Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Engklek
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1543Keywords:
Keterampilan Motorik Kasar, Permainan Engklek, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan motorik kasar permainan aneklek. Dan penelitian ini mempunyai kontribusi yaitu memberikan informasi kepada pembaca atau guru tentang bagaimana penggunaan permainan aneklek untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui aneklek. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 10 orang anak. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan aneklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini yang terdiri dari aspek keseimbangan, berdiri dengan satu kaki (jinjit) dan melempar. Peningkatan terjadi secara bertahap pada setiap siklus yang dilaksanakan selama dua kali pertemuan.
Downloads
References
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Aulia, M., Fadila, S., Solehah, E., & Permata Sari, I. (2023). Menstimulus Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Engklek dl Kober Miftahul Fallah. Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(2), 171–185. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i2.211
Azizah, E., Setyono, D. C., Jannah, S. C., & Munawaroh, H. (2024). Pengaruh Teknologi,Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 62–76. https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pgmi/article/view/116
Desiana, V., & Khan, R. I. (2022). Pentingnya Kemampuan Motorik Kasar bagi Anak Usia Dini dan Strategi Mengoptimalkannya melalui Permainan Tradisional. SEMDIKJAR, 1–9.
Fadjariyanti, F., & Fathiyah, K. N. (2022). Analisis Permainan Tradisional Cakbikak untuk Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6594–6601. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Hasanah, U., & Tangse, M. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.34164
Made Rosiani, N., I Made Gede Anadhi, & Ida Bagus Komang Sindu Putra. (2024). Penerapan Permainan Rainbow Paper Estafet Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 8(2), 420–428. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i2.3828
MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Nur, L., Mulyana, E. H., & Perdana, M. A. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161
Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2022). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Sari, D. P., Sofia, A., & Fatmawati, N. (2019). Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 124–133.
Saripudin, A. (2019). ANALISIS TUMBUH KEMBANG ANAK DITINJAU DARI ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161
Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A., & Sholeha, V. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3), 156. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50732
Ulfah, A. A., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Umam, A. K. (2022). Pengembangan Motorik Anak Usia Dini (Berbasis Kajian Teoritis dan Studi Empiris). Metrouniv Press.
Yeyet, S., & Rahayu Tresna Dewi, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Loose Parts. Jurnal Pelita PAUD, 8(2), 299–306. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i2.3280
Yusuf, R. N. (2022). Menstimulus Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B TK Armawiyah 1. Agapedia : Jurnal PIAUD, 6(1), 20-20.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Syazkia Salsabila Rais, Masganti Sit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).