Aplikasi Google Maps untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Pelajaran Geografi SMA

Authors

  • Shinta Ardiati Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1537

Keywords:

Media Belajar Geografi, Google Maps Satelit, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian merancang media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran geografi.  Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Produk yang dirancang dalam penelitian ini berupa aplikasi media yang dibuat berupa media pembelajaran pada smartphone Android dengan memanfaatkan Teknologi Google Maps Satelit. yang divalidasi dengan pemodelan analisis deskripsi Uji t. Pada rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADD (Analysis, Design and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan media pembelajaran berbasis Aplikasi Google Maps menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADD (Analisis, Desain, Development). Konstruksi validitas pengembangan media belajar Geografi pada materi Penginderaan Jauh dan Tata Ruang Kota menggunakan teknologi aplikasi Google Maps Satelit untuk siswa SMA kelas XII memenuhi validitas ahli media dan validitas ahli materi. Konstruksi validitas konstrak motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Penginderaan Jauh dan Tata Ruang Kota telah memenuhi analisis data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan Uji Rata-rata (Uji t).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Asyar, R. (2017). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Bayong. (2013). Ilmu Kebumian dan Antariksa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budiaji, Weksi. (2013). “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert”. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 Desember 2013.

Chotimah, Chusnul dan Fathurrohman. 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darmawan, Deni. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. (2017). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa Edisi 1 / 4 SKS / Modul 1 – 12. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Dimyanti (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani. (2015). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV. Pustaka setia

Hamdani., (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Hanafi. (2017). “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan”. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4 No. 2, Juli – Desember 2017.

I Made Tegeh dan I Made Kirna. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model”. Jurnal IKA ISSN 1829-5282.

Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget”. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015.

Irmanto. 2018. Skripsi: “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Untuk Platform Android Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Yogyakarta: UNY.

Kosasih. E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kusniyati, Harni. (2016). “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android”. Jurnal Teknik Informatika Vol. 9 No. 1, April 2016.

Mahendra Sudirman Putra, Dawang. 2017. “Pemanfaatan Engine Vuforia untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Metode Pembelajaran IPA Berbasis Mobile”. J-Intech Journal of Information and Technology Vol.05 No.02, Desember 2017.

Martawijaya, M. Agus. Et. Al. (2010). Discovery dalam pendidikan, makalah. Makasar: Program pascasarjana Universitas Negri Makasar.

Mulyasa, Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2020.

Munadi, Y. (2016). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi GP Press Group.

Nana Sujana. (2005). Pembinaan dan Pengembangan kurikulum di Sekolah. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Sadiman. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Samatowa. (2014). Bagaimana Membelajarkan Geografi. Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, W. (2018). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika

Susilana, R. & Riyana, C. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Ardiati, S., Hartinah, S., & Basukiyatno, B. (2024). Aplikasi Google Maps untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Pelajaran Geografi SMA . Journal of Education Research, 5(3), 4137–4144. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1537

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>