based Learning On Early Childhood Educational Institutions. 2nd International Conference On Educational Management And Administration (Coema 2017), 174–176. Https://Www.Atlantis-Press.Com/Proceedings/Coema-17/25882356

Sari, M. (2020). Pengintegrasian Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3305–3315.

Umar, M. F. R., Saudi, N. A., & Gismin, S. S. (2022). Penanaman Perilaku Empati Melalui Role Playing Pada Anak. Nusantara Hasana Journal, 2(7), 276–282.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Kristanthree, T., Samawi, A., & Damayani, R. (2024). Impelementasi Role Playing untuk Penguatan Self-esteem Anak Usia Dini di KidZania Surabaya. Journal of Education Research, 5(4), 4232–4239. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1550

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check