Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan RME Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1549Keywords:
Bahan Ajar, Pendekatan RME, Gaya BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa bahan ajar materi operasi bilangan bulat berdasarkan pendekatan RME ditinjau dari gaya belajar peserta didik sekolah dasar kelas enam SDN di Gugus Bahari Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development. Metode penelitian Research and Development yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Uji coba pertama adalah uji coba awal untuk mengetahui kelayakan produk sebelum uji coba lapangan utama, dan diperoleh hasil bahan ajar memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori “Sangat Baik” yang didapat dari hasil angket respon guru memperoleh skor 324 dan masuk ke dalam kategori “Sangat Setuju” dan observasi respon peserta didik memperoleh skor 4689 dan masuk kategori “Sangat Setuju”. Selanjutnya adalah uji coba lapangan operasional, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t- test independen dengan hasil lebih kecil dari 0,05 yaitu nilai sig 0,001 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap tersimulusnya hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Aulia Rahman, Alief. (2018). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA. Banda Aceh : Syiah Kuala University Press 2018.
Cahyadi, Ani (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang : Laksita Indonesia.
Elok Faikoh. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Mobile learning pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dan Motivasi Belajar Peserta Didik SMAN 1 Lembang”. Bandung:Universitas Pasundan diunduh: http://repository.unpas.ac.id/57072/ pada 25 April 2024 pukul 11:02.
Fahrurrozi, Sukrul Hamdi. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Pancor Selong Lombok Timur NTB 83612: Universitas Hamzanwadi Press.
Gunanto, Adhalia, Dhesy (2017). Matematika untuk SD / MI kelas VI KURIKULUM 2013. Jakarta Pusat : PT Gelora Aksara Pratama.
Misrawati. 2021.” judul “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Koto Gadang Kabupaten Solok. Solok: Universitas Negeri Padang diunduh: http://repository.unp.ac.id/46034/ pada 4 Mei 2024 pukul 07.54.
Muhammad. 2018. Sumber belajar. Puri bunga Amanah blok c : Sanabil Creative
Murni, Murni. 2022. “Realistic Mathematics Education (RME) Dan Penerapannya Di Sekolah Dasar (SD).” Jurnal Serambi Akademica 10(3): 252–57. https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/4324. diunduh: 9 Mei 2024 pukul 09:12.
Musandi Waraulia, Asri. (2020). Teori dan Penyusunan Bahan Ajar. Jawa Timur :UNIPMA Pres(Anggota IKAPI).
Nurhairunnisah. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas X”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diunduh: https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/15320 pada 5 Mei 2024 pukul 01:12.
Samsinar, S. 2019. “Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ).” Jurnal Kependidikan 13: 194–205 diunduh: pada 10 Mei 2024 pukul 04:20.
Saleh, Sirajudin.2017.Analis data kualitatif. Bandung :Pustaka Ramadhan
Sastrawan made, Tegeh I made. 2014. “Jurnal Pendidikan Matematika.” 2(2): 39–49. diunduh: http://repository.radenintan.ac.id/22871/1/Skripsi%201-2.pdf pada 3 Mei 2024 pukul 23:11.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (MIXED Methods). Bndung : Alfabeta Bandung
Wayan, Ni Astini, and Ni Kadek Rini Purwati. 2020. “Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Emasains IX(1): 1–8. diunduh: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/download/621/560/1614 pada 7 Mei 2024 pukul 11:11.
Widana, I Wayan. 2021. “RME (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Indonesia.” Jurnal Elemen 7(2): 450–62. diunduh: https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/3744 pada 7 Mei 2024 pukul 02:56.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Warsini Warsini, Munadi Munadi, Paridjo Paridjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).