Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Engklek

Authors

  • Syazkia Salsabila Rais Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia, Indonesia
  • Masganti Sit Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1543

Keywords:

Keterampilan Motorik Kasar, Permainan Engklek, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan motorik kasar permainan aneklek. Dan penelitian ini mempunyai kontribusi yaitu memberikan informasi kepada pembaca atau guru tentang bagaimana penggunaan permainan aneklek untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui aneklek. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 10 orang anak. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan aneklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini yang terdiri dari aspek keseimbangan, berdiri dengan satu kaki (jinjit) dan melempar. Peningkatan terjadi secara bertahap pada setiap siklus yang dilaksanakan selama dua kali pertemuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Aulia, M., Fadila, S., Solehah, E., & Permata Sari, I. (2023). Menstimulus Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Engklek dl Kober Miftahul Fallah. Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(2), 171–185. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i2.211

Azizah, E., Setyono, D. C., Jannah, S. C., & Munawaroh, H. (2024). Pengaruh Teknologi,Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 62–76. https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pgmi/article/view/116

Desiana, V., & Khan, R. I. (2022). Pentingnya Kemampuan Motorik Kasar bagi Anak Usia Dini dan Strategi Mengoptimalkannya melalui Permainan Tradisional. SEMDIKJAR, 1–9.

Fadjariyanti, F., & Fathiyah, K. N. (2022). Analisis Permainan Tradisional Cakbikak untuk Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6594–6601. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Hasanah, U., & Tangse, M. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.34164

Made Rosiani, N., I Made Gede Anadhi, & Ida Bagus Komang Sindu Putra. (2024). Penerapan Permainan Rainbow Paper Estafet Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 8(2), 420–428. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i2.3828

MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Nur, L., Mulyana, E. H., & Perdana, M. A. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161

Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2022). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Sari, D. P., Sofia, A., & Fatmawati, N. (2019). Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 124–133.

Saripudin, A. (2019). ANALISIS TUMBUH KEMBANG ANAK DITINJAU DARI ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A., & Sholeha, V. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3), 156. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50732

Ulfah, A. A., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Umam, A. K. (2022). Pengembangan Motorik Anak Usia Dini (Berbasis Kajian Teoritis dan Studi Empiris). Metrouniv Press.

Yeyet, S., & Rahayu Tresna Dewi, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Loose Parts. Jurnal Pelita PAUD, 8(2), 299–306. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i2.3280

Yusuf, R. N. (2022). Menstimulus Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B TK Armawiyah 1. Agapedia : Jurnal PIAUD, 6(1), 20-20.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Rais, S. S., & Sit, M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Engklek. Journal of Education Research, 5(3), 3731–3739. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1543

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check