Aplikasi Google Maps untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Pelajaran Geografi SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1537Keywords:
Media Belajar Geografi, Google Maps Satelit, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian merancang media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran geografi. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Produk yang dirancang dalam penelitian ini berupa aplikasi media yang dibuat berupa media pembelajaran pada smartphone Android dengan memanfaatkan Teknologi Google Maps Satelit. yang divalidasi dengan pemodelan analisis deskripsi Uji t. Pada rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADD (Analysis, Design and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan media pembelajaran berbasis Aplikasi Google Maps menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADD (Analisis, Desain, Development). Konstruksi validitas pengembangan media belajar Geografi pada materi Penginderaan Jauh dan Tata Ruang Kota menggunakan teknologi aplikasi Google Maps Satelit untuk siswa SMA kelas XII memenuhi validitas ahli media dan validitas ahli materi. Konstruksi validitas konstrak motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Penginderaan Jauh dan Tata Ruang Kota telah memenuhi analisis data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan Uji Rata-rata (Uji t).
Downloads
References
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Asyar, R. (2017). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.
Bayong. (2013). Ilmu Kebumian dan Antariksa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Budiaji, Weksi. (2013). “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert”. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 Desember 2013.
Chotimah, Chusnul dan Fathurrohman. 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Darmawan, Deni. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. (2017). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Dhieni, Nurbiana dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa Edisi 1 / 4 SKS / Modul 1 – 12. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Dimyanti (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamdani. (2015). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV. Pustaka setia
Hamdani., (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Hanafi. (2017). “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan”. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4 No. 2, Juli – Desember 2017.
I Made Tegeh dan I Made Kirna. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model”. Jurnal IKA ISSN 1829-5282.
Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget”. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015.
Irmanto. 2018. Skripsi: “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Untuk Platform Android Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Yogyakarta: UNY.
Kosasih. E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kusniyati, Harni. (2016). “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android”. Jurnal Teknik Informatika Vol. 9 No. 1, April 2016.
Mahendra Sudirman Putra, Dawang. 2017. “Pemanfaatan Engine Vuforia untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Metode Pembelajaran IPA Berbasis Mobile”. J-Intech Journal of Information and Technology Vol.05 No.02, Desember 2017.
Martawijaya, M. Agus. Et. Al. (2010). Discovery dalam pendidikan, makalah. Makasar: Program pascasarjana Universitas Negri Makasar.
Mulyasa, Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2020.
Munadi, Y. (2016). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi GP Press Group.
Nana Sujana. (2005). Pembinaan dan Pengembangan kurikulum di Sekolah. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Sadiman. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Samatowa. (2014). Bagaimana Membelajarkan Geografi. Jakarta: Depdiknas.
Sanjaya, W. (2018). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika
Susilana, R. & Riyana, C. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Shinta Ardiati, Sitti Hartinah, Basukiyatno Basukiyatno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).