Pengaruh Status Sosial Ekonomi, dan Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Ababil Firmansyah Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Neviyani Neviyani Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Pudhak Prasetiyorini Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1542

Keywords:

Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi, Bimbingan Belajar

Abstract

Pencapaian studi terdorong dari beberapa konsep, diantaranya pengaruh internal dan eksternal. Penelitian disini memiliki tujuan yaitu mengetahui dorongan sosio ekonomi serta bimbel dalam pencapaian studi murid pada siswa kelas XI Ekonomi dan Bisnis. di SMK As-Salafi Balung. Penelitian ini memakai konsep ex-post facto. Variabel yang diteliti adalah pencapaian studi Ekonomi Bisnis, status sosial, serta keberadaan Bimbel. Populasi terdiri dari 34 murid yang terdaftar di kelas XI SMK As-Salafi Balung tahun ajaran 2023/2024. Metode penyatuan data memakai survei serta pengambilan gambar. Metodologi memakai analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada relasi yang relevan dalam kedudukan sosial ekonomi pada keberhasilan studi pada disiplin ilmu Ekonomi Bisnis, dibuktikan sesuai nilai p-value sebesar 0,063 melebihi ambang batas 0,05. Bimbingan belajar memiliki dampak menguntungkan yang signifikan terhadap pencapaian pembelajaran Ekonomi Bisnis, terbukti dengan nilai p 0,000 berada dalam ambang batas 0,05. Studi ini menemukan bahwa posisi sosio-ekonomi dan bimbingan belajar mempunyai dampak menguntungkan yang signifikan terhadap capaian studi Ekonomi Bisnis. Hal ini didukung pada p-value  0,000 lebih rendah dari signifikansi 0,05. Value R2 0,238 menyatakan bahwa 23,8% variasi prestasi belajar pada disiplin Kewirausahaan disebabkan oleh kedudukan sosial ekonomi serta Bimbel. Namun penelitian disini tidak menganalisis faktor tambahan yang menyumbang 76,2% penjelasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustang, A. (2021). Makalah “Masalah Pendidikan Di Indonesia.” Www.Melianikasim.Wordpress.Com.

Akhsan, M. A. (2020). Rendahnya Kualitas Pendidikan Indonesia. Media Mahasiswa Indonesia.

Aldina, B. F. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Sains Riset, 9(3). https://doi.org/10.47647/jsr.v9i3.165

Alexandro, R., & Irwansyah, M. R. (2020). Peranan SMK Negeri 3 Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Kota Palangka Raya. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(1). https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2103

Arikunto, S., Fitriani, W., Haryanto, H., Atmojo, S. E., Fitriyani, Y., Fauzi, I., Sari, M. Z., Hamzah B. Uno, Kompri, Lin, M. H., Chen, H. C., Liu, K. S., Nakayama, M., Mutsuura, K., Yamamoto, H., Rachmat, A., Krisnadi, I., Rafiola, R. H., Setyosari, P., … Nana, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. In Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 7, Issue 1).

Dewi, N. R., Karolina, V., & S, H. T. M. (2023). Keterkaitan Antara Status Sosial Ekonomi dan Jenis Kelamin dengan Kemampuan Literasi Digital pada Siswa SMA Negeri 1 Mandor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2007

Dewi, T., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(2).

Dongoran, F. R., & Yulia Syaputri, V. (2022). Analisis Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, Vol.3 No.1(1).

Farisma, M. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Orang. E-Journal Sosiatri-Sosiologi, 6(1).

Gunawan, Y. I. P. (2003). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 02(01).

Hutabarat, H. (2019). Hubungan Minat Belajar Dan Aktivitas Mengikuti Ibadah Dengan Hasil Belajar Pak Di Smk Siloam Tahun 2015 Medan. Jurnal Informasi Komputer Logika, I(2).

Pramono, E., Nur Budiono, A., & Aziz, A. (2020). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekstrinsik Siswa Kelas X A Di SMK Madinatul Ulum. Jurnal Consulenza:Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1).

Priyatno, D. (2010). Teknik mudah dan cepat melakukan analisis data penelitian dengan SPSS dan tanya jawab ujian pendadaran. In Yogyakarta: Gava Media (Vol. 3, Issue 1).

Suratno, Kohar, F., Rosmiati, & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Media Sosial, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa/I Pada Smk Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5). https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.212

Wahab, V., Rahman, N., & Fitri, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Economics and Education Journal (Ecoducation), 3(1). https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1182

Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. P2M STKIP Siliwangi, 2(2). https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p148-159.174

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Firmansyah, A., Neviyani, N., & Prasetiyorini, P. (2024). Pengaruh Status Sosial Ekonomi, dan Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(4), 4330–4334. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1542

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check